Campuspedia – Sebagai mahasiswa, usahakan untuk sesekali mengikuti kegiatan kepanitian untuk acara tertentu yang diadakan jurusan, fakultas, atau kampusnya. Namun perhatikan dulu divisi acara kepanitiaan apa yang cocok untukmu. Jangan sampai kamu salah pilih divisi dan justru tidak sanggup melakukan jobdesk-nya.
Mengapa Harus Ikut Acara Kepanitiaan?
Selama menjadi mahasiswa, usahakan untuk terus aktif dalam berbagai kegiatan, entah itu di luar kampus atau dalam kampus.
Kegiatan di dalam kampus yang bisa kamu lakukan misalnya adalah bergabung dalam UKM, organisasi mahasiswa, atau ikut andil dalam acara kepanitiaan.
Ada banyak hal yang bisa kamu dapatkan jika misalnya kamu ikut andil dalam divisi suatu kepanitiaan, beberapa di antaranya adalah:
1. Menambah relasi
Ikut dalam kepanitiaan akan membuatmu kenal dengan mahasiswa dari jurusan atau fakultas lain. Tidak hanya itu saja, kamu bahkan berkesempatan untuk mengenal kakak tingkat yang pastinya sudah lebih berpengalaman.
2. Menambah pengalaman baru
Kamu juga akan mendapat pengalaman baru tentang cara menjalankan sebuah acara, terutama jika sebelumnya di sekolah kamu tidak bergabung dengan OSIS.
Perlu diketahui jika mengurus sebuah acara akan melatihmu dalam banyak hal, terutama soal manajemen waktu dan diri.
Pengalaman ini bisa menjadi salah satu hal yang bisa kamu masukkan ke dalam CV.
3. Melatih soft skill
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ikut dalam acara kepanitiaan akan melatih dalam banyak hal. Beberapa hal tersebut adalah soft skill, seperti manajemen waktu, kemampuan berkomunikasi, bahkan melatih jiwa kepemimpinan atau leadership.
Macam-macam Divisi Kepanitiaan
Ada banyak divisi dalam suatu event kepanitiaan. Jika kau ingin bergabung di salah satunya, pastikan kamu sudah mengetahui tugas utama tiap-tiap divisi.
Berikut ini adalah macam-macam divisi kepanitiaan suatu acara beserta dengan penjelasan singkatnya:
1. Divisi Acara
Divisi satu bertugas untuk mengurus rangkaian acara secara keseluruhan, mulai dari konsep hingga pelaksanaannya secara umum.
Bisa dibilang, divisi satu ini adalah divisi yang paling banyak jobdesk-nya dan yang paling sibuk.
2. Divisi Humas dan Publikasi
Seperti namanya, divisi satu ini bertugas untuk membuat publikasi acara serta menyebarluaskannya pada masyarakat, seperti membuat poster sehingga membuat undangan acara/
3. Divisi Perlengkapan
Selanjutnya ada divisi perlengkapan yang pada intinya bertugas untuk menyediakan perlengkapan event. Divisi ini adalah salah satu yang paling banyak berhubungan dengan divisi lain.
4. Divisi Konsumsi
Setiap acara kepanitiaan tentunya membutuhkan bahan-bahan logistik agar event berjalan lebih nyaman. Divisi konsumsi inilah yang bertugas menyediakan dan menjadwalkan makanan/camilan untuk sebuah acara dengan baik.
5. Divisi Sponsorship
Mengingat suatu acara tidak bisa berjalan tanpa adanya dana, maka divisi sponsorship pun dibentuk. Divisi inilah yang bertugas untuk mencari dan mengatur sumber pendanaan dari pendonor dan melakukan kerja sama dengan pihak lain demi keberlangsungan acara.
6. Divisi Keamanan
Divisi kepanitiaan memiliki tugas utama untuk menjaga keamanan saat event berlangsung. Namun selain itu, divisi ini juga bertugas untuk mempersiapkan/menata kebutuhan acara bersama dengan Divisi Perlengkapan.
7. Divisi Dokumentasi
Sebuah acara kepanitiaan tidak lengkap rasanya tanpa ada dokumentasi. Maka dari itulah divisi ini kemudian dibentuk.
Seperti namanya, divisi satu ini bertugas untuk melakukan dokumentasi selama acara berlangsung dan bisa jadi mereka juga bekerjasama dengan Divisi Humas dan Publikasi.
Setelah mendapat penjelasan dari banyak divisi di atas, kira-kira kamu tertarik untuk bergabung dengan yang mana? Terlepas dari divisi dari acara kepanitiaan apa yang kamu pilih, pastikan untuk mengerjakan tugasmu sebaik mungkin, ya! ***