Halo Sobat Campuspedia! Bagi seorang marketer, penggunaan beragam platform untuk menunjang kegiatan content marketing mungkin sudah sering kali dilakukan. Maka dari itu, untuk menunjang hal tersebut, kamu wajib mengenal apa itu Google Ads untuk mendukung kegiatan pemasaran digitalmu.
Penggunaan tool Google Ads sebenarnya sangat beragam, tetapi yang paling umum adalah untuk menarik arus pengunjung ke situs perusahaanmu atau juga untuk meningkatkan penghasilan bisnis. Penasaran? Yuk, simak informasi berikut ini!
Baca Juga: Manfaat Personal Branding
Apa itu Google Ads?
Merujuk dari definisi yang diberikan oleh Google, Google Adwords atau yang sering dikenal dengan nama Google Ads adalah program periklanan yang memungkinkan kamu untuk memunculkan informasi dan tautan ke situs yang kamu miliki pada laman hasil pencarian di Google.
Biasanya, hal tersebut ditandai dengan penulisan Ad sebagai tanda bahwa situs tersebut sedang memanfaatkan tool Google Ads. Iklan tersebut dapat muncul baik di bagian atas maupun bawah hasil pencarian.
Baca Juga: Apa Itu Facebook Business Manager
Apa Saja Jenis Iklan yang Disediakan Google Ads?
1. Iklan Penelusuran
Iklan jenis ini menggunakan bantuan keyword untuk membuatnya secara otomatis memunculkan iklan dari bisnis yang sudah kamu pasang.
2. Iklan Display
Dengan iklan teks dan banner yang menyebar secara merata di seluruh jaringan Google yang terdiri dari 2 juta lebih situs dan aplikasi, dapat dipastikan bukan kalau nantinya iklanmu dapat menjangkau pelanggan di mana saja?
3. Iklan Video
Iklan jenis ini akan memasarkan bisnismu melalui video-video yang ada di YouTube. Sebuah cara unik dan efektif untuk menceritakan produk yang kamu tawarkan, bukan?
4. Iklan Aplikasi
Dalam hal ini, aplikasi anda akan dipromosikan melalui iklan yang nantinya akan ditampilkan di seluruh jaringan Google secara merata.
Baca Juga: Apa Itu Business Analyst
Lantas, Apa Saja Manfaat yang Akan Didapatkan Saat Menggunakan Google Ads?
Berikut ini beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan saat menggunakan Google Ads:
1. Kemudahan Saat Melakukan Target Iklan
Hal ini terjadi karena Google Ads dapat membantumu memilah-milah target pengunjung yang ingin kamu dapatkan setelah memasang iklan. Pastinya kamu hanya ingin mendapatkan pengunjung yang memang tertarik untuk mencari produk yang ditawarkan oleh bisnismu, bukan?
Biasanya hal ini didukung dengan penggunaan kata kunci yang ada di dalam bisnismu. Namun, Google Ads sendiri juga telah menawarkan beberapa cara efektif yang dapat kamu gunakan untuk menargetkan iklan pada setiap pengunjung . Berikut ini adalah beberapa caranya melakukan penargetan berdasarkan beberapa hal, yaitu:
- Kata Kunci
- Lokasi Iklan
- Hari dan Waktu
- Lokasi, Usia, dan Bahasa
- Perangkat
2. Kemudahan Saat Memperhitungkan Return On Investment (ROI) dan Mengoptimalkannya dari Waktu ke Waktu
Dalam bidang digital marketing, mencapai ROI semaksimal mungkin mungkin menjadi salah tantangan yang utama. Namun, dengan bantuan presentasi data yang ada di Google Ads yang mudah diolah dan ditelaah pastinya akan membuatmu lebih mudah mencapai tujuan pemasaran, bukan?
3. Memberikan Kendali Biaya
Google Ads juga memberikan suatu kendali kepada para kliennya mengenai suatu cara membelanjakan uang yang kamu miliki. Dari hal tersebut, kamu dapat menentukan seberapa besar biaya yang akan kamu keluarkan setiap bulan atau bahkan per harinya untuk setiap iklan yang akan ditampilkan. Dengan konsekuensi kamu akan membayar ke pihak Google setiap ada pengunjung yang mengklik iklanmu.
4. Kemudahan Saat Mengelola Kampanye Bisnismu
Dengan memanfaatkan tool Google Ads akan membuatmu mendapatkan alat yang bisa kamu gunakan untuk melakukan pemantauan dan pengelolaan akun dengan sangat mudah, lho! Hal ini disebabkan kamu nantinya dapat melihat dan mengelola semua akun dengan mudah hanya di satu lokasi saja.
5. Kemudahan untuk Mengukur Seberapa Jauh Bisnismu Sudah Berkembang
Dengan adanya tool Google Ads, pastinya dapat membuatmu lebih mudah saat memantau bisnis yang sedang kamu jalankan nih, Sobat Campuspedia! Entah untnuk melihat siapa saja yang mengunjungi situs bisnismu atau yang telah mengklik iklanmu. Hal ini dapat terlihat secara jelas melalui Google Ads.
Baca Juga: Psikologi Marketing
Yuk, Tingkatkan Pemasaran dengan Memanfaatkan Tool Google Ads!
Apakah kamu ingin mengetahui apa itu Google Ads? Apakah kamu ingin mendukung pemasaran di bisnismu?
Untuk menjawab semua pertanyaan dan kebingunganmu, kamu bisa nih ikutan online career class edisi “Google Ads: Power Advertising for Your Business” pada 21 Maret 2021 pukul 19.15 WIB bersama Dwinandha Legawa, Digital Marketing Specialist at FaberHost Indonesia. Jangan sampai ketinggalan, ya! Yuk daftar DI SINI!
What will you learn:
- Informasi Google Ads secara umum
- Konsep beriklan di Google Ads
- Google Search Ads
- Video di Display Ads
- Mengukur keberhasilan Google Ads
- Langkah evaluasi Google Ads
- Optimalisasi Google Ads
Fasilitas yang akan didapat peserta:
- Link webinar
- Modul dari mentor
- Exam
- E-Sertifikat
- Grup yang dapat digunakan sebagai ruang diskusi
Plus BONUS FREE VIDEO PLAYBACK yang dapat diakses secara bebas kapanpun dimanapun selama 10 hari.
Tertarik ikut kelas? Jangan sampai ketinggalan, ya! Yuk daftar DI SINI!