Campuspedia – Dalam kehidupan sehari-hari, istilah baru terus bermunculan, termasuk istilah-istilah dalam bahasa Inggris yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari maupun dunia kerja.
Bagi fresh graduate atau lulusan baru, mengenal beberapa istilah dalam dunia profesional adalah penting. Hal ini dilakukan untuk memudahkan komunikasi dan menghindari kesalahpahaman dengan rekan kerja yang lain.
Tidak hanya itu saja, mengenal istilah-istilah ini juga akan membantu seorang pekerja dalam berkomunikasi secara efektif.
Kira-kira, istilah dalam dunia kerja apa saja yang perlu diketahui tersebut?
Onboarding
Salah satu istilah yang mungkin akan seorang fresh graduate dengar pertama kali saat masuk dunia kerja adalah onboarding.
Istilah satu ini merujuk pada proses ketika seorang karyawan baru bergabung dengan perusahaan dan memulai pekerjaan barunya dengan masa perkenalan di lingkungan kerja.
Key Performance Indicator (KPI)
Jika memantau komunitas pekerja di media sosial, mungkin istilah KPI sering didengar. Istilah ini sendiri merujuk pada metrik yang digunakan untuk mengukur dan mengevaluasi hasil kerja, apakah sudah sesuai dengan apa yang telah ditetapkan atau tidak.
Outsourcing
Istilah berikutnya adalah outsourcing. Istilah ini merujuk pada penggunaan tenaga eksternal dari luar perusahaan untuk mengerjakan pekerjaan internal perusahaan.
Bisa dibilang, outsourcing merujuk pada penggunaan tenaga orang lain untuk mengerjakan pekerjaan kita.
Hal ini biasanya dilakukan karena perusahaan ingin menghemat biaya tenaga kerja dan meningkatkan efisiensi mengingat biasanya pekerjaan yang dilakukan pekerja outsourcing adalah pekerjaan dengan kemampuan tertentu yang memang sedang dibutuhkan saja.
Benchmarking
Benchmarking merupakan istilah dalam dunia kerja yang merujuk pada proses membandingkan diri dengan yang terbaik di kelas dan bidangnya. Tentunya, hal ini dilakukan untuk menentukan standar terbaik dari suatu proses atau kinerja perusahaan.
Turnover
Dalam dunia kerja, turnover merujuk pada sumber daya manusia, lebih tepatnya pada pergantian karyawan suatu perusahaan baik karena PHK, mengundurkan diri, maupun pensiun.
Umumnya, seseorang akan melihat tingkat turnover suatu perusahaan sebagai indikator kesehatan perusahaan tersebut. Umumnya, jika tingkat turnover perusahaan tersebut tinggi, atau sering berganti karyawan, itu artinya manajemen SDM-nya perlu dipertanyakan.
Payroll
Saat bekerja, tentunya seorang karyawan akan mendapatkan gaji. Nah, payroll adalah istilah yang berkaitan dengan gaji.
Payroll merupakan sistem penggajian karyawan. Biasanya, perhitungan payroll seorang karyawan terdiri atas gaji pokok, tunjangan, bonus, lembur, hingga potongan.
Stakeholder
Istilah dalam dunia kerja berikutnya yang harus diketahui fresh graduate adalah stakeholder. Stakeholder adalah para pemegang kepentingan dalam suatu perusahaan yang akan mempengaruhi keberhasilan suatu proyek.
Ada pun para pemegang kepentingan yang dimaksud, yaitu biasanya terdiri dari pemegang saham, karyawan, pemasok, hingga pelanggan.
Cc (Carbon Copy)
Cc adalah salah satu fitur dalam email di mana seseorang bisa mengirim salinan surat pada penerima lain selain penerima utama.
Umumnya, berbeda dengan penerima yang namanya tertulis di kolom “To”, penerima lain yang mendapat salinan email melalui fitur “Cc” ini biasanya tidak terlalu diharapkan balasannya. Fitur “Cc” ini digunakan supaya penerima mengetahui isi email saja, tanpa perlu membalasnya.
Itulah beberapa istilah dalam dunia kerja dalam bahasa Inggris yang fresh graduate perlu ketahui. Sebelum benar-benar bekerja, tidak ada salahnya untuk belajar lebih banyak tentang dunia professional agar nanti pekerjaan bisa terselesaikan dengan baik. ***