Campuspedia News
Tulis Artikel
No Result
View All Result
  • Login
  • Register
  • Seputar UTBK
  • Berita
  • Program
    • Online Career Class
    • Try Out
    • Events
  • Beasiswa & Lomba
  • Persiapan Kuliah
  • Dunia Mahasiswa
  • Persiapan Karir
  • Pengembangan Diri
  • Seputar UTBK
  • Berita
  • Program
    • Online Career Class
    • Try Out
    • Events
  • Beasiswa & Lomba
  • Persiapan Kuliah
  • Dunia Mahasiswa
  • Persiapan Karir
  • Pengembangan Diri
Campuspedia News
No Result
View All Result
Home Program Online Career Class

Community Manager: Penghubung antara Perusahaan dengan Konsumen

Kamu tertarik mempelajari dan mengembangkan strategi digital? Atau kamu merasa ahli dalam social networking? Wah, siapa tahu kamu cocok nih jadi seorang community manager!

CampuspediaAcademy by CampuspediaAcademy
09:00
in Dunia Mahasiswa, Info, Millenial, Online Career Class, Pengembangan Diri, Persiapan Karir
0 0
0
Community Manager: Penghubung antara Perusahaan dengan Konsumen
0
SHARES
97
VIEWS
Share on FacebookShare on WhatsappShare on Twitter

Halo sobat Campuspedia! Kamu tertarik mempelajari dan mengembangkan strategi digital? Atau kamu merasa ahli dalam social networking? Wah, siapa tahu kamu cocok nih jadi seorang community manager! Seorang community manager bekerja dalam departemen digital marketing yang bertanggung jawab atas pengelolaan dan pengembangan brand’s online community. Yuk simak penjelasan di bawah untuk lebih lengkapnya!

Community Manager

Community manager adalah seseorang yang ahli dalam bidang social networks sekaligus bertanggung jawab atas strategi digital yang akan diimplementasikan oleh perusahaan terkait. Merangkum dari Ekrut.com, seorang CM harus bisa menetapkan strategi dan target yang difokuskan pada media sosial perusahaan. Untuk mewujudkan hal tersebut, seorang CM wajib melakukan hal-hal seperti berikut.

  • Pembuatan dan pengelolaan konten
  • Memonitor social networks
  • Analisis media sosial
  • Action Plan untuk digital marketing
  • Koneksi dengan komunitas. 

Baca Juga: 6 Tools Social Media yang Bisa Bantu Promosi Produk Kamu

Tugas dan Tanggung Jawab

community manager

Mengutip dari Glints.com, tanggung jawab dari seorang community manager, antara lain

  • Membangun hubungan dengan audiens
  • Mencari masukan atau umpan balik dari pelanggan melalui obrolan atau interaksi
  • Memberi informasi dan dukungan untuk audiens, penggemar, dan customer
  • Meningkatkan brand awareness pada audiens
  • Mempelajari soal pelanggan, perilaku, karakteristik, ekspektasi, dan apa yang mereka butuhkan
  • Meningkatkan interaksi customer, conversions, dan sales
  • Mengantarkan brand value pada audiens

Skill untuk Menjadi Community Manager

Dikutip dari Mashable, ada beberapa skill yang wajib dikuasai oleh CM, antara lain

  • Komunikasi
  • Kemampuan menilai atau judgement
  • Empati
  • Analisis
  • Pengetahuan mengenai brand perusahaan
  • Multitasking

Selain itu, ada beberapa ciri universal yang dimiliki oleh hampir setiap CM. Secara umum, seorang CM:

  • Memiliki kemampuan untuk memimpin upaya pengembangan dan pertumbuhan komunitas
  • Sangat berfokus pada pelanggan
  • Tahu bagaimana dan kapan harus menunjukkan empati
  • Orang yang otentik dan berorientasi pada detail
  • Mampu menganalisis dan mengukur upaya dan hasil pengelolaan komunitas
Baca juga:  Ikuti 5 Langkah Ini, Agar Persiapanmu Lebih Matang Untuk Menghadapi UTBK!

Menjadi Community Manager yang Baik

Ketahuilah bahwa menjadi seorang community manager yang sukses sangat bergantung pada keterampilan daripada gelar yang dimiliki. Kamu harus memiliki pengetahuan yang luas tentang bisnis perusahaan. Gunakanlah pengalaman kamu untuk mencapai tujuan yang telah disetujui bersama. Kamu juga harus bisa memimpin organisasi dengan percaya diri. Tangani setiap masalah yang muncul dengan tepat, ya! Bangun juga hubungan yang produktif dan profesional, baik secara internal maupun eksternal.

Selain itu, seorang CM juga diharapkan bisa multitasking. Bayangkan saja, menayangkan konten berbeda di beberapa media sosial bukanlah pekerjaan yang mudah, kan? Seorang CM harus mampu membangun strategi untuk setiap channel yang berbeda dan konten yang dibuat untuk masing-masing channel pun harus berbeda sesuai dengan strategi yang telah ditetapkan. Semoga dengan semua komponen tersebut, kamu bisa menjadi seorang community manager yang baik, ya!

Yuk, Persiapkan Dirimu Sekarang!

