Sistem Pelacakan Pelamar (ATS) adalah perangkat lunak yang digunakan oleh organisasi untuk mengelola proses perekrutan. Ketika Anda mengirimkan lamaran secara online, ATS memindai resume Anda dan mengekstrak informasi seperti keterampilan, jabatan pekerjaan, dan latar belakang pendidikan.
Untuk meningkatkan peluang Anda lolos pindai ATS, Anda harus memahami cara kerja ATS sehingga dapat membuat resume sesuai dengan persyaratan ATS.
Apa itu sistem pelacakan pelamar?
Singkatan ATS merujuk pada sistem pelacakan pelamar. Ini adalah program perangkat lunak yang mengotomatisasi sebagian proses perekrutan untuk bisnis.
Daripada seseorang harus memindai berkas resume setiap hari untuk menentukan pelamar mana yang cocok untuk peran yang sedang dibuka, ATS melakukannya secara otomatis — menyortir dan memindai puluhan, ratusan, atau ribuan resume dalam sekejap.
Bagaimana cara kerja ATS?
Ketika memindai resume, ATS mencari informasi dasar seperti rincian kontak, jabatan pekerjaan, dan riwayat pendidikan. ATS juga mencari kata kunci yang diambil langsung dari iklan lowongan pekerjaan.
Resume yang menunjukkan kualifikasi minimum untuk suatu peran akan mencapai ambang batas tertentu dan dikirimkan kepada para rekruter dan manajer perekrutan untuk langkah selanjutnya dalam proses perekrutan, sementara resume yang di bawah ambang batas tersebut tidak akan melanjutkan tahapan ini.
Tips: Bagaimana Cara Menulis Resume yang Sesuai dengan ATS
Enam tips untuk membuat resume ATS
Saat membuat resume yang sesuai dengan ATS, Anda perlu mempertimbangkan beberapa faktor yang dapat membuat sistem pelacakan pelamar menolak lamaran Anda. Untuk menghindari hal ini, berikut enam tips agar resume Anda berada di jalur yang benar:
1. Gunakan template resume ATS
Template resume yang sesuai dengan ATS menggunakan desain minimalis yang kompatibel dengan proses sistem pelacakan pelamar. Sistem ini memilah-milah teks dalam resume Anda dan mengekstrak informasi berharga ke dalam perangkat lunak.
Jika sistem gagal mengidentifikasi beberapa informasi Anda, mungkin kata kunci atau kualifikasi penting terlewatkan.Dengan menggunakan template yang dirancang untuk ATS, Anda dapat menghindari hal-hal semacam itu.
Ingatlah bahwa tidak semua template resume sesuai dengan ATS, tetapi beberapa template telah diformat sebelumnya dengan ATS dalam pikiran, menggunakan bagian yang diformat secara minimal untuk memungkinkan ATS mengidentifikasi dan mengurutkan informasi dengan benar.
2. Beri label pada bagian resume dengan jelas
Pastikan bagian-bagian yang memiliki label yang jelas dan benar, seperti “Pengalaman Profesional,” “Pendidikan,” dan “Keterampilan.” ATS juga akan mencari bagian-bagian ini untuk mengidentifikasi persyaratan kunci seperti tahun pengalaman, gelar, sertifikasi, dan kata kunci.
3. Hindari judul, kolom, tabel, dan grafik
Banyak ATS hanya dapat membaca teks sederhana dan akan melewati konten yang ditempatkan dalam tabel, kolom, judul, kaki halaman, gambar, grafik, atau objek grafis lainnya.
Saat memilih atau membuat template resume yang sesuai dengan ATS, hindari objek-format yang mungkin membuat ATS tidak membaca seluruh informasi Anda.
4. Pilih font yang sesuai dengan ATS
Font yang sesuai dengan ATS adalah font yang umum, sederhana, dan mudah dibaca. Termasuk dalam daftar ini adalah Arial, Calibri, Cambria, Garamond, dan Georgia.
Ukuran font harus antara 10 hingga 12 poin, tergantung pada jumlah konten yang Anda miliki dan gaya yang Anda pilih.
5. Gunakan optimasi kata kunci
Setelah Anda memiliki tata letak yang sesuai dengan ATS, Anda ingin mengoptimalkan resume Anda dengan kata kunci yang telah diatur oleh pemberi kerja dalam ATS.
