Di era digital di mana penggunaan internet semakin luas dan masif, berbagai kesempatan untuk memperkenalkan banyak hal baru juga terbuka. Promosi besar-besaran suatu produk maupun suatu jasa menjadi hal yang biasa sekarang. Hal sulit bagi kita adalah bagaimana kita dapat mengemas suatu promosi sedemikian rupa hingga menarik perhatian. Inilah pentingnya kamu menguasai digital marketing.
Digital marketing merupakan kegiatan promosi atau pemasaran suatu brand atau produk menggunakan media digital, pastinya menggunakan internet. Hal ini dianggap lebih mudah dan cepat mengingat hampir seluruh lapisan masyarakat telah kurang lebih mengerti cara menggunakan internet. Tidak heran ketika lebih banyak perusahaan kecil maupun besar menggunakan digital marketing untuk menjangkau lebih banyak orang.
Demi menarik lebih banyak orang dalam promosinya, perusahaan menggunakan iklan semenariknya untuk menarik mata pelanggan.
Tidak hanya itu, kita sebagai pengusaha juga harus mengetahui setidaknya beberapa jenis digital marketing.
Beberapa Jenis Digital Marketing
Website
Mulai sekarang, wajah suatu perusahaan akan lebih dipercaya ketika mereka memiliki website sendiri. Website ini nantinya akan menunjukkan seberapa dedikasi dan seberapa profesionalisme suatu perusahaan. Konsumen juga akan lebih mudah mengetahui bisnis yang kita miliki.
Search Engine Marketing
Merupakan sebuah upaya yang dilakukan sedemikian rupa sehingga website yang kita miliki dapat muncul di laman pertama mesin pencari. Search Engine Marketing ternyata dibagi menjadi dua jenis yaitu Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM). Perbedaan keduanya terletak pada biaya dan kecepatan penggunaan. SEO cenderung lebih lama untuk digunakan namun gratis. Sementara menggunakan SEM harus membayar beberapa kepentingan. Keuntungannya adalah SEM lebih cepat dalam penggunaannya.
Social Media Marketing
Salah satu digital marketing yang digunakan secara masif disebabkan karena pengguna sosial media yang luas. Media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram menjadi lapak untuk mempraktekan digital marketing. Ini disebabkan karena biaya yang cenderung minim atau bahkan tidak mengeluarkan biaya sama sekali, dan jangkauan audiens yang lebih luas dan lebih cepat.
Baca juga: Membangun Personal Branding untuk Persiapan Karier di Era Pandemi
Online Advertising
Menggunakan internet sebagai media promosi. Jika kamu tertarik melakukan online advertising, kamu perlu merogoh kocek. Keuntungannya, kamu bisa mendapatkan konsumen jauh lebih cepat.
Email Marketing
Metode ini menggunakan email generator yang nantinya mengirimkan informasi terbaru produk atau promo yang sedang berlangsung ke email pelanggan. Ini menjadi salah satu cara paling disukai karena dilirik langsung oleh pelanggan dalam email mereka.
Video Marketing
Seperti jenisnya, kamu menggunakan media video untuk mempromosikan produk maupun jasa. Dari video, kamu juga bisa memasukkan testimonial pelanggan dan mendukung kualitas dari produk dan jasamu.
Anggaran sebuah digital marketing biasanya tergantung dengan jenis yang digunakan perusahaan. Namun, tanpa kamu harus mengeluarkan banyak uang pun, kamu bisa menggunakan pemasaran daring dengan baik. Yang terpenting, kamu harus mengerti beberapa hal mendasar dalam marketing seperti target konsumen, memahami apa permintaan pasar, rajin-rajin melakukan analisis website, dan yang paling penting kamu harus paham untuk menggunakan storytelling dan copywriting dalam digital marketing produk dan jasamu.
Nah, itu adalah sedikit pengetahuan tambahan terhadap jenis digital marketing Jangan lupa untuk follow akun Instagram, LinkedIn, Facebook, Twitter, Youtube, dan Official Account LINE dari Campuspedia biar kamu gak makin ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lainnya.
Very helpful. Thank you for the insights. Appreciate it.