Menyampaikan opini dalam rapat kerja di perusahaan ternyata ada triknya, lho, agar pesan yang ingin diutarakan bisa sampai ke audiens tanpa harus menimbulkan kegaduhan.
Tentu, saat anggota ingin menyampaikan opini dalam rapat kerja di perusahaan harus berani atau tidak ragu namun tidak seenaknya, demi menghasilkan keputusan yang baik untuk tujuan bersama.
Nah, berikut ini adakah kumpulan tips yang bisa diterapkan untuk menyampaikan opini dalam rapat kerja di perusahaan.
Sampaikan Pendapat Tanpa Menerobos antrian
Pertama, adalah dengan menunggu giliran. Dalam hal ini usahakan untuk tidak memotong pembicaraan anggota lain yang sedang berpendapat dalam forum untuk menghargai hak asasi setiap orang dalam berpendapat.
Beri Ruang Orang Lain untuk Tidak Setuju
Dengan kata lain, orang yang menyampaikan pendapat secara bijak terbuka dengan umpan balik orang lain yang berbeda pendapat, sehingga ia tidak mudah tersulut emosi saat pendapatnya diterima ataupun tidak diterima.
Tidak Keluar dari Topik
Jika forum sedang membicarakan topik “A”, hendaklah berpendapat sesuai topik tersebut dan memahami kondisi yang terjadi, karena membicarakan sesuatu yang di luar konteks akan membuat diskusi berjalan tidak efisien.
Sampaikan dengan Bahasa yang Sopan
Menyampaikan pendapat menggunakan bahasa sopan yang mudah dipahami oleh semua kalangan akan memudahkan forum mendengarkan pendapat tersebut. Selain itu, bahasa sopan juga menghindarkan kelompok dari potensi kericuhan karena salah paham.
Gunakan Perumpamaan yang Sederhana
Seringkali orang yang sedang berpendapat akan menyampaikan perumpamaan atau analogi untuk memudahkan audiens. Jika memang diperlukan, gunakan perumpamaan yang mudah dipahami semua kalangan agar audiens tidak salah menafsirkan informasi yang disampaikan
Gunakan Intonasi yang Tepat
Pemilihan intonasi yang tepat akan membantu informasi tersampaikan dengan baik. Hindari menggunakan intonasi terlalu tinggi karena hal itu akan membuat seseorang seperti sedang marah, dan hindari pula berbicara terbata-bata karena akan menunjukkan keragu-raguan terhadap pendapat sendiri.
Pahami Informasi yang akan Disampaikan
Sebelum menyampaikan pendapat, pastikan terlebih dahulu telah memahami informasi yang akan disampaikan agar bisa memahamkan orang lain. Bisa diatasi dengan cara menyusun beberapa poin terlebih dahulu lalu dikembangkan sesuai versi sendiri.
Itulah cara menyampaikan opini saat rapat kerja di perusahaan.***
Source: Berbagai sumber
Penulis: Yunita
Editor: Tia Mardwi