Setiap pekerjaan pasti butuh sumber daya pendukung, termasuk copywriter. Meskipun dasarnya hanya bermain kata dan menulis, kamu juga perlu tools copywriter agar tulisanmu jauh lebih layak dan menarik. Penasaran apa aja toolsnya? Yuk, cek artikel di bawah!
Grammarly
Bagi kamu yang sering membuat bahan berbahasa Inggris, kamu sangat disarankan menggunakan Grammarly. Platform satu ini bisa kamu gunakan secara gratis maupun premium di situsnya..
Dengan Grammarly, kamu bisa menentukan tone seperti apa yang kamu inginkan dalam tulisanmu, bisa formal, friendly, serius, atau bahkan semi formal. Selain itu Grammarly akan otomatis memeriksa kesalahan pengetikan dan bahkan menyarankanmu menggunakan kata lain jika dirasa kurang cocok penggunaannya.
Baca juga: Ingin Jualan Lewat Tulisan? Yuk, Kenalan dengan Teknik Copywriting Berikut!
Kamus
Bukan cuma bahasa asing aja yang butuh kamus, kamu juga perlu kamus bahasa Indonesia untuk mencari tahu makna kata yang akan kamu gunakan. Agar maksudmu tersampaikan dan tidak salah memilih kata.
Di dunia yang serba digital ini, kamu sudah bisa menemukan banyak kamus daring di Google Play Store maupun App Store. Gratis, lo!
Headline Analyzer
Judul atau headline adalah kunci terbesar dari sebuah tulisan. Jika headline yang kamu buat sudah menarik, otomatis pembaca pun akan penasaran dengan isi dari tulisanmu.
Tools copywriter yang wajib kamu gunakan adalah headline analyzer. Kamu bisa menggunakan tools ini di situs Capitalize My Title atau situs sejenis lainnya.
Dengan tools ini, kamu bisa menganalisis judul yang kamu buat berdasarkan keterbacaan, jumlah karakter, SEO, dan penggunaan kata yang bisa menggerakan emosi pembaca.
Baca juga: Apa Itu SEO? Simak Selengkapnya dari Sr. Copywriter Kitabisa.com!
Tesaurus
Tesaurus dan kamus mempunyai fungsi yang berbeda meskipun sama-sama berisi kosa kata. Tools copywriter satu ini membantu kamu untuk mengeksplor kata dan pertalian makna. Kamu bisa menemukan sinonim dari kata yang kamu maksud, agar tulisanmu tidak monoton dan menjadi variatif.
Pulpen dan Kertas
Meskipun penggunaan catatan digital bisa kamu akses di ponsel pintar, kamu tidak boleh melupakan kehadiran pulpen dan kertas. Selain mudah digunakan dan bisa kamu coret-coret seenaknya, penggunaan metode tradisional ini lebih meningkatkan kreativitas, lo!
Penelitian di Universitas Tokyo menyebut bahwa subjek yang menggunakan kertas untuk mencatat jauh lebih mengingat materi yang mereka tulis dibanding menggunakan catatan digital.
Mungkin kamu sendiri pernah merasakan brainstorming menggunakan kertas jauh lebih efektif dibanding dengan layar ponsel, ya kan?
Gimana, Sobat Minca? Sudah tahu tools copywriter yang siap mendukung pekerjaanmu, kan? Jangan lupa digunakan dengan maksimal dan terus berlatih, ya! Practice makes perfect!
Baca juga: 5 Pilihan Profesi Bagi Gen Z di Bidang Digital Marketing
Jangan lupa untuk follow akun Instagram, LinkedIn, Facebook, Twitter, Youtube, dan Official Account LINE dari Campuspedia biar kamu up to date perihal informasi seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan hal menarik lainnya!