Campuspedia News
Tulis Artikel
No Result
View All Result
  • Login
  • Register
  • Seputar UTBK
  • Berita
  • Program
    • Online Career Class
    • Try Out
    • Events
  • Beasiswa & Lomba
  • Persiapan Kuliah
  • Dunia Mahasiswa
  • Persiapan Karir
  • Pengembangan Diri
  • Seputar UTBK
  • Berita
  • Program
    • Online Career Class
    • Try Out
    • Events
  • Beasiswa & Lomba
  • Persiapan Kuliah
  • Dunia Mahasiswa
  • Persiapan Karir
  • Pengembangan Diri
Campuspedia News
No Result
View All Result
Home Persiapan Karir

Mengenal Formula AIDA, Teknik Copywriting yang Bisa Kamu Terapkan di Iklan Produk

Siap promosi!

Aisyah Asharini by Aisyah Asharini
13:00
in Info, Persiapan Karir
0 0
0
formula aida
0
SHARES
4
VIEWS
Share on FacebookShare on WhatsappShare on Twitter

Penjualan produk sudah makin meluas hingga ke ranah digital. Ditambah munculnya copywriting, yang merupakan salah satu teknik memasang iklan produk secara soft selling. Tapi, Sobat Minca tahu nggak kalau copywriting memiliki beberapa formula penjualan, salah satunya formula AIDA?

Aida? Aida bumbu cabe di cimol bukan sih, Minca?

Meskipun namanya sama, yaitu AIDA, formula ini sangat berbeda dengan merek bumbu cabe yang biasa kamu gunakan, ya! Tapi baik bumbu cabe dan formula AIDA ini sama-sama enak dan menguntungkan, lo!

Penasaran? Yuk, langsung belajar agar bisa kamu terapkan di iklan produkmu!

Formula AIDA

Copywriting merupakan teknis penulisan yang disusun sedemikian rupa untuk menjual produk dari sebuah perusahaan. Biasanya bentuk akhir copywriting pun beragam, seperti slogan, tagline, caption, dan pamflet.

Dalam penulisan copywriting, ada pula yang disebut dengan formula AIDA. Formula AIDA ini merupakan salah satu teknik copywriting yang bisa kamu gunakan untuk membuat copy yang menjual. AIDA sendiri merupakan akronim dari attention, interest, desire, dan action.

A-Attention

Dalam formula AIDA, huruf pertama didefinisikan dengan attention. Attention atau perhatian adalah target utama dalam penulisan copywriting.

Berkaitan dengan perhatian pembaca, penulis harus membuat kalimat pertama atau headline yang menarik dan bisa membuat pembaca terus penasaran dengan kalimat selanjutnya.

Penulis memiliki waktu tiga detik dalam kalimat pertama untuk menangkap perhatian pembaca. Biasanya headline dibangun dengan nuansa yang kuat dan punchy, sehingga pembaca tetap fokus pada tulisan.

I-Interest

Setelah menarik perhatian pembaca, hal yang harus penulis lakukan adalah membuat pembaca tertarik (interest) secara personal dengan produk yang ditawarkan.

Untuk mencapai goals kedua ini, penulis diharuskan membuat narasi yang menggiring pembaca pada produk. Buktikan bahwa produkmu bisa menjadi salah satu solusi dari permasalahan yang pembaca miliki.

Penulis bisa memaparkan data dan fakta untuk menguatkan bukti bahwa produk yang dijual memang mempu menjadi solusi.

D-Desire

Jika sudah berhasil membuat pembaca tertarik dengan produk, langkah selanjutnya adalah memastikan pembaca berminat (desire) untuk membeli produk yang ditawarkan.

Di sini penulis harus menata narasi yang lebih kuat untuk mendorong keinginan pembaca agar mencoba produk. Penulis bisa membeberkan kelebihan dan kekurangan produk, juga bisa menggunakan testimoni sebaga alat pancing bagi pembaca.

A-Action

Tahap terakhir penggunaan formula AIDA merupakan hal terpenting, yaitu action atau ajakan bagi pembaca untuk mengambil tindakan.

