Banyak tahap yang perlu dilakukan saat proses mencari kerja, salah satunya yaitu wawancara atau interview, akan tetapi banyak kandidat yang tidak tahu cara menanyakan hasil interview yang benar.
Padahal proses menanyakan hasil wawancara atau interview yang tidak tepat bisa menjadi salah satu penyebab tidak lolosnya dalam proses recruitment.
Untuk itu, bagi kamu yang sedang mencari kerja atau bahkan sudah pada tahap interview pastikan melakukan cara follow up yang tepat.
Nah untuk mengetahui cara yang benar, kamu bisa menyimak ulasan kali ini yang akan membahas beberapa cara follow up hasil interview ke HRD.
Cara Mudah Menanyakan Hasil Interview ke HRD
Simak beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menanyakan hasil interview ke HRD yang bisa kamu jadikan bahan referensi untuk dilakukan nantinya:
1. Tidak Menanyakan Secara To The Point
Cara pertama yang bisa dilakukan untuk follow up hasil interview ke HRD yaitu dengan tidak menanyakan secara to the point. Jadi sebisa mungkin hindari hal menanyakan langsung tujuannya tanpa ada perkenalan atau salam terlebih dahulu.
2. Jangan Menanyakan Berulang Kali
Cara kedua yaitu dengan tidak menanyakan secara berulang kali, cukup lakukan satu kali dengan sopan dan jelas. Karena dengan menanyakan beberapa kali atau berulang kali bisa saja dianggap spam atau bahkan mengganggu HRD.
Baca juga: Apa yang Harus Disiapkan untuk Wawancara PPG Prajabatan
3. Memperkenalkan Diri Terlebih Dahulu
Selanjutnya cara yang bisa kamu lakukan untuk menindaklanjuti hasil wawancara kerja yaitu dengan memperkenalkan diri terlebih dahulu.
Pastikan kamu mengirim pesan, email atau lainnya dengan salam kemudian diikuti dengan memperkenalkan diri terlebih dahulu. Setelah itu baru secara jelas maksud dan tujuannya.
4. Menyampaikan Maksud dan Tujuan
Cara terakhir yang bisa kamu coba saat menanyakan hasil interview yaitu dengan menyampaikan maksud dan tujuan.
Jangan sampai kamu terlalu basa basi sampai tidak menyampaikan apa tujuan dan maksudnya. Oleh sebab itu pastikan kamu sampaikan tujuannya dengan jelas dan tidak banyak basa-basi nya.
Nah itulah beberapa cara follow up hasil interview ke HRD yang benar dan bisa menjadi bekal kamu nantinya saat melakukan proses mencari kerja. Jangan lupa juga terus berusaha agar hasil yang kamu harapkan segera terwujud.***
Baca juga:
- Jobseeker Wajib Tau! Berikut Daftar Pertanyaan Jebakan Saat Interview Kerja dan Cara Menjawabnya
- 3 Hal yang Harus Dihindari dalam Interview Kerja
- Begini Cara Balas Email Panggilan Interview dari HRD
Penulis: Tuti Alawiyatul Hikmah
Editor: Niqi Carrera
Referensi: Instagram.com/ mudahcarikerja