Halo Sobat Campuspedia! 15 Januari 2021 kemarin telah diadakan online career class edisi “Being the Best Employee by Knowing the Work Ethics” pukul 19.15 WIB lohh! Kelas online kemarin berjalan lancar diawali dengan pembukaan oleh moderator, dilanjutkan dengan pembacaan peraturan, sesi materi oleh kak Dio Rizky Anamia secara interaktif, dan sesi tanya jawab & diskusi. Di kelas kemarin, peserta akan diajak untuk belajar etika kerja yang dapat menunjang keberhasilan jejang karir mereka.
Kenalan dengan Mentor Kita, Yuk!
Kak Dio saat ini menginjak usia ke 25 tahun dan sedang berkarya sebagai HR Practitioner. Kak Dio adalah lulusan Universitas Indonesia, Communication and Media Studies (Movie and TV Creative Industry). Ia pernah berkarya di AIESEC Indonesia pada 2017-2018, di Asian Development Bank pada 2018, dan hebatnya lagi kak Dio pernah bekerja di Philippines loh pada 2018-2019 di bagian Tata Consultancy Services. Saat ini, kak Dio sedang bekerja di Zenrooms mulai dari 2019 silam sampai sekarang.
Baca Juga: Ingin Jadi Best Employee? Miliki 7 Etika Kerja Berikut!
Apa Hubungannya Etika Kerja dengan Jenjang Karir?
Online Career Class edisi ini membahas seputar etika kerja dan peran penting etika kerja di tempat kerja. Peserta juga diajak untuk dapat memahami apa saja indikator-indikator dalam etika kerja yang dapat membantu mereka menjadi pegawai/karyawan yang memiliki kualitas baik bahkan yang terbaik daripada yang lain. Dengan memahami dasar teori dan indikator tersebut, peserta akan jauh lebih mudah untuk dapat mengaplikasikannya di dalam kehidupan bekerja mereka masing-masing.
Etika kerja dianggap penting dan cukup berhubungan dengan jenjang karir karena semakin meningkat kualitas kamu saat bekerja, baik dari segi skill, karakter, dan attitude, maka akan semakin meningkat pula peluangmu untuk dipercaya orang lain bahkan atasanmu untuk memberikanmu kesempatan karier yang lebih berkembang. Bisa jadi, dengan mengoptimalkan etika kerja, kamu juga akan semakin cepat mencapai jenjang karir yang lebih tinggi.
Lantas, Apa Itu Etika Kerja?
Etika kerja adalah nilai-nilai yang ada di tempat kerja yang berhubungan dengan moral kita. Etika kerja yang bagus berkorelasi dengan orang yang dapat diandalkan, berdedikasi, dan disiplin. Beberapa atribut dari etika kerja yang dibahas saat online career class kemarin, antara lain
- Appearance
- Attendance
- Attitude
- Character
- Communication
- Cooperation
- Organizational Skill
- Productivity
- Respect
- Teamwork
Yuk, Persiapkan Jenjang Karir yang Lebih Baik!
Untuk mendapatkan jenjang karir yang lancar dan terus berkembang tentu tidak hanya dengan meningkatkan etika kerja, tetapi tidak ada salahnya untuk tetap memprioritaskan etika kerja sebagai salah satu kunci keberhasilan perkembangan jenjang karier kamu. Ya!
Kamu bisa meningkatkan etika kerja dengan berlatih bersikap profesional, rajin untuk mengevaluasi hasil kerjamu, menerima dan menghargai orang lain/rekan kerja, dan cari mentor-mentor atau orang yang lebih profesional untuk menuntun arah perkembangan kamu. Kamu bisa mengikuti kelas online atau kelas mentoring yang terpercaya untuk membantu perkembangan kariermu. Salah satu kelas online yang bisa kamu ikuti yaitu online career class Campuspedia Academy. Yuk, kamu bisa daftar di sini.
Sharing Session, Yuk!
Setelah pemaparan materi dari kak Dio, kegiatan dilanjutkan dengan tanya jawab dan diskusi langsung antara peserta dengan mentor. Ada beberapa pertanyaan yang diajukan ke kak Dio nih kemarin, minca akan rangkum 2 pertanyaan saja ya khusus untuk kamu. Yuk, disimak! Siapa tahu keluh kesah mereka sama seperti yang sedang kamu rasakan.
Bagaimana caranya membedakan kepentingan profesional dengan kepentingan pribadi? Terlebih ketika sedang dalam tekanan di tempat kerja, bagaimana caranya untuk tidak mencampurkan kedua aspek tersebut?
Jadi, kepentingan profesional adalah segala kegiatan yang berhubungan dengan perusahaan atau pekerjaan kamu. Sedangkan, kepentingan pribadi adalah sesuatu yang berhubungan dengan pribadi kamu sendiri. Ketika kamu sedang tertekan, kamu bisa mengevaluasi kembali apakah kamu bisa tahan untuk bekerja di tempat itu. Evaluasi hal-hal apa saja yang membuat kamu tertekan. Dengan begitu, kamu jadi lebih bisa membedakan apakah pekerjaan itu memang worth untuk kamu atau perlu kamu tinggalkan.
Bagaimana tips supaya kita tidak ketularan sifat toxic dari lingkungan kantor?
Yang namanya membangun relationship di tempat kerja pasti tetap menjadi hal yang penting juga untuk menunjang keberhasilan kamu di dunia kerja. Namun, seperti di kehidupan sehari-hari, kamu pun perlu untuk melakukan filter terhadap lingkungan pergaulanmu. Jika kamu merasa orang-orang di sekitar tidak lagi baik, kamu bisa coba untuk mencari lingkungan baru, berkenalan dengan orang baru. Namun, tetap jaga sikap profesional kamu walaupun kamu merasa lingkunganmu sedang toxic, ya!
Nah, kira-kira begitu friends keseruan online career class edisi 15 Januari 2021 kemarin. Kalau kamu tertarik untuk meningkatkan kualifikasi dirimu dalam mempersiapkan karier kedepannya, kamu bisa lho upgrade skill dan kompetensi kamu di online career class Campuspedia Academy dan ikuti kelas-kelas yang sesuai dengan minat dan kebutuhan kamu. Yuk, daftar di sini. Semoga berhasil!
Comments 3