Bangun tidur, hari Senin, cek email, ding dong! Ada email panggilan interview dari HR perusahaan yang kamu lamar! Kamu bahagia tapi panik, ini balasnya gimana, ya? Daripada bingung, begini cara balas email panggilan interview!
Tepat waktu dalam membalas
Sebelum memasuki tahap yang lebih jauh, pastikan kamu selalu cek email atau hidupkan notifikasi sebagai prioritas.
Ketika kamu menerima email panggilan interview, kamu harus membalasnya tepat waktu saat itu juga. Dengan membalas tepat waktu, kamu menunjukkan bahwa kamu antusias dan selalu siap untuk dihubungi. Makin menambah nilai plus kamu di mata HR, deh!
Baca juga: Body Language yang Perlu Diterapkan Saat Interview Kerja, Job Seekers Wajib Tahu!
Antusias dan apresiasi
Begitu hendak membalas, jangan lupa sampaikan salam dan rasa terima kasihmu di paragraf awal sebagai bentuk apresiasimu terhadap pertimbangan HR yang memilih dirimu ke tahap interview.
Setelah itu, kamu bisa menonjolkan rasa antusiasmu di akhir badan email dengan mengungkapkan keterarikanmu dalam mengenal perusahaan lebih jauh di tahap interview.
Atur jadwal interview
Biasanya dalam email panggilan interview kamu akan diberi opsi jadwal interview. Dari sini, kamu bisa cek ketersediaanmu dengan jadwal yang HR beri. Jika sesuai, maka kamu tinggal menyetujui.
Namun, apabila kamu berhalangan, kamu bisa meminta opsi jadwal lain dengan rendah hati. Dalam negosiasi jadwal, pastikan kamu yang mengusulkan jadwal yang bisa kamu hadiri. Jangan meminta HR untuk memikirkan opsi jadwal lain, karena di sini yang mengalami kendala adalah dirimu, jadi temukan solusi untukmu sendiri, ya, Sobat Minca!
Baca juga: Anti Ghosting! Begini Cara Follow Up Interview Kerja Beserta Contohnya
Ingin menolak tawaran? Harus tetap balas!
Dalam kasus ini, kamu sudah menemukan pekerjaan atau permasalahan yang lain sehingga mau tak mau kamu harus menolak panggilan interview yang ditawarkan.
Meskipun kamu sudah jelas tidak akan hadir, balasan darimu tetap diharapkan, lo! Balasanmu juga membuktikan bahwa kamu adalah orang yang asertif dan tidak hobi ghosting.
Kamu bisa membalas dengan ucapan terima kasih atas tawaran, dan diakhiri dengan permintaan maaf karena kamu harus menolak dengan beberapa alasan. Kamu juga bisa menambahkan harapan terbaikmu untuk perusahaan tersebut.
Bahasa yang efektif
Penggunaan bahasa bisa banyak mengartikan persona seseorang.
Gunakanlah tata bahasa yang formal dan mengikuti bahasa yang digunakan HR padamu. Jika dalam email panggilan interview yang HR kirim menggunakan bahasa Indonesia, balaslah dengan menggunakan bahasa yang sama.
Jangan menggunakan bahasa Inggris atau bahasa lain yang kamu pahami, karena akan menimbulkan kesan show off dan tidak sopan.
Gimana, jobseeker? Sudah menemukan kabar baik di kotak masuk email hari ini? Semoga apa yang kamu usahakan segera terbalas dengan hasil yang setara ya. Semangat!
Baca juga: Diberi Kesempatan Bertanya ke HRD? Ini Contohnya!
Jangan lupa untuk follow akun Instagram, LinkedIn, Facebook, Twitter, Youtube, dan Official Account LINE dari Campuspedia biar kamu up to date perihal informasi seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan hal menarik lainnya!
Hello There. I found your weblog using msn. That is a really well written article.
I’ll be sure to bookmark it and come back to read more
of your useful information. Thank you for the post. I will certainly return.