Halo Sobat Campuspedia! Kira-kira bagaimana sih cara mengatasi stres kerja? Rasanya tekanan atau masalah di tempat kerja yang terjadi terus-menerus tentu akan menimbulkan stres kepada seseorang yang mengalaminya.
Penyebab stres di tempat kerja pun bermacam-macam, seperti volume pekerjaan yang tinggi, bekerja di bawah tekanan, persaingan ketat sesama teman kerja, konflik dengan atasan atau teman kerja, merasa demotivasi, komplain yang terjadi terus menerus, ketidaknyamanan tempat bekerja, bahkan kritik pedas yang disampaikan di hadapan kita.
Nah, kali ini minca mau fokus ke masalah yang paling sering terjadi, yaitu gak tahan terima kritik! Apakah kamu sering mendapat kritik dan tidak mampu mengatasinya? Yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah.
Baca Juga: Ingin Jadi Best Employee? Miliki 7 Etika Kerja Berikut!
Kamu Selalu Cemas Saat Diserang Kritik?
Kebanyakan orang tidak memiliki kemampuan untuk menghadapi kritik dengan baik dan tepat. Ketika individu dihadapkan pada kritik pedas dari orang lain, seringkali mereka merespons dengan emosi yang negatif sehingga menimbulkan tekanan dan rasa tidak nyaman pada diri mereka sendiri.
Jika kamu pernah menghadapi situasi seperti itu, maka ada baiknya kamu belajar untuk mengontrol diri supaya kamu dapat lebih baik ketika menghadapi kritik yang menyebabkan tekanan atau perasaan tidak nyaman pada dirimu. Terdapat beberapa tips yang bisa kamu terapkan, antara lain
- Jangan menganggap kritik tersebut sebagai serangan pribadi
- Dengarkan dengan baik kritik tersebut
- Serap kritik dengan pandangan yang positif supaya tidak menjadi stres kerja yang berkepanjangan
- Pilih argumen yang dilengkapi dengan fakta
- Tarik napas, kontrol ekspresi wajah, dan intonasi suara. Sampaikan respons kamu dengan bahasa yang baik dan tepat
Baca Juga: Cara Membuat Blog Bisnis yang Efektif untuk Menghasilkan Uang
Sudah Memberikan yang Terbaik, Tetapi Kenapa Tetap Dapat Kritik? Kan Jadi Stres!
Minca paham kok gak enaknya dikritik padahal sudah memberikan hasil yang semaksimal mungkin. Merespons kritik memang akan menjadi tantangan yang sangat menantang, bukan? Terkadang kritik tersebut pun bisa menjadi pemicu stres kerja kamu lho, apalagi kalau ditambah faktor-faktor lain yang membuat kamu semakin merasa tertekan dan stres.
Bagaimana Cara Mengatasi Stres Kerja Tersebut?
Berikut terdapat 4 cara yang bisa kamu praktikan untuk mengatasi stres kerja.
1. Terima dengan Baik dan Tenang
Dahulu, dilakukan suatu penelitian yang menghasilkan data bahwa orang yang menganggap stres sebagai sesuatu yang dapat bermanfaat ternyata memiliki kondisi psikologis dan kinerja yang jauh lebih baik daripada orang yang menganggap stres selalu sebagai suatu hal yang negatif.
Ketika kamu mengalami stres, baik karena mendapat tekanan, diserang kritik pedas atau yang lainnya, cobalah untuk menerima dan menjalankan semua kondisi tersebut dengan pandangan positif. Lihatlah situasi dari sudut pandang yang berbeda dan carilah manfaat yang bisa kamu petik dari kondisimu tersebut. Dengan begitu, kamu mampu menghadapi apapun tantangan yang ada di depanmu.
2. Rencanakan Aktivitas (Buat Jadwal Harian)
Penting sekali untuk membuat perencanaan bukan hanya untuk jangka panjang, tetapi juga jangka pendek. Aturlah pekerjaan sesuai skala prioritas dan jangan lupa menjadwalkan untuk istirahat. Dengan begitu, pekerjaanmu tidak akan bertumpuk-tumpuk dan kamu dapat lebih fokus mengerjakan pekerjaanmu secara perlahan. Harapannya hasil kerjamu pun akan semakin baik dan kamu tidak terlalu stres karena terlalu banyak pekerjaan yang menumpuk tidak karuan.
Baca Juga: Tips Persiapan Menjadi Fresh Graduate
3. Ciptakan Hubungan Kerja yang Nyaman
Cobalah bersikap terbuka dan selalu berkomunikasi dengan baik sesama rekan kerja. Tidak ada salahnya jika kamu mencoba sharing mengenai stres kerja yang kamu alami. Dengan demikian, kamu tidak memendam masalah sendirian dan siapa tahu temanmu bisa membantu memberikan solusi untuk masalahmu.
Selain itu, kadang kita menganggap kritik sebagai suatu hal yang buruk karena kita salah menginterpretasikan makna dari kritik tersebut. Jika kamu mampu membangun hubungan yang baik dengan rekan kerjamu, maka kamu akan semakin mengenal mereka dan dapat menginterpretasikan kritik yang diberikan dengan makna yang tepat. Kritik itu tidak selalu buruk lho, ada yang bersifat konstruktif untuk kemajuan hasil kerjamu!
4. Istirahat Sejenak
Istirahatlah sejenak dari tugas yang sedang kamu kerjakan. Kamu bisa melakukannya dengan meminum kopi, ngobrol dengan teman, atau bermeditasi selama 5-15 menit. Saat waktu istirahat kerja, cobalah untuk menikmati sebaik mungkin waktu istirahatmu, lupakan sejenak masalah pekerjaanmu. Dengan beristirahat, pikiranmu pun jadi lebih tenang dan rilex sehingga kamu lebih mampu menyerap informasi dan berpikir lebih matang untuk menghadapi stres yang sedang kamu rasakan.
Semoga kamu semakin siap menghadapi apapun tekanan yang membuat kamu stres di tempat kerja, ya! Beberapa cara untuk mengatasi stres kerja di atas bisa kamu jadikan pegangan ketika kamu mengalami hal yang serupa di tempat kerja. Minca yakin kamu bisa jadi pekerja yang hebat, kok!
Untuk menjadi pekerja yang hebat tentu kamu juga membutuhkan skill yang bisa menunjang perkembangan kariermu menjadi lebih baik. Kamu bisa upgrade skill dan kompetensi kamu di online career class Campuspedia dan ikuti kelas-kelas yang sesuai dengan minat kamu di sini. Kepoin juga instagram Campuspedia Academy supaya kamu gak ketinggalan informasi seputar persiapan karier. Semoga berhasil!