Recruiter atau HR biasa sebutannya dalam perusahaan, merupakan seseorang yang mencari dan juga menyaring calon-calon karyawan. Tujuannya untuk mengisi kosongnya posisi di perusahaan. Ini bertujuan biar perusahaan tidak kewalahan dalam menjalankan tugasnya.
Recruiter dan HR menjadi salah satu orang yang paling penting untuk menyaring banyak calon karyawan yang cocok dengan posisi perusahaan. Tidak hanya itu, tugas recruiter dan HR juga dianggap sangat penting karena mereka harus bisa membuat materi rekrutmen dan juga dengan rutin meng-update informasi ketenagakerjaan. Ini bertujuan biar orang-orang lain tidka ketinggalan info yang akan kamu bagikan.
Biar jadi recruiter dan HR yang handal, kamu perlu bisa menguasai beberapa skills; hardskill dan softskill. Apa aja sih?
Skill yang diperlukan seorang Recruiter
Hardskill
Paham Hukum Ketenagakerjaan
Kamu perlu buat selalu update dengan keadaan hukum ketenagakerjaan yang berlaku. Selain itu, hal ini juga merupakan dasar kebijakan yang akan diambil oleh perusahaan kamu; seperti bagaimana kontrak kerja kamu, range dari upah karyawan, bagaimana BPJS, pajak, bagaimana cutinya, dan lain-lainnya. Kamu perlu banget memperhatikan informasi dari ini hukum ketenagakerjaan serta UU-nya sehinga ketentuan perusahaan kamu bisa menyesuaikan dan nggak melanggar kebijakan.
Paham bisnis perusahaan
Karena kamu menjadi salah satu jembatan untuk karyawan dan perusahaan sendiri, sekaligus jembatan untuk masyarakat dalam mempromosikan perusahaan, kamu perlu banget tahu apa sih bisnis dari perusahaan. Pemahaman tentang bisnis perusahaan ini nantinya dapat kamu gunakan sebagai dasar screening calon karyawan kamu.
Dapat mengoperasikan teknologi yang dibutuhkan
Tidak hanya mereka yang bekerja dalam bidang web development, bidang HR pun nggak boleh sampai ketinggalan kemajuan teknologi. Kamu harus bisa keep up dengan software yang beredar di masyarakat dan menggunakannya dengan baik di perusahaan kamu. Software seperti media sosial, Human Resource Information System, data management menggunakan cloud, dan lain-lain.
Softskill
Communication
Sebagai HR dan Recruiter, kamu harus bisa berkomunikasi dengan baik. Kamu harus bisa menyampaikan ide kamu, mendengarkan orang lain, harus bisa juga menguasai teknik persuasi, sampai tata cara bicara kepada pemilik perusahaan sampai calon karyawan. Kamu harus bisa berkonsultasi dan bernegosiasi jika kamu ingin bekerja di posisi ini.
Kemampuan untuk Mengatasi Konflik
Sebagai recruiter dan HR, kamu juga harus, kudu, musti bisa mengatasi konflik;baik dari diri sendiri maupun dengan karyawan, apalagi karyawan dan atasan. Kamu harus bisa menjadi jembatan dari banyak orang. Kamu juga harus bisa memahami karyawan dan mampu berempati serta bersimpati dengan mereka. Tidak hanya itu, kamu sebagai recruiter juga haru bisa mengatur karywan. Alias, kamu butuh skill leadership yang mumpuni.
Time management
Skill yang terakhir ini cukup sederhana, namun amat sangat dibutuhkan. Pasalnya, kamu tidak hanya punya satu tugas. Kamu punya segudang tugas yang perlu dikerjakan. Jadi, jangan sampai kamu sulit mengatur penggunaan waktumu sendiri dan akhirnya kerjaanmu keteteran.
Nah, semoga informasi ini berguna untuk Campuspedia Friends, ya! Kembangkan softskill dan hardskill kamu yah! Good luck!
Baca juga: