Halo, Sobat Minca! Gimana yang baru lulus kuliah? Udah ada kabar baik dari perusahaan yang dilamar? Hari pertama kerja biasanya membingungkan, lo! Ada banyak hal yang baru kamu temukan dan banyak juga pelajaran yang harus kamu pahami dengan cepat.
Tentunya kamu juga haru bersikap baik dan patuh agar memberi impresi baik di perusahaan tempatmu baru bekerja. Jangan sampai penilaian yang kamu terima jadi kurang mengenakan karena ulahmu sendiri yang ceroboh.
Karena Minca baik hati dan tidak sombong, berikut tips hari pertama kerja yang harus kamu perhatikan, ya!
Jangan dibaca aja, praktikkan!
Datang Tepat Waktu
Waktu adalah uang, kata pepatah.
Meskipun tidak sepenuhnya bisa disamakan, kamu pasti setuju bahwa waktu adalah hal yang berharga. Jika ada janji bertemu dan temanmu ngaret pun pasti kamu jengkel. Benar, kan?
Saat hari pertama kerja, datang tepat waktu adalah kewajiban. Jika bisa datanglah jauh lebih awal agar ketika tiba, kamu bisa mempersiapkan diri terlebih dahulu di toilet.
Tentunya di perjalanan menuju kantor akan ada banyak kendala yang membuat penampilanmu tidak se-fresh ketika baru pertama kali bebenah diri. Belum lagi kota yang macet dan kendaraan yang asapnya tebal.
Jadi manfaatkan waktumu agar bisa datang lebih awal dan kembali merias diri sebelum bergabung dengan kolega nanti. Kamu tentunya tidak mau asap motor menempel di baju dan tercium oleh kolegamu, bukan?
Inisiatif Berkenalan
Sebagai anak baru, jangan malu untuk berkenalan!
Selain memberikan impresi yang terhadap antusiasme yang kamu miliki, kamu juga menjadi lebih bisa berkenalan secara personal, dan tidak perlu takut jika tidak ada yang mengajakmu berkenalan.
Berkenalan tidak hanya sekedar bertukar informasi, lo! Akan sangat bermanfaat ke depannya untukmu dalam membangun relasi, siapa tahu kamu bisa saling membantu dan menjadi teman dari ajang berkenalan.
Prepare Lebih
Akan ada banyak hal yang tidak terencana di hari pertama kerja. Persiapkan segala sesuatu dengan lebih agar kamu bisa berhati-hati.
Bawa pulpen lebih dari satu, buku catatan lebih dari satu, tisu, botol air minum, dan keperluan pribadi lainnya. Kamu tidak akan tahu apa yang akan terjadi begitu kamu sampai di kantor.
Jadi, better prepare than sorry!
Berani Bertanya
Selain wajib berkenalan, kamu juga harus mempunyai keberanian untuk bertanya apa pun yang belum kamu mengerti.
Misal, di mana meja kerjamu, dengan siapa kamu akan berkomunikasi lebih jauh perihal pekerjaan, divisi mana saja yang akan sering bekerja sama denganmu.
Hal seperti ini akan memberimu gambaran besar perihal bagaimana pekerjaanmu selanjutnya.
Kamu juga diperbolehkan bertanya ketika ada presentasi, lo! Dengan bertanya, kamu akan lebih jelas dengan segala sesuatunya dan mendapat impresi yang lebih baik!
Beretika dan Sopan
Kamu boleh pintar, cerdas, dan cekatan. Tapi jangan melupakan norma yang ada di masyarakat.
Sopan santun adalah budaya yang harus dijunjung tinggi di mana pun dan dengan siapapun. Apalagi di kantor, tempat kamu akan bekerja dan bersinggungan dengan banyak orang untuk jangka waktu yang lama.
Kamu harus paham etika, tahu di mana kamu harus berbicara dan mana yang tidak. Atau paham bagaimana berkomunikasi dengan baik dan menyampaikan maksud dengan jelas.
Jangan lupa juga untuk berpakaian sesuai ketentuan yang ada di kantor ya!
Karena biasanya akan ada guide perihal berpakaian di kantor-kantor tertentu. Jadi, stick to the rules!
Gimana, Sobat Minca? Sudah tahu kan hal apa yang harus kamu lakukan di hari pertama kerja? Meskipun ditekankan melakukan lima hal di atas untuk memberi impresi yang baik, kamu harus tetap konsisten dan terus melakukan hal tersebut meskipun sudah bekerja lama, ya! Karena tindakan di atas sesungguhnya akan memberi dampak pada dirimu, bukan orang lain. Jadi apapun yang kamu lakukan, akan menjadi penilaian untuk dirimu sendiri. Semangat!