Campuspedia – Pendaftaran sekolah kedinasan 2024 sudah diumumkan sejak Senin lalu (15/05). Sudah ada beberapa sekolah kedinasan yang mengumumkan berbagai syarat umum yang harus dipenuhi peserta.
Namun sudahkah kalian mengetahui tata cara pendaftaran dan kelengkapan dokumen yang harus dipenuhi? Jika belum, simak selengkapnya berikut ini.
Syarat Kelengkapan Dokumen
Seperti yang telah diketahui, pendaftaran sekolah kedinasan 2024 telah diumumkan sejak 15/05 lalu. Sudah ada beberapa sekolah kedinasan yang mengumumkan pendaftaran resminya melalui web masing-masing.
Tentunya, seperti sekolah lainnya, sekolah kedinasan juga meminta beberapa dokumen maupun berkas pada peserta pendaftar.
Syarat dokumen apa saja yang harus dipenuhi peserta? Berikut ini adalah daftarnya:
- Kartu Keluarga (KK)
- Kartu Tanda Penduduk (KTP)
- Ijazah SMA atau sederajat (sesuai dengan permintaan masing-masing instansi)
- Rapor SMA atau sederajat
- Pas foto (ketentuan sesuai dengan permintaan masing-masing instansi)
- Dokumen lain sesuai dengan permintaan masing-masing instansi
Tata Cara Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2024
Setelah menyiapkan kelengkapan dokumen yang diperlukan, artinya kamu sudah siap untuk melakukan pendaftaran ke sekolah kedinasan pilihanmu.
Namun sebelumnya, cek kembali apakah kamu sudah memenuhi semua syarat, baik itu syarat dokumen maupun syarat lain.
Selain itu, kamu juga perlu cek apakah sekolah kedinasan pilihanmu sudah membuka pendaftarannya atau belum karena tidak sekdin sudah membuka pendaftarannya saat ini (17/05).
Jika sudah, artinya kamu siap untuk melakukan pendaftaran.
Pada dasarnya, pendaftaran sekolah kedinasan terbagi menjadi dua langkah utama, yaitu pembuatan akun SSCASN dan mendaftar ke sekolah. Berikut ini langkah-langkahnya:
- Membuat akun SSCASN sekolah kedinasan:
- Buka web https://dikdin.bkn.go.id/ untuk membuat akun dengan klik “Buat Akun”
- Masukkan data yang diminta oleh web, lalu klik “Lanjutkan”
- Lengkapi data yang diminta serta kode captcha yang tertera
- Unggah pas foto latar belakang merah dalam format JPG dengan ukuran minimal 120 KB dan maksimal 200 KB, lalu klik “Lanjutkan”
- Web akan meminta pendaftar untuk memeriksa kembali data yang diisi
- Setelah memastikan jika data sudah terisi dengan benar, klik “Proses Pendaftaran Akun”
- Cetak kartu informasi akun setelah pendaftaran berhasil
- Mendaftar sekolah kedinasan 2024:
- Login/masuk ke web https://daftar-dikdin.bkn.go.id/login dengan akun SSCASN sekolah kedinasan yang telah dibuat sebelumnya
- Unggah swafoto seperti yang diminta
- Isi kolom yang diminta oleh web
- Pilih sekolah kedinasan dan jenis formasi yang diinginkan (peserta hanya bisa memilih satu sekdin)
- Masukkan nilai rata-rata ijazah seperti yang diminta web
- Unggah dokumen sesuai dengan yang diminta web
- Web akan meminta peserta untuk cek kembali data yang telah dimasukkan
- Setelah memastikan data yang dimasukkan sudah terisi dengan benar, klik “Akhiri Proses Pendaftaran”, lalu pilih “Iya”
- Klik “Cetak Kartu Pendaftaran DIKDIN”, lalu Kartu Pendaftaran SSCASN Sekdin akan muncul
Sebagai catatan tambahan, peserta pendaftaran yang diperbolehkan mendaftar ke satu sekolah kedinasan yang membuka formasi pada 2024 ini. Maka dari itu, pastikan dulu jika kamu sudah yakin dengan pilihanmu atau belum sebelum mendaftar. ***