Resume yang diserahkan tanpa kata kunci ini seringkali langsung ditolak selama proses penyaringan.
Salah satu cara terbaik untuk menentukan kata kunci yang akan digunakan adalah dengan membaca deskripsi pekerjaan yang tertera dalam iklan.
Cari istilah yang spesifik untuk peran yang tercantum beberapa kali atau dianggap sebagai persyaratan dalam deskripsi pekerjaan. Jika Anda memiliki keterampilan atau kualifikasi tersebut, pastikan untuk menyertakannya dalam resume Anda.
Gunakan kata kunci di seluruh bagian-bagian resume, tetapi hindari penggunaan berlebihan. Optimalkan resume ATS Anda dengan kata-kata spesifik yang relevan, tetapi biarkan resume Anda terbaca (dipindai) secara alami dan bebas dari kesalahan tata bahasa.
Tips: Jika menggunakan akronim atau singkatan, seperti “MBA,” pastikan Anda juga menyertakan istilah lengkapnya, seperti “Magister Administrasi Bisnis.”
6. Pilih jenis file resume yang tepat
File PDF sangat baik dalam menjaga integritas data file tanpa mengorbankan integritas dokumen apa pun, tetapi mungkin tidak cocok dengan semua ATS. Ada ratusan jenis ATS yang berbeda, dan tidak semuanya menerima PDF.
Sebelum mengunggah resume Anda, pastikan Anda memeriksa daftar format file yang diterima. Jika tidak mencantumkan PDF sebagai opsi yang dapat diterima, unggah versi .doc atau .docx dari resume ATS Anda sebagai gantinya.
Template resume ATS
Saat merancang template untuk resume yang sesuai dengan ATS, ikuti garis besar berikut untuk membangun resume Anda dengan format dan struktur yang benar:
1. Nama dan informasi kontak
Letakkan nama Anda di baris atas diikuti oleh kota Anda, nomor telepon, dan alamat email Anda di baris kedua resume Anda.
2. Ringkasan
Sertakan ringkasan resume yang secara singkat menggambarkan keterampilan dan kualifikasi terbaik Anda untuk pekerjaan yang sedang dibuka. Ini adalah tempat yang bagus untuk memasukkan kata kunci.
3. Pengalaman (atau pendidikan)
Jika Anda memiliki pengalaman kerja yang relevan dengan tujuan karier Anda di masa depan, Anda harus mengikuti ringkasan Anda dengan bagian pengalaman yang jelas.
Sertakan semua pekerjaan yang relevan dari 10 hingga 15 tahun terakhir, sebutkan jabatan pekerjaan, nama pemberi kerja, lokasi kerja, dan tanggal pekerjaan untuk setiap entri.
Anda juga harus menyertakan beberapa poin berbentuk poin yang menggunakan kata kunci untuk menjelaskan kontribusi dan prestasi teratas Anda dalam setiap pekerjaan.
Jika Anda baru saja lulus atau tidak memiliki pengalaman kerja yang terkait dengan tujuan karir Anda, Anda mungkin ingin menyertakan bagian pendidikan Anda langsung di bawah ringkasan Anda.
Sertakan jenis gelar, bidang studi, nama institusi, dan tanggal kelulusan (jika dalam lima tahun terakhir). Anda juga dapat menyertakan poin-poin berbentuk poin yang menjelaskan kelas atau proyek yang relevan dalam bagian pendidikan jika pengalaman ini terjadi belum lama ini.
4. Pendidikan (atau pengalaman)
Tergantung pada bagian mana yang Anda sebutkan terlebih dahulu — pendidikan atau pengalaman — sebutkan bagian lainnya tepat di bawahnya.
5. Keterampilan
Bagian terakhir yang harus Anda masukkan dalam resume ATS Anda adalah bagian keterampilan. Sertakan frasa satu, dua, atau tiga kata yang sejajar dengan kata kunci dalam deskripsi resume.***
Baca Juga:
- Ekstrakurikuler Berharga untuk Ditampilkan dalam Resume, Beserta Contohnya
- Panduan Menulis Skill Komputer yang Efektif pada Resume Kerja, Disertai Contoh
- Panduan Membuat Resume Kerja sebagai Data Analis
Penulis: Carrera ZN