Akhir-akhir ini, konten microblogging sering sekali kita jumpai di berbagai platform media sosial. Salah satu platform yang sering menampilkan microblog adalah Instagram. Biasanya, microblog di Instagram berupa tulisan yang berada di dalam postingan feeds dan dibuat per slide atau disebut carousel. Tapi, apa sih sebenarnya microblogging ini dan bagaimana cara membuat konten microblogging yang menarik? Langsung saja simak ulasan berikut ya!
Apa Itu Microblogging?
Microblogging adalah strategi pembuatan konten yang berisi tulisan seperti di sebuah blog atau situs website namun dalam versi tulisan yang lebih pendek dan singkat. Biasanya konten microblogging ini akan dipublikasikan ke jejaring sosial media seperti Instagram, Twitter, Tumblr, dan Facebook. Berbeda dari tulisan website yang informasinya disampaikan secara detail dengan tulisan panjang. Dalam microblogging, informasi yang ditulis lebih padat dan fokus pada topik yang bisa dibahas secara tidak mendalam. Beberapa informasi yang bisa dijadikan konten seperti misalnya berbagi pengetahuan tentang kerajinan DIY, resep memasak, tips berbisnis, rekomendasi buku, dan lainnya. Sehingga, pembuat konten hanya akan mencantumkan poin-poin yang penting saja agar audience atau pembaca bisa lebih mudah memahami informasi yang ingin disampaikan.
Baca juga: Supaya Viral, Simak Strategi Membuat Konten di Media Sosial
Hal-Hal Harus Diperhatikan Sebelum Microblogging
Sebelum membahas tentang bagaimana cara membuat konten microblogging, ada baiknya kamu simak beberapa hal penting yang harus diperhatikan berikut ini.
1. Membuat Konsep Konten
Sebelum mulai microblogging, kamu harus menentukan konsep terlebih dahulu. Konsep yang dimaksud seperti misalnya font yang akan digunakan dalam konten, pemilihan warna serta gambar seperti apa yang akan digunakan.
2. Pastikan Konten yang Dibuat Menarik
Hal yang harus kamu perhatikan berikutnya adalah memastikan jika konten yang kamu buat menarik dan bisa bermanfaat bagi pengguna lain. Kamu bisa mulai dengan berbagi tips atau informasi menarik lainnya yang sedang tren dibahas.
3. Buat Pembaca Untuk Merespon Konten
Salah satu tujuan microblogging adalah untuk meningkatkan engagement pengunjung akun yang kamu miliki. Oleh karena itu, kamu perlu memancing pembaca untuk memberi respon pada konten yang kamu buat. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan pertanyaan di akhir postingan.
4. Memilih Aplikasi Pembuatan Konten
Dalam membuat konten microblog, kamu juga memerlukan aplikasi desain. Beberapa aplikasi yang bisa kamu pakai seperti Canva, Adobe Photoshop, Powerpoint/Google Slides/Keynote Speech. Kamu bisa pilih yang paling nyaman digunakan.
Baca juga: Kreasikan Media Sosialmu Dengan Konten Impactful
Cara Membuat Microblogging di Instagram
1. Menentukan Ide Konten
Tentukan konten yang akan dibuat dengan membuat konsep ide konten yang mengedukasi dan menarik orang lain untuk membaca. Kamu bisa fokus pada satu tema untuk microblog-mu. Misalnya, kamu tertarik pada kerajinan tangan (crafts) dan DIY. Kamu bisa membuat konten mengenai tips DIY dan cara membuat kerajinan tersebut. Hal ini perlu dilakukan karena konten yang tentang tips dan trik DIY atau cara membuatnya. Perlu dipahami jika konsistensi dalam mengemas konten adalah kunci kesuksesan microblog milikmu.
2. Menyederhanakan Kalimat
Hindari penggunaan kalimat yang terlalu bertele-tele sehingga membuat tulisan dalam konten jadi panjang. Sederhanakan kalimat yang digunakan namun tidak mengurangi inti dari informasi yang akan disampaikan. Kamu juga bisa menggunakan gaya bahasa yang friendly agar lebih dekat dengan pembaca. Selain itu, bisa juga ditambahkan gambar dalam tulisan sebab visual dari konten dapat menarik banyak pembaca.
3. Menggunakan Font Sans
Untuk font dalam konten, kamu bisa menggunakan font jenis sans. Dilansir dari Glints, menurut UX Planet font jenis ini sangat cocok digunakan untuk menghasilkan tampilan visual yang menarik, tulisan pendek, dan pengguna muda. Sehingga, akan cocok untuk microblogging milikmu.
4. Menggunakan Warna Kontras
Seperti yang sudah disebutkan, selain isi konten yang informatif visual dari microblog juga harus apik. Salah satu caranya adalah dengan memilih warna kontras yang tepat untuk desain kontennya. Beberapa warna kontras yang bisa kamu gunakan seperti hitam dan kuning atau putih dan biru. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan color palette untuk menentukan kombinasi dan kontras warna yang cocok.
5. Cantumkan CTA di Akhir Postingan
Call to action atau sering disingkat CTA, biasa digunakan dalam penulisan blog atau konten digital. Nah, kamu juga bisa menambahkan di dalam microblog berupa ajakan pada pembaca untuk share, like, comment, atau tag akun lain yang bekerja sama di akhir postingan konten.
6. Menambahkan Hashtag
Tagar atau hashtag dapat berguna untuk memperluas jangkauan pembaca microblog-mu terlebih yang memiliki minat dan relate dengan konten yang kamu buat. Dalam instagram sendiri kamu bisa menggunakan maksimal 30 hashtag, namun 10-15 hashtag saja sudah cukup untuk meningkatkan engagement. Selain itu, kamu perlu menghindari penulisan banyak hashtag di body caption postingan karena dapat merusak estetika. Namun, jika ingin kamu bisa menambahkan 3-5 hashtag di body caption dan sisanya bisa ditambahkan kolom komen.
7. Buat Instagram Stories
Memanfaatkan fitur instagram stories secara optimal adalah satu cara untuk membuat konten microblogging milikmu semakin banyak dikunjungi. Misalnya, kamu dapat menggunakan fitur polling mengenai topik konten terbaru yang akan dibuat. Sehingga, selain nantinya konten yang dibuat sesuai dengan kemauan audience, kamu juga bisa sekaligus jadi lebih dekat dengan mereka.
Trend microblogging memang sangat populer saat ini. Meskipun dikemas secara sederhana, informasi yang ditampilkan tetap mampu mengedukasi dan bermanfaat bagi pembaca. Untuk itu, agar konten microblogging milikmu semakin diminati kamu bisa menerapkan cara-cara yang sudah dijelaskan diatas. Selamat mencoba!
Jangan lupa untuk follow akun Instagram, LinkedIn, Facebook, Twitter, Youtube, dan Official Account LINE dari Campuspedia biar kamu gak makin ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lainnya.