Campuspedia News
Tulis Artikel
No Result
View All Result
  • Login
  • Register
  • Seputar UTBK
  • Berita
  • Program
    • Online Career Class
    • Try Out
    • Events
  • Beasiswa & Lomba
  • Persiapan Kuliah
  • Dunia Mahasiswa
  • Persiapan Karir
  • Pengembangan Diri
  • Seputar UTBK
  • Berita
  • Program
    • Online Career Class
    • Try Out
    • Events
  • Beasiswa & Lomba
  • Persiapan Kuliah
  • Dunia Mahasiswa
  • Persiapan Karir
  • Pengembangan Diri
Campuspedia News
No Result
View All Result
Home Persiapan Karir

3 Hal yang Harus Dihindari dalam Interview Kerja

Perhatikan 3 hal yang harus dihindari dalam interview kerja

Carrera ZN by Carrera ZN
13:57
in Pengembangan Diri, Persiapan Karir
0 0
0
Perhatikan 3 Hal yang Harus Dihindari dalam Interview Kerja Jika Anda Tidak Ingin Menyesal.

ilustrasi wawancara kerja Pexels/Tima Miroshnichenko - campuspedia.id

0
SHARES
23
VIEWS
Share on FacebookShare on WhatsappShare on Twitter

Tahap wawancara kerja adalah salah satu tahapan yang sangat penting dalam proses rekrutmen pekerjaan. Oleh karena itu, Anda harus mempersiapkannya dengan matang agar tidak membuat kesalahan yang dapat berakibat fatal.

Selain menguasai materi yang terkait dengan posisi yang Anda lamar, Anda juga perlu memperhatikan aspek-aspek lainnya, seperti gestur tubuh saat wawancara kerja.

Gestur tubuh yang tepat dan profesional dapat membantu menciptakan kesan positif pada HRD dan meningkatkan peluang Anda untuk diterima di perusahaan yang Anda lamar.

Pada menit awal wawancara kerja, biasanya HRD akan memperhatikan bagaimana Anda bergerak dan bereaksi terhadap situasi yang ada. 

Oleh karena itu, penting untuk menunjukkan sikap yang percaya diri dan sopan dalam menggunakan gestur tubuh. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan bahasa tubuh HRD agar dapat menyesuaikan diri dengan gaya komunikasi mereka.

Salah satu yang menjadi cerminan saat wawancara kerja adalah sikap. Sikap positif dapat terpancar dari gestur tubuh pelamar kerja. Maka dari itu, hindari beberapa sikap yang dapat membuat HRD menjadi tidak respect.

Ada 3 hal yang tidak disukai oleh HRD saat wawancara kerja. Apa saja itu? Dikutip dari berbagai sumber, berikut 3 hal yang tidak disukai oleh HRD:

1. Arogan 

Maksud dari “arogan” atau “terlalu melebih-lebihkan” di sini adalah perilaku yang menunjukkan seseorang terlalu sombong dan membesar-besarkan kemampuan atau pengalaman yang dimilikinya.

Namun, hal ini tidak berarti Anda tidak dapat mempromosikan kemampuan yang Anda miliki. Yang perlu diperhatikan adalah cara penyampaiannya yang sebaiknya sederhana dan jujur. Jangan melebih-lebihkan atau membesar-besarkan segala sesuatu yang bukan merupakan hasil kerja dari diri Anda sendiri.

2. Kurang Antusias 

Antusiasme atau semangat yang ditunjukkan saat wawancara kerja dapat menjadi faktor penting dalam menunjukkan ketertarikan Anda terhadap posisi yang Anda lamar. Hal ini bisa mempengaruhi bagaimana HRD menilai diri Anda sebagai kandidat yang potensial.

Baca juga:  Tetap PD Interview Kerja, Meskipun Fresh Graduate

Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga antusiasme Anda selama wawancara kerja. Saat berbicara dengan HRD, cobalah untuk menunjukkan keberanian dan keyakinan dalam menjawab pertanyaan yang diajukan, serta berikan jawaban yang jelas dan terperinci tentang kemampuan dan pengalaman Anda.

Secara keseluruhan, menjaga semangat dan antusiasme yang tepat selama wawancara kerja dapat membantu Anda menunjukkan ketertarikan dan motivasi yang tinggi terhadap pekerjaan yang dilamar.

3. Bohong 

Berbohong dalam tahap wawancara kerja dapat berdampak buruk pada diri Anda di kemudian hari. Jika Anda terbukti berbohong, hal ini dapat menimbulkan masalah serius dan bahkan bisa menyebabkan Anda kehilangan pekerjaan.

Anda harus memahami bahwa berbohong dalam tahap wawancara kerja hanya memberikan manfaat sesaat saja, namun justru bisa menyebabkan masalah di kemudian hari. 

