Dengan teknologi pemutakhiran yang telah digunakan di banyak perusahaan, nyatanya masih banyak perusahaan yang meminta pelamar untuk mengirimkan lamaran mereka lewat email.
Ini biasa digunakan untuk mereka yang memiliki kepentingan bersifat formal. Tidak dibatasi dengan lamaran pekerjaan seseorang
Namun, karena sifatnya yang terbilang formal, ada banyak etika yang harus kamu penuhi ketika mengirimkan surat lamaran kamu kepada seorang HR.
Perhatikan hal-hal berikut, ya!
Pastikan Kamu Gunakan Alamat Email yang Benar
Email-mu setidaknya harus memiliki penamaan yang formal dan tidak dilebih-lebihkan. Penamaan seperti [email protected] biasanya akan membuat alamat yang kamu miliki sukar dideteksi
Bahkan penggunaan alamat email bisa menjadi pertimbangan seorang HR dalam menyeleksi berkasmu
Jadi, perhatikan nama yang kamu gunakan, ya!
Kumpulkan Berkas Dokumen dan Pastikan Size Tidak Lebih dari 1 MB
Untuk mempermudah HR dan menghemat waktu HR pula, kami menyarankan kamu untuk menggabungkan semua berkas dokumen milikmu menjadi satu file. Perhatikan juga file yang kamu lampirkan supaya tidak lebih besar dari 1 MB. ini berguna supaya mempermudah HR dalam membaca berkas dokumen yang diberikan
Kamu juga jangan menggabungkan berkas dokumenmu dalam bentuk zip atau pun rar. Karena bentuk file ini mengharuskan seorang HR untuk mengunduh file dan mengekstraknya. Repot, bukan
Lebih baik kamu menggabungkan berkas dokumennya dalam bentuk pdf ataupun JPEG yang mempermudah HR melihat dokumen dalam surat lamaranmu
Perhatikan Subjek Email
Subjek berada di bawah alamat tujuan kamu itu loh.
Jangan sampai kosong, ya, Friends
Banyak banget kesalahan yang terjadi oleh teman-teman yang akan kirim lamaran kerja tanpa mencantumkan subjek sehingga tidak diketahui apa maksud dari email tersebut dan mengapa dikirim.
Biasanya perusahaan akan memberikan panduan subjek yang akan ditulis
Namun, jika tidak, pastikan subjek kamu tidak memiliki karakter yang terlalu banyak, ya
Keep it short, simple, but readable.
Gunakan Struktur Surat Resmi
Seperti telah disinggung, menulis email untuk lamaran itu seperti menuliskan surat resmi. Kamu harus menggunakan kata-kata yang singkat, padat, jelas, tapi dengan struktur seperti surat resmi
Beberapa poin penting yang harus diperhatikan ketika menulis body dalam lamaran adalah
- Alasan mengirim email
- Tulis yang jelas posisi apa yang kamu lamar
- Tulis kualifikasi diri kamu yang memenuhi posisi tersebut
- Tulis apa saja yang bisa kamu lakukan untuk perusahaan
- Cantumkan kontak ataupun alamat email untuk mempermudah perusahaan memberikan follow up
- Usahakan singkat, padat, jelas
Perhatikan Gaya Bahasa
Selain isi, kamu harus memperhatikan gaya bahasa-mu dalam mengirim email lamaran kamu. Perhatikan PUEBI yang digunakan; tanda baca, huruf kapital, dan lain sebagainya.
Nah, Campuspedia Friends, inilah beberapa tips singkat yang perlu kamu perhatikan ketika mengirim surat lamaran melalui email.
Good luck!
Baca juga: