Ketika dosen kamu minta kamu untuk menulis paper, atau makalah, atau essay sederhana, ada saatnya kita duduk terdiam, merasa tidak tahu apa-apa. Di sinilah keuntungan skill riset jadi jawaban atas segalanya. Kamu butuh skill riset. Kamu juga perlu tahu bagaimana riset yang benar. Dengan begini, kamu bisa menghemat waktumu dalam riset dan memaksimalkannya dalam kamu menulis.
Kenapa sih kamu perlu banget punya skill riset?
Skill riset merupakan salah satu skill yang penting dalam menulis. Baik ketika kamu menulis fiksi, apalagi ketika kamu menulis tulisan akademis. Tentunya riset menjadi salah satu keharusan buatmu. Tidak hanya itu, skill riset diperlukan supaya kamu bisa dengan efektif menghasilkan tulisanmu dan bisa dengan baik meng-expand yang sudah ada.
Punya tips bagaimana melakukan riset yang benar?
Tentu punya! Di simak, ya, Campuspedia Friends!
Mulai dari garis besar topik sebelum masuk ke detail
Jika kamu memusingkan detail sebuah topik sebelum mengerti garis besarnya, sama saja dengan kamu buang-buang waktu dan energi. Kamu harus tahu dulu setidaknya garis besar dan general information dari sebuah topik. Dengan begini, kamu dimudahkan dalam mencari detail dari topik yang disediakan.
Cari sumber yang reliable dan berkualitas dalam mendukung riset
Ini salah satu yang paling vital. Sumber yang kamu cantumkan harus bisa menjadi sumber yang terpercaya dan faktual. Kalau tidak, kamu bisa menyebarkan informasi yang tidak benar. Kamu tidak mau ini terjadi, kan?
Buktikan satu sumber informasi dengan sumber lain
Ada namanya validasi dalam sebuah riset. Ini yang membuat kita cukup lama dalam mengerjakan riset. Validasi sendiri membutuhkan kita untuk lompat dari satu sumber ke sumber lain untuk mengecek kesamaan data. Ini dilakukan demi memberikan informasi yang sungguh faktual dan reliable nantinya ke masyarakat.
Siap-siap menemukan jawaban berbeda
Ada saatnya kita memberikan hipotesis satu namun mendapatkan jawaban yang sepenuhnya berbeda. Hal ini wajar dan perlu kamu maklumi. Sebuah riset dilakukan untuk membuktikan informasi yang beredar benar dan untuk membetulkan ketika adanya salah persepsi. Tidak ada salahnya ketika ternyata dugaanmu melenceng setelah melakukan riset. Malah, ini hal yang bagus karena risetmu membuahkan hasil sehingga kamu mendapat informasi yang sepenuhnya baru.
Tetap terorganisir
Ketika riset, kamu bisa saja kelabakan akibat harus melompat dari satu sumber ke sumber lain. Kami sarankan agar Campuspedia Friends memiliki sistem organisir sendiri sehingga dapat dengan baik mengurutkan pekerjaan yang harus diselesaikan
Gunakan sumber dari perpustakaan
Jangan cuma cari dari dunia maya. Coba kita cari di perpustakaan sumber informasinya. Selain sedikit, kamu juga bisa mendapatkan informasi baru dari perpustakaan itu sendiri. Jangan takut untuk validasi ide ke perpustakaan, ya!
Semoga bermanfaat, Campuspedia Friends!
Baca juga:
- Skill Wajib Mahasiswa Miliki Biar Lancar Hadapi Revolusi Industri 4.0
- Tips Lancar dan Sukses Sidang Seminar Proposal Online