Halo Sobat Campuspedia! Pasti sudah tidak asing lagi kan dengan kata Instagram Ads?
Sampai saat ini, instagram masih menjadi sosial media yang digemari oleh masyarakat luas loh. Tentu kamu juga punya, kan?
Nah, pengguna aktifnya pun terus meningkat dari tahun ke tahun sehingga tidak heran jika banyak orang mulai membangun bisnis mereka melalui instagram. Salah satu langkah jitu yang banyak digunakan oleh para pebisnis adalah membuat iklan menggunakan Instagram Ads.
Wah, apa tuh?
Instagram Ads merupakan postingan atau cerita (story) yang dibayar oleh pebisnis supaya dipromosikan ke feeds pengguna instagram secara luas. Bentuk iklan ini terlihat hampir sama dengan postingan foto dan video biasa. Maka dari itu, jenis iklan ini cukup ideal karena tidak terkesan agresif seperti tipe ads pada platform lain. Menarik, bukan? Jenis iklan yang caranya smooth gitu loh, semulus pipi Raisa 😀
Bayangkan! Kalau 500 juta pengguna instagram dapat melihat postingan dan stories yang kamu buat setiap harinya, wah menggiurkan sekali bukan? Dengan berbagai macam tipe Intagram Ads yang ditawarkan, kamu berpotensi menjangkau banyak sekali audiens dalam sehari! Iklan ini juga dilengkapi dengan fitur call-to-action button (apply now, book now, listen now, learn more, install now, etc) yang akan semakin membantu kamu menggaet konsumen baru.
Berapa sih biaya bikin iklan? Mahal gak ya?
Tidak ada jawaban yang pasti untuk menentukan sebanyak apa biaya yang harus kita keluarkan untuk menggunakan layanan iklan ini. Hal ini dikarenakan banyak faktor yang mempengaruhinya, antara lain
- Targeting
- Ad placement
- Ad format
- Time of year
Jadi, penting untuk kamu menentukan terlebih dahulu nih target pasar kamu dan strategi apa yang kamu kamu gunakan sebelum memutuskan membuat iklan ini.
Apa saja ya tipe Intagram Ads?
Tipenya banyak sekalo loh! Ada berbagai macam pilihan iklan yang bisa kamu sesuaikan dengan produk atau jasa yang ingi kamu pasarkan.
-
Stories Ads
-
Photo Ads
-
Video Ads
-
Carousel Ads
Mirip seperti photo ads, hanya saja kamu dapat menggeser gambar kamu beberapa kali. Tipe iklan ini cocok untuk kamu yang ingin memasarkan multiple product.
-
Collection Ads
Iklan tipe ini menggabungkan foto, video, dan direct-response marketing untuk memasarkan koleksi produkmu dan dilengkapi dengan fitur e-commerce.
-
Explore Ads
-
IGTV Ads
-
Instagram Shopping Ads
Tipe iklan ini dapat digunakan ketika kamu sudah mempunyai instagram shopping, postingan dalam iklan ini akan langsung membawa konsumen ke halaman deskripsi produk pada aplikasi instagram. Mereka juga dapat langsung membeli produk tersebut di website kamu.
Wah! Ternyata banyak banget ya tipe-tipe iklan yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan dan strategi kamu. Supaya iklan kamu lebih dilirik audiens, tentu kamu perlu untuk mengoptimalisasi strategi iklan kamu tersebut dengan cara yang kreatif. Penasaran dengan caranya? Yuk ikut kelas online Campuspedia edisi “Optimizing Your Creative Ads on Instagram” pada 4 Desember pukul 19.15-21.00 bersama Shaflian Islami dari Digital Marketing Creative ex-Gojek. Yuk daftar segera di sini!
Di akhir kelas, peserta diharapkan dapat:
- Memahami apa itu digital marketing dan pengaplikasiannya di instagram
- Mengetahui strategi digital marketing di instagram
- Mengetahui tahapan creative ads di instagram
- Mengoptimalkan konten kreatif di instagram ads
Garis besar yang akan dipelajari:
- Apa itu digital marketing dan bagaimana aplikasinya di Instagram?
- Tren dalam strategi digital marketing di Instagram
- Mengapa harus memaksimalkan penjualan di era digital
- Tahapan creative ads di Instagram
- Optimalisasi konten atau kreatif di instagram ads
- Study case: instagram ads, dan algoritma yg terjadi di instagram
Fasilitas yang akan didapat peserta:
- Link webinar
- Modul dari mentor
- Donasi Covid-19
- Exam
- E-Sertifikat
- Grup yang dapat digunakan sebagai ruang diskusi
Plus BONUS FREE VIDEO PLAYBACK yang dapat diakses secara bebas kapanpun dimanapun selama 10 hari.
Yuk tunggu apa lagi! Daftarkan dirimu segera di sini.