Campuspedia – Meterai elektronik (e-emetrai) menjadi salah satu hal masalah tersendiri bagi pelamar CPNS 2024. Salah satu penyebabnya adalah pembubuhan yang seringkali gagal atau error padahal mereka sudah membelinya berkali-kali. Namun jangan khawatir, pelamar yang sudah terlanjur membeli e-meterai bisa mengajukan refund atau pengembalian dana.
Masalah Pada e-Meterai CPNS 2024
Setelah diwarnai dengan web pendaftaran serta meterai elektronik untuk CPNS yang mengalami error maupun down, akhirnya pemerintah secara resmi mengundurkan jadwal pendaftaran hingga 10 September mendatang.
Pengunduran jadwal ini dilakukan setelah ada banyak pelamar yang mengeluhkan susahnya akses ke web SSCASN serta pembelian dan pembubuhan e-meterai yang gagal berkali-kali.
Sebelumnya diketahui jika dua hari sebelum penutupan pendaftaran (04/8) kuota e-meterai habis di banyak tempat, salah satunya Peruri. Tidak hanya itu saja, web pun juga susah diakses.
Masalah tersebut juga ditemui di web penyedia meterai elektronik lainnya, sehingga membuat banyak pelamar kebingungan karena mereka belum melakukan submit dokumen yang memerlukan tanda keabsahan ini.
Akhirnya kemarin (05/8) pemerintah pun memutuskan jika pendaftaran CPNS 2024 akan diundur. Tidak hanya itu saja, pelamar yang sudah membeli banyak e-meterai karena berkali-kali gagal melakukan pembubuhan atau karena error juga bisa mengajukan dana pengembalian atau refund.
Selain itu, pelamar yang masih belum juga bisa membeli atau melakukan pembubuhan e-meterai bisa menggunakan meterai tempel untuk keabsahan dokumen masing-masing.
Cara Mengajukan Refund atau Pengembalian Dana e-Meterai
Mengajukan dana pengembalian meterai elektronik memang bisa dilakukan oleh pelamar, tapi pengajuan refund harus memenuhi syarat berikut:
- E-meterai yang bisa di-refund hanya yang telah dibeli maksimal 3 hari dari tanggal invoice
- Pelamar hanya bisa melakukan pengajuan ke seluruh e-meterai dari satu invoice yang sama
- Pastikan jika kuota e-meterai mencukupi untuk mengajukan pengembalian dana
- Proses pengembalian dana akan memakan waktu maksimal 45 hari kerja
- Dana yang akan dikembalikan adalah sebesar 75% dari total pembayaran
Setelah memastikan syarat pengajuan refund e-meterai CPNS 2024 sudah terpenuhi, selanjutnya, pelamar bisa mengikuti langkah berikut:
- Siapkan data serta dokumen berikut:
- Nama lengkap yang digunakan untuk pembelian
- No HP yang digunakan untuk pembelian
- Bukti pembayaran
- Sisa kuota yang dimiliki
- Nomor invoice pembelian
- Tulis dan lampirkan data serta dokumen tersebut di email beserta penjelasan singkat mengenai pengajuan pengembalian dana/refund
- Tambahkan subjek “CASN-Pengajuan Pembatalan Pembelian meterai-elektronik.com”
- Kirim email ke [email protected]
Meski sempat diwarnai dengan beberapa masalah serta error dan down pada web pendaftaran CPNS 2024, kini pelamar memiliki waktu tambahan untuk menyelesaikan submit dokumen masing-masing. Jadi manfaatkan waktu ini sebaik-baiknya dan pastikan untuk cek lagi apakah berkas dokumen sudah sesuai ketentuan atau tidak sebelum di-submit. ***