Halo Sobat Campuspedia! Kamu mau jumlah customer semakin banyak? Belajar digital marketing aja, yuk! Digital marketing merupakan suatu upaya pemasaran melalui media digital untuk menarik target konsumen supaya mau membeli atau menggunakan produk yang kamu pasarkan.
Banyak orang sudah merasakan bahwa teknik digital marketing terbukti berhasil meningkatkan persentase penjualan mereka. Dalam menerapkan digital marketing, tentu ada strategi-strategi yang harus kamu terapkan sesuai dengan produk yang akan kamu pasarkan. Setiap strategi pemasaran tentu erat kaitannya dengan produk kamu dan target pasar dari produk tersebut. Yuk, cari tahu strategi yang paling cocok untuk pemasaran produkmu!
1. Social Media Marketing
Salah satu cara promosi yang dianggap efektif dan bisa menjangkau target yang luas adalah dengan memasarkannya di sosial media, baik Twitter, Facebook, Instagram, dan lainnya. Dalam proses melakukan promosi di media sosial, tentu kamu butuh nih social media tools yang dapat membuat hasil promosimu semakin optimal. Beberapa contoh tools yang bisa membantu kamu, antara lain Sprout Social, Brandwatch Consumer Research, Keyhole, Iconosquare, Buzzsumo, dan Awario.
Tapi kamu pernah gak sih penasaran siapa ya orang di balik layar yang mengurus setiap perkontenan promosi brand di media sosial? Yap, jawabannya adalah social media manager! Social media manager adalah orang yang dipercaya untuk memonitor, mengeksekusi, menyaring, menyunting, bahkan mengukur keberhasilan suatu promosi yang dilakukan di media sosial. Seseorang yang berada di posisi ini harus sangat selektif dalam menyaring konten dan berhati-hati dengan setiap konten yang akan ditayangkan.
2. Instagram Ads
Kamu sudah kehabisan ide untuk promosiin produk kamu? Coba pakai instagram ads aja! Tahukah kamu bahwa per 2018 lalu jumlah pengguna instagram saat ini sudah mencapai sekitar 800 juta? Sebanyak 500 juta di antaranya merupakan pengguna aktif harian loh sehingga melakukan promosi dengan memanfaatkan fitur instagram ads tergolong efektif dan efisien. Namun, untuk mendapatkan customer yang banyak melalui konten di instagram ads tentu membutuhkan strategi yang oke supaya semakin menarik bagi para viewers instagram. Kamu penasaran bagaimana cara mengoptimalkan ads di instagram? Yuk, baca terus dan temukan jawabannya di akhir artikel ya!
Baca Juga: Jangan Anggap Remeh! Begini Cara Perencanaan Karier yang Tepat
3. Search Engine Optimization (SEO)
Salah satu teknik digital marketing yang sering digunakan adalah Search Engine Optimize (SEO). SEO berperan penting untuk meningkatkan brand awareness, meningkatkan penjualan, bahkan sebagai investasi jangka panjang. Jika website kamu memiliki beberapa kata kunci potensial dengan volume pencarian tinggi, maka artikel di website-mu pun akan berada di peringkat atas dan mendapatkan banyak pengunjung.
Pilihan penerapan SEO yang bisa kamu coba adalah dengan membuat blog pribadi. Langkah awal dalam membuat blog adalah memilih platform yang dapat memudahkan kamu untuk menulis. Terdapat berbagai platform blog yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan, mulai dari yang gratis hingga berbayar. Gunakanlah platform blog yang mudah untuk dioperasikan sehingga tidak akan menghambat kamu dalam mengunggah konten. Platform yang cukup ramah dan banyak digunakan adalah BlogSpot dan WordPress.
4. Content Marketing
Content marketing adalah cara untuk mengenalkan produk kita tanpa membuat target konsumen merasa kita sedang berjualan kepada mereka. Bahasa mudahnya, proses content marketing itu halus dan elegan.
“Content Marketing is like a first date. If all you do is talk about yourself, there won’t be a second date.” – David Beebe
Perlu diingat! Ketika membuat konten, hindari untuk cerita mengenai diri kita sendiri secara terus menerus. Melainkan, bangunlah hubungan dengan target konsumen untuk saling mengetahui keinginan dan kebutuhan satu sama lain.
Baca Juga: 6 Hal yang Harus Kamu Persiapkan Sebelum Melamar Kerja
Dalam content marketing terdapat 2 tipe konten, yaitu entertaining dan educating. Selain itu, ada juga tipe tambahan yaitu trading way dimana konten yang dibuat mengikuti arus konten-konten yang sedang nge-trend pada saat itu.
3 cara melakukan content marketing:
- Merencanakan (tentukan tujuan konten)
- Membuat kontennya
- Mempromosikan (promosikan konten melalui media sosial yang lain)
5. Influencer Marketing
Contoh strategi pemasaran dengan memanfaatkan influencer adalah dengan teknik endorsement. Dilansir dari QWord, endorse adalah bentuk promosi/iklan yang umum digunakan oleh banyak bisnis, mulai dari makanan, pakaian, hingga skincare dan makeup. Biasanya, iklan ini dilakukan secara online via media sosial, bisa dalam bentuk teks, foto, atau bahkan video. Endorsement dilakukan sebagai strategi marketing guna meningkatkan sales sebuah produk. Umumnya, para pebisnis menarik customer dengan menggunakan jasa influencer seperti selebgram. Telah terbukti bahwa produk yang diiklankan oleh influencer akan lebih laku dan bisa cepat viral.
Dengan melakukan endorsement produk kepada selebgram, produk akan dikenal lebih luas karena followers selebgram akan memperhatikan produk yang diposting melalui akun selebgram tersebut. So, pilihan yang bagus nih kalau kamu mau promosi menggunakan jasa endorsement!
Yuk, Persiapkan Strategi Terbaikmu!
Di zaman digital sekarang ini, banyak brand yang sudah memahami dan menerapkan strategi digital marketing. Untuk meng-upgrade skill kamu terkait strategi digital marketing, kamu bisa nih ikut kelas seputar digital marketing strategist dan langsung aja ambil paketannya biar makin lengkap!
Tapi min, pelaksanaan kelasnya sudah selesai. