Komunikasi merupakan hal yang umum kita lakukan sehari-hari. Tapi, apakah kita melakukan komunikasi efektif dalam keseharian? Komunikasi efektif itu apa? Well, komunikasi efektif adalah sikap saling memahami bahwa kita memiliki pandangan dan pemahaman berbeda terhadap suatu fakta, namun menggunakan pemahaman ini untuk berkomunikasi sehingga saling mempengaruhi orang lain. Komunikasi efektif tentu saja biasa kita lihat di tempat-tempat pekerjaan. Tapi, tidak salahnya kita juga ikut mempraktekkan komunikasi efektif dalam kehidupan sehari-hari kita.
Tapi, seringkali kita tidak memperhatikan beberapa hal berikut ini dalam berkomunikasi. Padahal, bisa saja terjadi miskomunikasi fatal jika hal ini tidak diperhatikan. Simak yuk apa saja yang harus dihindari ketika berkomunikasi.
1. Menolak Mendengarkan
Pertama dan paling fatal, jika dalam komunikasi kita menolak untuk mendengarkan orang lain. Baik itu karyawan, atasan, teman, pasangan, orangtua. Ketika kita menolak untuk mendengarkan, kita sebenarnya menolak untuk menghargai pendapat dan pesan orang lain. Padahal, bisa saja pendapat dan pesan orang lain itu dapat membantu kita. Nilai plus, ketika kita mendengarkan, kita bisa mencapai komunikasi secara lebih efektif.
Baca juga: Biar Gak Salah Paham! Pahami 6 Tips Jadi Pendengar Yang Baik
2. Takut Kritik
Siapa di sini takut dikritik? Konotatif kata kritik memang seringkali digunakan untuk hal negatif. Padahal, ada namanya constructive criticism yang berfungsi untuk membangun orang. Kita tidak perlu takut dikritik. Kritik dapat menjadi salah satu bentuk komunikasi efektif yang nantinya dapat membangun karakter kita nantinya.
Baca juga: Ini dia Tanda Kamu Mengalami Insecure dan 4 Cara Menghadapinya
3. Kecenderungan untuk Menyalahkan
Kebiasaan ini perlu banget kamu hilangkan kalau ingin tercapai komunikasi efektif antara kamu dan teman-teman kamu. Ketika kita menyalahkan orang, ada kecenderungan orang lain memberi respon defensive. Untuk menghindari terjadinya konflik akibat masing-masing kita tersinggung, lebih baik kita mengevaluasi diri kita dan mengakui kesalahan kita sendiri. Bukan hanya kita akhirnya mengetahui kesalahan kita, kita juga bisa belajar sehingga tidak mengulangi kesalahan kita ke depannya. Usahakan untuk mengevaluasi diri kita sendiri ya!
4. Bahasa Tubuh yang Tidak Sinkron
Siapa bilang komunikasi kita hanya terjadi lewat mulut? Kita bisa berkomunikasi lewat tubuh kita juga. Kita pasti familiar dengan konsep bahasa tubuh. Pastikan bahasa tubuh yang kita berikan juga sinkron dengan apa yang kita katakan. Jangan sampai bahasa tubuh kita menyiratkan hal yang lain sehingga terjadi miskomunikasi dengan orang lain. Jika hal tersebut terjadi, komunikasi kita antar kelompok nantinya tidak efektif.
Nah, berikut hal yang perlu kamu hindari ketika sedang berkomunikasi. Semoga bermanfaat untuk kita semua! Jangan lupa untuk follow akun Instagram, LinkedIn, Facebook, Twitter, Youtube, dan Official Account LINE dari Campuspedia biar kamu gak makin ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lainnya.