Halo Sobat Campuspedia! 12 Januari 2021 kemarin, ET-Asia telah melaksanakan webinar How to Build Effective & Sustainable Branding for your Business” pukul 16.00 WIB. Webinar kemarin berjalan lancar diawali dengan pembukaan oleh moderator, dilanjutkan pembacaan peraturan, sesi materi yang dibawakan oleh Keenan Pearce secara interaktif, dan sesi tanya jawab.
Sebagai pelaku bisnis, tentu kamu perlu memahami berbagai aspek terutama aspek branding. Namun, ternyata masih banyak loh owner sebuah bisnis yang belum terlalu memahami strategi branding atau bahkan menganggap bahwa branding bukanlah sesuatu yang wajib dilakukan dalam berbisnis. Padahal, faktanya melakukan branding itu penting dan tidak sesulit yang dibayangkan lho.
Hampir setiap saat kita pasti melihat proses branding dari sebuah brand atau produk di sosial media. Namun, apakah kamu sudah paham bagaimana membangun sustainable branding untuk bisnismu? Sudahkah kamu memahami cara melakukan branding yang efektif? Dalam rangka menjawab kegundahan dari para pebisnis, ET-Asia hadir dengan mengadakan webinar ini untuk memberikan manfaat dan ruang diskusi bagi kalian yang tertarik dan membutuhkan materi ini.
Dalam webinar tersebut, peserta mempelajari bagaimana cara mendapatkan inspirasi dan membentuk ide yang relevan dalam membangun bisnis. Peserta memahami konsep dan manfaat branding dalam sebuah bisnis beserta tips strategi branding yang efektif, sukses, dan berkelanjutan.
Kenalan dengan ET-Asia, Yuk!
Dilansir instagram official ET-Asia, ET-Asia adalah mitra pelatihan khusus yang membuat pekerjaan di organisasi akan menjadi mudah dan profesional. ET-Asia menyelenggarakan dua program, yaitu Public Training untuk memberikan pelatihan khusus dengan metode interaktif & inspiratif dan In-House Training untuk memberikan pelatihan khusus secara private di dalam suatu organisasi.
Program pelatihan khusus dirancang secara komprehensif, terstruktur, serta terfokus pada pendalaman ilmu yang akan menjadi skills dalam bekerja nanti. ET-Asia sudah berpengalaman selama 11 tahun dan memiliki beberapa ahli sebagai pemateri konten. ET-Asia telah diakui oleh beberapa organisasi, corporate, bank, dan investor dalam menyelenggarakan pelatihan.
Baca Juga: Contoh CV untuk Fresh Graduate
Apa Itu Brand dan Branding?
Materi dalam webinar ini dibawakan oleh Keenan Pearce, Founder Stoik Trisula. Di awal materi, Keenan Pearce menyampaikan bahwa brand atau branding adalah suatu hal yang sangat dekat dengan kehidupan kita. Pada dasarnya branding merupakan upaya untuk menyampaikan sebuah pesan, sedangkan brand dapat dianalogikan sebagai diri kita sendiri.
Branding adalah bagaimana cara mengkomunikasikan pesan, nilai, atau apapun yang perlu orang lain ketahui tentang brand tersebut. Personal perspective dari Keenan Pearce mengenai brand dan branding mungkin saja berbeda dengan perspektif orang lain. Menurutnya, branding adalah apa yang orang lihat dari luar (contoh: logo, warna, tagline, visual identity, sosial media, dll). Di samping itu, brand merupakan sesuatu yang berasal dari dalam (contoh: company belief, foundation dari bisnis, dll). Anggaplah brand sama seperti manusia yang mempunyai karakter atau personality. Oleh karen itu, identity dari sebuah brand itu penting loh!
Baca Juga: Softskill yang Dibutuhkan dalam Dunia Kerja
Bagaimana Membuat Strategi Branding yang Efektif dan Berkelanjutan?
Setelah menjelaskan dasar dari brand dan branding, Keenan Pearce melanjutkan pembahasan tentang bagaimana strategi branding yang tepat untuk memberikan hasil yang efektif dan berkelanjutan. Dalam strategi branding, foundational strategy menjadi hal yang penting untuk dilakukan, seperti membuat landasan yang akan menjadi guideline proses branding kedepannya. Dalam menjalani bisnis, seringkali juga diperlukan rebranding dan proses marketing sebagai contoh strategi branding yang dapat dilakukan.
Kesimpulan
Setelah proses pemaparan materi, kegiatan webinar dilanjutkan dengan tanya jawab antara Keenan Pearce dengan para partisipan. Sesi ini merupakan sesi yang ditunggu-tunggu karena menjadi salah satu kesempatan emas untuk dapat bertanya, berkonsultasi, dan berdiskusi langsung dengan orang yang ahli di bidangnya.
Kesimpulan yang dapat diambil dari webinar ini adalah terkadang kebanyakan orang terlalu mendiferensiasikan antara manusia dengan brand. Alangkah lebih baik secara prinsip kita harus menghumanisasi sebuah brand supaya dapat terlihat hidup dan nyata selayaknya manusia.
Webinar How to Build Effective & Sustainable Branding for your Business yang diselenggarakan oleh ET-Asia berjalan lancar sampai selesai. Melalui webinar tersebut didapatkan banyak insight baru yang sangat berguna untuk para pebisnis dalam membangun bisnis yang lebih baik lagi.
Webinar tersebut memberikan dampak yang luar biasa mengenai cara pandang kita terhadap sebuah brand dan branding sehingga kedepannya dapat menjalankan strategi branding yang jauh lebih efektif dan berkelanjutan. See you next time di edisi webinar selanjutnya! Pantau sosial media ET-Asia supaya gak ketinggalan info penting lainnya. ya!