Bagian ini biasanya disebut dengan call to action (CTA), seperti “beli sekarang”, “daftar di sini”, “klik untuk membeli”, atau “hubungi kami.”

Sedikit tips dalam tahap akhir, gunakan font atau warna yang berbeda untuk meng-highlight bagian CTA agar semakin menarik perhatian.

Gimana Sobat Minca? Sudah paham kan bagaimana menggunakan formula AIDA dalam copywriting? Yuk mulai implementasikan ke dalam tulisanmu. Good luck!

Baca juga:  Memulai Karir di Tengah Pandemi
Tags: campuspediadigital marketingformula aidakarirpengembangan diripersiapan karirTeknik Copywriting
Previous Post

Kuliah Ekstensi D3 ke S1, Penting Nggak Sih?

Next Post

Mitos Jadi Mahasiswa Kampus Swasta, Kamu Pernah Alami?

Aisyah Asharini

Aisyah Asharini

Icha. 21. Suka mengobservasi manusia dan kucing, alhamdulillah udah bisa ngopi tanpa tremor.

Next Post
mitos mahasiswa kampus swasta

Mitos Jadi Mahasiswa Kampus Swasta, Kamu Pernah Alami?

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Trending
  • Comments
  • Latest
cara follow up interview kerja

Anti Ghosting! Begini Cara Follow Up Interview Kerja Beserta Contohnya

08:50
6 Pertanyaan Klise yang Biasa Ditanyakan di Interview Organisasi

6 Pertanyaan Klise yang Biasa Ditanyakan di Interview Organisasi

09:50
Tips dan trik menjawab kelebihan dan kekurangan saat interview

Bisa Ditiru! Contoh Menjawab Kelebihan & Kekurangan Saat Interview

22:15

Mengenal 16 Tipe Kepribadian MBTI Lebih Dalam (part 1)

22:15
Enterpreneurship Sebagai Kurikulum, Sekolah Tepat Enterpreneur Muda

Enterpreneurship Sebagai Kurikulum, Sekolah Tepat Enterpreneur Muda

19:23
PPM School of Management Siap Cetak Entrepreneur Muda

PPM School of Management Siap Cetak Entrepreneur Muda

11:30
Pendaftaran KIP Kuliah SNMPTN 2022 telah resmi dibuka. Yuk di simak panduan cara pendaftarannya!

Pendaftaran KIP Kuliah SNMPTN 2022 telah resmi dibuka. Yuk di simak panduan cara pendaftarannya!

11:33
BRIN dan Tel-U Jalin Kerjasama Dalam Pengembangan Metaverse

BRIN dan Tel-U Jalin Kerjasama Dalam Pengembangan Metaverse

09:22
Campuspedia News

Campuspedia merupakan Portal Anak Muda khususnya Pelajar dan Mahasiswa yang memberikan informasi seputar kampus, prestasi anak muda Indonesia, bedah jurusan, event kampus, dan beasiswa.

Browse by Category

  • Aplikasi kekinian
  • Beasiswa & Lomba
  • Berita
  • CV menarik
  • Dunia Kampus
  • Dunia Mahasiswa
  • Event
  • Info
  • Intern
  • Millenial
  • Online Career Class
  • Pendaftaran
  • Pengembangan Diri
  • Persiapan Karir
  • Persiapan Kuliah
  • PPDB Online
  • Program
  • Seputar UTBK
  • Try Out
  • UI Designer
  • UI/UX Designer
  • Uncategorized
  • UX writer
  • Video

Subscribe For Newslater

Loading
  • About
  • Advertise
  • Privacy Policy
  • Contact
  • FAQ

© 2021 Campuspedia News - Powered by campuspedia.id.

No Result
View All Result
  • Home
  • Beasiswa & Lomba
  • Dunia Mahasiswa
  • Persiapan Karir
  • Pengembangan Diri
  • Events
  • Program
  • Explore
  • FAQ

© 2021 Campuspedia News - Powered by campuspedia.id.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In