Campuspedia.id – Universitas Gajdah Mada (UGM) sedang membuka pendaftaran kuliah jenjang S2 (Magister) dan S3 (Doktor). Calon peserta dapat mendaftar pada program Pascasarjana semester genap tahun ajaran 2023/2024. UGM memberi peluang lebih banyak pada calon mahasiswa pascasarjana, karena terdapat beberapa perubahan aturan penerimaan mahasiswa baru.
Penerimaan mahasiswa dilakukan selama empat gelombang sepanjang bulan September hingga Desember tahun 2023. Pesan itu sudah disampaikan oleh Sektretaris Direktoral Pendidikan dan Pengajaran UGM, Dr. Sigit Priyanta, tentang adanya penyesuaian aturan baru dan memberikan kesempatan yang lebih luas kepada calon mahasiswa, sembari menunggu lembaga pemberi beasiswa.
Cara Daftar Magister S2 dan S3 UGM 2023
Calon mahasiswa dapat melihat studi apa saja yang di buka pada laman website ugm.ac.id, terdapat pilihan pascasarjana, kamu dapat masuk pada pilihan program studi. Di sana, calon peserta dapat memilih program studi mana saja.
Apa saja persyaratan yang perlu disiapkan untuk masuk program S2 dan S3 UGM 2023? Berikut dokumen dan data yang diperlukan untuk mendaftar:
- Ijazah asli S1 dari Program studi yang terakreditasi dan disetujui oleh Program Magister yang diikuti.
- Transkrip nilai asli program S1, IPK sesuai dengan kriteria sebagai berikut:
- ≥ 2,50 (skala 4,00) untuk pendaftar lulusan program studi akreditasi A
- ≥2,75 (skala 4,00) untuk pendaftar lulusan program studi akreditasi B
- ≥3,00 (skala 4,00) untuk pendaftar lulusan program studi akreditasi C
- Sertifikat akreditasi program studi S1, dengan ketentuan yang dapat dilihat pada laman ugma.ac.id
- Sertifikat hasil potensi akademik (maks 2 tahun dari diterbitkannya sertifikat) dengan ketentuan untuk jenjang S2: PAPs UGM: 450, TPDA PLTI:450, TPA Bappenas:500. Untuk jenjang S3: PAPs UGM: 500, TPDA PLTI: 500, dan TPA Bappenas: 500. Pendaftar wajib memenuhi skor minimal yang telah ditetapkan prodi tujuan skor minimum dapat dilihat pada laman um.ugm.ac.id).
- Sertifikat Toefl atau tes kemampuan berbahasa Inggris yang masih berlaku (maksimal 2 tahun dari diterbitkannya sertifikat). Panitia hanya menerima hasil tes sesuai dengan syarat, untuk jenjang S2: AcEPT UGM:149, TEOP PLTI:401 (31), IELTS: 4.0, iBT TOEFL: 30, TOEFL ITP: 400. Untuk jenjang S3: AcEPT UGM: 209, TOEP PLTI: 450 (31), IELTS: 5.0, iBT TOEFL : 45, dan TOEFL ITP : 450. Pendaftar wajib mempunyai skor besaran yang telah ditetapkan program studi tujuan (um.ugm.ac.id)
- Rekomendasi dari dua orang yang mengenal calon Mahasiswa pada program studi sebelumnya.
- Memenuhi syarat-syarat khusus: Berisi proyeksi calon mahasiswa dalam mengikuti program studi Magister yang berisi mengenai rencana topik penelitian, alasan, dan harapan dalam mengikuti program yang dipilih, rencana minat penelitian, dan rencana setelah menyelesaikan studi (format dapat dilihat pada penerimaan UGM). Untuk tesis diwajibkan bagi pelamar jalur by research.
- Surat izin tugas belajar dari instansi tempat kerja bagi pendaftar yang sudah bekerja (format dapat dilihat pada laman penerimaan UGM).
- Dokumen MoU (Momerandum of Understanding) atau PKS (Perjanjian Kerja Sama) atau Surat penetapan sebagai tanda diterimanya beasiswa (khusus pendaftar jalur kerjasama)
- Dokumen Surat Pernyataan Keaslian Dokumen (format dapat dilihat pada laman penerimaan UGM). Program studi sekolah Pascasarjana memiliki ketentuan standar tes potensi, IPK, dan hasil kemampuan bahasa inggris lebih tinggi dapat lebih dibanding yang sudah disyaratkan oleh Universitas.
Jadwal Pendaftaran Pascasarjana UGM Tahun 2023-2024
Informasi mengenai pendaftaran lebih lanjut dan menghubungi program studi tujuan. Jadwal penerimaan calon mahasiswa baru Pascasarjana UGM Tahun 2023 hingga 2024:
- Gelombang 1: Proses Pendaftaran online dan menggunggah dokumen: 26 September sampai dengan 10 Oktober 2023.
- Gelombang 2 Proses pendaftaran online dan mengunggah dokumen: 25 Oktober sampai 7 dengan November 2023.
- Gelombang 3 Proses Pendaftaran Online dan mengunggah dokumen: 21 November sampai dengan 5 Desember 2023.
- Gelombang 4 Proses Pendaftaran Online dan menggungah dokumen: 19 Desember 2023 sampai dengan 2 Januari 2024.
***
Referensi:
Kompas.com
Instagram @ugm.yogyakarta.com
***
Penulis : Yunita Ana