Campuspedia News
Tulis Artikel
No Result
View All Result
  • Login
  • Register
  • Seputar UTBK
  • Berita
  • Program
    • Online Career Class
    • Try Out
    • Events
  • Beasiswa & Lomba
  • Persiapan Kuliah
  • Dunia Mahasiswa
  • Persiapan Karir
  • Pengembangan Diri
  • Seputar UTBK
  • Berita
  • Program
    • Online Career Class
    • Try Out
    • Events
  • Beasiswa & Lomba
  • Persiapan Kuliah
  • Dunia Mahasiswa
  • Persiapan Karir
  • Pengembangan Diri
Campuspedia News
No Result
View All Result
Home Program Online Career Class

Kenali Lebih Dalam Target Pasar Dengan Marketing Psychology

Yuk cari tahu caranya disini!

CampuspediaAcademy by CampuspediaAcademy
10:18
in Online Career Class, Pengembangan Diri, Persiapan Karir, Persiapan Kuliah
0 0
0
Kenali Lebih Dalam Target Pasar Dengan Marketing Psychology
0
SHARES
23
VIEWS
Share on FacebookShare on WhatsappShare on Twitter

Halo Sobat Campuspedia. Semakin hari pemasaran suatu produk semakin kreatif. Apalagi ditunjang dengan berbagai platform yang memudahkan user nya. Namun tau kah kamu strategi marketing mu kurang sempurna jika kamu tidak mengenal marketing psychology. Tanggal 20 Maret 2021 Campuspedia mengadakan online career class dengan topic Marketing Psychology: How To Become A Master Of Influence. Mentor yang memberi materi adalah kak Tiffany Dewi Setyaningrum seorang marketing intelligence research at Gojek. So, gimana keseruan kelasnya check this out!

Baca Juga :  Cara Mudah Lulus Sempro Hanya Dengan 5 Tips

Marketing Psychology adalah….

Marketing psychology jika di breakdown terdiri dari dua kata yaitu marketing dan psychology yang memiliki arti berbeda. Psikologi merupakan disiplin ilmu yang mempelajari perilaku manusia dan proses mental yang melatarbelakangi melakukan sesuatu. Sedangkan marketing adalah ilmu terkait mengetahui target market dengan tujuan mendapatkan profit/keuntungan. Sehingga, marketing psychology dapat diartikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang hal-hal apa saja yang mempengaruhi perilaku konsumen terkait dengan pembelian produk/jasa

Mengapa psikologi itu penting dalam proses marketing?

Target market adalah manusia jadi kamu harus tau kondisi target market gimana cara mempengaruhinya. Manusia dipercaya sebagai makhluk rasional. Jadi selalu berpikir bahwa mengambil keputusan harus didasari hal yang logis. Namun keputusan yang dibuat tidak terlalu baik karena jumlah informasi yang diterima oleh otak sangatlah banyak. Oleh sebab itu marketing psychology dipelajari karena adanya Heuristic dan Cognitive Biases yang nantinya dimanfaatkan sebagai teknis marketing. Heuristic adalah jalan pintas yang dipilih oleh otak untuk membantu memilih keputusan dengan cepat dan hanya menerima informasi tertentu saja. Akibat heuristic muncul cognitive biases yaitu tendensi untuk memutuskan sesuatu hal dengan alasan yang tidak rasional. Sehingga kamu bisa membaca pikiran konsumen dan bisa menggunakan cara marketing yang sesuai dengan personality konsumen.

Baca Juga : Hari Wanita Sedunia, Perempuan kok Kerja di Lapangan?

Bagaimana mengenal konsumen dengan lebih baik?

Kak Tiffany juga membagikan cara agar bisa mengenal konsumen lebih baik. Pertama, tentukan definisi masalah hal ini mencakup tujuan riset, kemudian informasi apa saja yang dibutuhkan. Kedua, tentukan pendekatan penelitian. Selanjutnya, desain penelitian, berisi metode pengumpulan data, variable, pengukuran ketercapaian. Dan yang terakhir, pengumpulan data dan analisis pembuatan laporan serta presentasi.