Sebagai contoh, jika Anda memberikan informasi palsu tentang kualifikasi atau pengalaman kerja Anda, kemungkinan besar Anda tidak akan mampu memenuhi ekspektasi perusahaan dan kesulitan dalam menjalankan tugas dengan baik.

Jika Anda terbukti berbohong pada tahap awal, maka kepercayaan perusahaan terhadap diri Anda akan hilang dan reputasi Anda sebagai seorang profesional akan tercoreng. 

Selain itu, jika Anda terus mempertahankan kebohongan tersebut, Anda akan semakin terjebak dan kesulitan mengelolanya di kemudian hari. 

Itulah 3 hal yang harus Anda hindari saat melakukan wawancara kerja dengan HRD perusahaan. Semoga bermanfaat. ***

Editor: Niqi Carrera

 

Source: vt.tiktok.com
Via: campuspedia.id
Tags: wawancarawawancara kerja
Previous Post

Pendaftaran Beasiswa BCA 2024 Telah Dibuka: Benefit dan Peluang Kerja Menanti!

Next Post

Universitas Brawijaya Menyambut Difabel dalam Berbagai Program Studi, Cek Disini!

Carrera ZN

Carrera ZN

Next Post
Universitas Brawijaya Menyambut Difabel dalam Berbagai Program Studi, Cek Disini!

Universitas Brawijaya Menyambut Difabel dalam Berbagai Program Studi, Cek Disini!

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Trending
  • Comments
  • Latest
Mahasiswa Hobi Nulis? Ikuti Lomba Menulis “Perang Review Mahasiswa” dari Detikcom, Total Hadiah Jutaan Rupiah! Edit | Quick Edit | Trash | View Fath Putra Mulya Info detikcom, lomba menulis, lomba menulis review Published 2021/04/26 at 1:59 pm Good OK lomba menulis detikcom 3 Select Buat Kamu Yang Hobi Nulis, Berikut 20 Alamat Pengiriman Naskah Media Cetak Beserta Honornya | CAMPUSPEDIA Buat Kamu Yang Hobi Nulis, Berikut 20 Alamat Pengiriman Naskah Media Cetak Beserta Honornya

Buat Kamu Yang Hobi Nulis, Berikut 20 Alamat Pengiriman Naskah Media Cetak Beserta Honornya | CAMPUSPEDIA

21:11
beasiswa vdms, beasiswa populer

Dapat Lebih dari Satu Beasiswa? Yuk Bisa Yuk Berikut Ini Daftar Beasiswa Populer untuk Mahasiswa S1 

11:36
mahasiswa bisa mengajukan banding atau penurunan UKT

Tips Mengajukan Banding atau Penurunan UKT: Gunakan Alasan Ini!

23:53
Skripsi

Mahasiswa Akhir Wajib Paham, Contoh Pertanyaan Seminar Hasil dan Cara Menjawabnya

21:45
SKD TWK CPNS 2024

Tips Mengerjakan SKD CPNS 2024: TWK Bukan Lagi Tentang Hafalan, tapi Penalaran!

20:27
Ilustrasi istilah dalam dunia kerja (Pexels/Fox)

Istilah di Dunia Kerja dalam Bahasa Inggris yang Fresh Graduate Perlu Ketahui

21:11
menjawab pertanyaan wawancara interview kerja “Apa pencapaian terbesar Anda?”

Cara Menjawab Pertanyaan Interview Kerja ‘Apa Pencapaian atau Prestasi Terbesar Anda?’

20:51
hasil seleksi administrasi CPNS 2024

Hasil Seleksi Administrasi CPNS 2024 Masih Belum Keluar, Ini Jadwal Pengumuman Tiap Instansi!

20:23
Campuspedia News

Campuspedia merupakan Portal Anak Muda khususnya Pelajar dan Mahasiswa yang memberikan informasi seputar kampus, prestasi anak muda Indonesia, bedah jurusan, event kampus, dan beasiswa.

Loading

Browse by Category

  • Accounting
  • Aplikasi kekinian
  • Beasiswa & Lomba
  • Berita
  • CV menarik
  • Dunia Kampus
  • Dunia Mahasiswa
  • Event
  • Info
  • Intern
  • Millenial
  • Online Career Class
  • Pendaftaran
  • Pengembangan Diri
  • Persiapan Karir
  • Persiapan Kuliah
  • PPDB Online
  • Program
  • Seputar UTBK
  • Try Out
  • UI Designer
  • UI/UX Designer
  • Uncategorized
  • UX writer
  • Video

Subscribe For Newslater

Loading
  • About
  • Advertise
  • Privacy Policy
  • Contact
  • FAQ

© 2021 Campuspedia News - Powered by campuspedia.id.

  • Login
  • Sign Up
No Result
View All Result
  • Home
  • Beasiswa & Lomba
  • Dunia Mahasiswa
  • Persiapan Karir
  • Pengembangan Diri
  • Events
  • Program
  • Explore
  • FAQ

© 2021 Campuspedia News - Powered by campuspedia.id.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In