Nah, sekarang kamu sudah sedikit lebih paham kan tentang community manager? Setiap perusahaan tentu membutuhkan seorang community manager untuk mempertahankan hubungan baik antara perusahaan dengan customer atau calon customer. Seorang community manager menjadi jembatan antara kedua belah pihak tersebut guna meningkatkan brand awareness, mengetahui persoalan audiens, dan masih banyak lagi.

Tertarik mengetahui lebih lanjut terkait peran dan skill yang dibutuhkan seorang CM? Ingin menjadi CM yang profesional? Yuk, langsung daftar kelas edisi “How To Improve Your Social Skill As Community Manager” pada 19 Desember 2020 pukul 15.15-17.00 WIB bersama kak Suci Rachmawati, Community Development. Yuk segera daftar DI SINI!

Di akhir kelas, peserta diharapkan dapat memahami:

  • Apa itu CM
  • Tugas CM
  • Pentingnya peranan CM dalam perusahaan
  • Skills yang dibutuhkan untuk menjadi seorang CM
  • Cara menjadi CM yang profesional
Baca juga:  Glass Ceiling: Penghambat Karir Perempuan, Benarkah Ada?

Garis besar yang akan dipelajari:

  • Apa itu CM
  • Jobdesc CM
  • Pentingnya CM dalam perusahaan 
  • Menjadi CM yang profesional  
  • Skill yang dibutuhkan untuk menjadi seorang CM
  • Bagaimana meningkatkan skill tersebut 
  • Mempersiapkan CV dan portfolio sebagai CM

Fasilitas yang akan didapat peserta:

  • Link webinar
  • Modul dari mentor
  • Exam
  • E-Sertifikat
  • Grup yang dapat digunakan sebagai ruang diskusi

Plus BONUS FREE VIDEO PLAYBACK yang dapat diakses secara bebas kapanpun dimanapun selama 10 hari

Yuk segera daftar DI SINI!

Tags: campuspediacareer classcommunity managerdigitaldigital marketingDunia mahasiswakarirkelas onlineonline career class
Previous Post

Beasiswa S2 Uppsala University, Sweden

Next Post

Tips Lolos Tahap FGD & LGD Langsung dari HRD-nya!

CampuspediaAcademy

CampuspediaAcademy

Teman upgrade skill dan kompetensi untuk karier impian kamu.

Next Post
cara mengatasi stres kerja

Tips Lolos Tahap FGD & LGD Langsung dari HRD-nya!

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Trending
  • Comments
  • Latest
Cara Menjawab Pertanyaan Interview Organisasi Kampus, Simak di Sini!

15+ Pertanyaan Interview Organisasi Kampus dan Cara Menjawabnya!

14:40
Lulusan Non Kependidikan Jadi Guru

Lulusan Non Kependidikan Mau Jadi Guru? Bisa, Ini Caranya!

12:30
Tips dan trik menjawab kelebihan dan kekurangan saat interview

Bisa Ditiru! Contoh Menjawab Kelebihan & Kekurangan Saat Interview

22:15
website cek typo dan eyd

Rekomendasi Website Jitu Buat Cek Typo di Word Sekaligus EYD

08:00
tips menghilangkan rasa takut gagal

STOP Cemas! Berikut 7 Tips Menghilangkan Rasa Takut Gagal 

1
Cara Menjawab Pertanyaan Interview Organisasi Kampus, Simak di Sini!

15+ Pertanyaan Interview Organisasi Kampus dan Cara Menjawabnya!

1
tips manajemen waktu

9 Tips Manajemen Waktu yang Efektif Agar Hidup Lebih Produktif

1
Kepribadian Kepatuhan

Mengungkap Kepribadian Compliance dalam Model DISC: Kekuatan dalam Kepatuhan

15:14
Kepribadian Steadiness

Kepribadian Steadiness dalam Model DISC: Pilar Ketenangan dalam Kehidupan

09:35
DISC, Kepribadian Influence

Kepribadian Influence dalam Analisis Model DISC: Banyak Dicari dalam Bisnis dan Manajemen

14:24
languishing

Languishing: Bagaimana untuk Bangkit dari Rasa Hampa yang Berkepanjangan

10:00
Campuspedia News

Campuspedia merupakan Portal Anak Muda khususnya Pelajar dan Mahasiswa yang memberikan informasi seputar kampus, prestasi anak muda Indonesia, bedah jurusan, event kampus, dan beasiswa.

Browse by Category

  • Accounting
  • Aplikasi kekinian
  • Beasiswa & Lomba
  • Berita
  • CV menarik
  • Dunia Kampus
  • Dunia Mahasiswa
  • Event
  • Info
  • Intern
  • Millenial
  • Online Career Class
  • Pendaftaran
  • Pengembangan Diri
  • Persiapan Karir
  • Persiapan Kuliah
  • PPDB Online
  • Program
  • Seputar UTBK
  • Try Out
  • UI Designer
  • UI/UX Designer
  • Uncategorized
  • UX writer
  • Video

Subscribe For Newslater

Loading
  • About
  • Advertise
  • Privacy Policy
  • Contact
  • FAQ

© 2021 Campuspedia News - Powered by campuspedia.id.

  • Login
  • Sign Up
No Result
View All Result
  • Home
  • Beasiswa & Lomba
  • Dunia Mahasiswa
  • Persiapan Karir
  • Pengembangan Diri
  • Events
  • Program
  • Explore
  • FAQ

© 2021 Campuspedia News - Powered by campuspedia.id.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In