Baca Juga : Facebook Advertising Solusi Bagi Pemilik Usaha Masa Kini

Prinsip psikologi yang bisa membantu kamu

Emotional branding, membangun hubungan dan ketertarikan konsumen terhadap produk dengan cara memancing emosi mereka. Hal ini bisa dicapai dengan membuat konten yang menarik yang sesuai dengan kondisi konsumen

Baca juga:  Ikigai: Konsep Kebahagiaan Ala Jepang, Solusi Untuk Kegelisahanmu

Reciprocity, terjadi ketika seseorang melakukan sesuatu untuk kita dan kita ingin untuk melakukan hal baik lain kepada mereka, sebagai timbal balik. Contoh memberikan personal notes ke konsumen. Hal kecil tersebut bisa mengubah presepsi konsumen terhadap suatu brand

Decoy Effect, didefinisikan sebagai fenomena dimana konsumen bisa mengubah pilihan mereka diantara dua pilihan ketika disajikan dengan pilihan ketiga biasanya nilai dari pilihan ketiga ini bersifat asimetris

Sacarcity, prinsip sederhana penawaran dan permintaan semakin langkah peluang, produk, atau konten maka akan semakin berharga. Contoh penggunaan biasanya di app pesan hotel/tiket ada kata-kata “Segera booking karena tersisa 3 kursi”.

Silver Lining of Standing in Line, Konsumen menyimpulkan bahwa produk lebih berharga ketika ada ketertarikan juga dari orang lain dalam waktu yang sama

Kelas ditutup dengan sesi QnA yang ga kalah seru. Ternyata banyak banget keuntungan dari mempelajari marketing psychology. So, buat kamu yang kepo dan ingin join bareng kami di kales-kelas online lainnya. Langsung aja klik link campuspedia academy

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, jangan lupa kepoin sosial media Campuspedia ya!

Instagram: @campuspedia

Youtube: Campuspedia

Twitter: @campuspedia_id

OA Line: @dbh9820y

Facebook: Campuspedia

LinkedIn: Campuspedia

Tags: marketingmarketing psychologytarget market
Previous Post

Intip Deretan Prodi Terfavorit SNMPTN 2021!

Next Post

5 Rekomendasi TikTok Pengembangan Diri Biar TikTokmu Gak Cuman Dipake Joged Doang

CampuspediaAcademy

CampuspediaAcademy

Teman upgrade skill dan kompetensi untuk karier impian kamu.

Next Post
rekomendasi tiktok pengembangan diri

5 Rekomendasi TikTok Pengembangan Diri Biar TikTokmu Gak Cuman Dipake Joged Doang

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Trending
  • Comments
  • Latest
cara follow up interview kerja

Anti Ghosting! Begini Cara Follow Up Interview Kerja Beserta Contohnya

08:50
6 Pertanyaan Klise yang Biasa Ditanyakan di Interview Organisasi

6 Pertanyaan Klise yang Biasa Ditanyakan di Interview Organisasi

09:50
Tips dan trik menjawab kelebihan dan kekurangan saat interview

Bisa Ditiru! Contoh Menjawab Kelebihan & Kekurangan Saat Interview

22:15

Mengenal 16 Tipe Kepribadian MBTI Lebih Dalam (part 1)

22:15
Enterpreneurship Sebagai Kurikulum, Sekolah Tepat Enterpreneur Muda

Enterpreneurship Sebagai Kurikulum, Sekolah Tepat Enterpreneur Muda

19:23
PPM School of Management Siap Cetak Entrepreneur Muda

PPM School of Management Siap Cetak Entrepreneur Muda

11:30
Pendaftaran KIP Kuliah SNMPTN 2022 telah resmi dibuka. Yuk di simak panduan cara pendaftarannya!

Pendaftaran KIP Kuliah SNMPTN 2022 telah resmi dibuka. Yuk di simak panduan cara pendaftarannya!

11:33
BRIN dan Tel-U Jalin Kerjasama Dalam Pengembangan Metaverse

BRIN dan Tel-U Jalin Kerjasama Dalam Pengembangan Metaverse

09:22
Campuspedia News

Campuspedia merupakan Portal Anak Muda khususnya Pelajar dan Mahasiswa yang memberikan informasi seputar kampus, prestasi anak muda Indonesia, bedah jurusan, event kampus, dan beasiswa.

Browse by Category

  • Aplikasi kekinian
  • Beasiswa & Lomba
  • Berita
  • CV menarik
  • Dunia Kampus
  • Dunia Mahasiswa
  • Event
  • Info
  • Intern
  • Millenial
  • Online Career Class
  • Pendaftaran
  • Pengembangan Diri
  • Persiapan Karir
  • Persiapan Kuliah
  • PPDB Online
  • Program
  • Seputar UTBK
  • Try Out
  • UI Designer
  • UI/UX Designer
  • Uncategorized
  • UX writer
  • Video

Subscribe For Newslater

Loading
  • About
  • Advertise
  • Privacy Policy
  • Contact
  • FAQ

© 2021 Campuspedia News - Powered by campuspedia.id.

No Result
View All Result
  • Home
  • Beasiswa & Lomba
  • Dunia Mahasiswa
  • Persiapan Karir
  • Pengembangan Diri
  • Events
  • Program
  • Explore
  • FAQ

© 2021 Campuspedia News - Powered by campuspedia.id.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In