Jika kalian mengalami masalah dengan konten yang tidak terlalu menarik perhatian audiens, bacalah artikel berikut ini agar bisa merubah konten kalian lebih impactful!
Pahami Audiens Saat Akan Membuat Konten Impactful
Hal yang terpenting sebelum membuat konten adalah melakukan riset mengenai audiens atau target sasaran dari konten Anda. Umur mereka, jenis kelamin, hal-hal yang sesuai, karakter mereka, demografi, dan lain sebagainya. Jangan sampai kalian membuat konten tips menjadi guru sementara target sasaran dari akun kalian adalah para ibu rumah tangga. Tentu kalian harus membuat konten yang sesuai dengan karakter target yang kalian miliki.
Perhatikan Trend untuk Konten yang Impactful
Segala sesuatu yang mengikuti trend akan memberikan dampak positif pada konten kalian. Misalnya saat ini sedang hits “ikoy-ikoyan” oleh Arief Muhammad, maka buatlah konten yang serupa untuk meningkatkan engagement pada konten kalian. Pahami tren yang sedang terjadi dan lakukan adaptasi sesuai dengan karakter audiens kalian.
BACA JUGA: Berkarir Sebagai Programmer? Ini Serba Serbi Wajib Diketahui
Pastikan Konten Kalian Memiliki Tujuan!
Konten yang tidak memiliki tujuan akan sulit untuk mendapatkan perhatian dari publik. Kalian harus memberikan kategori dari tujuan konten yang ada. Misalkan ada konten yang bertujuan untuk sekedar memberi informasi, hanya sekedar untuk membangun interaksi dengan audiens, atau dengan melakukan hard selling dan soft selling sebuah produk agar penjualan tercapai. Dengan menetapkan tujuan, konten kalian juga akan lebih terstruktur nantinya.
Distribusikan Konten Kalian dengan Tepat!
Penggunaan media sosial yang tepat akan semakin mempermudah konten kalian diterima oleh masyarakat atau publik. Jangan sampai kalian salah menggunakan media sosial saat memberikan informasi, karena setiap media social memiliki karakternya sendiri-sendiri. Misalnya, jika di facebook atau instagram kalian bisa mendistribusikan konten-konten keseharian yang relate, tetapi belum tentu bisa diterapkan di Linkedin. Karena apabila di Linkedin kebanyakan informasi yang dibagikan adalah seputar karir.
BACA JUGA: Pentingnya Komunikasi Asertif untuk Mahasiswa
Lakukan Riset Keyword!
Agar tulisan kalian bisa muncul teratas dalam pencarian di google, teknik SEO atau Search Engine Optimize harus diterapkan. Untuk itu sangat penting melakukan riset terhadap keyword-keyword apa yang sering digunakan dan yang sering dicari oleh para pengguna google. Apabila kalian menggunakan kata yang sering dicari oleh audiens, maka kesempatan untuk muncul di pencarian google lebih besar.
Jadilah Beda dan Luar Biasa!
Konten yang monoton dan itu-itu saja tentu sangat membosankan bagi sebagian orang, karena sudah banyak informasi yang tersedia di kanal-kanal berita lain. Sangat penting untuk menjadi beda dan unik dalam teknik pengemasan konten. Carilah ide-ide yang bisa menarik perhatian audiens.
Gunakan Kata dan Desain yang Impactful
Salah satu elemen yang paling penting adalah kata-kata dan desain yang digunakan dalam pengemasan sebuah konten. Sedikit kata tentunya justru lebih menarik perhatian publik untuk membaca, karena mereka akan lebih fokus dengan kata tersebut. Selain itu pemilihan warna dan desain yang digunakan juga sangat berpengaruh. Gunakanlah warna-warna yang cerah untuk menarik perhatian. Atau jika tidak, kalian bisa menggunakan warna-warna minimalis agar lebih terkesan simpel. Gunakanlah elemen-elemen desain yang tidak terlalu mencolok.
Jangan lupa untuk follow akun Instagram, LinkedIn, Facebook, Twitter, Youtube, dan Official Account LINE dari Campuspedia biar kamu gak makin ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lainnya.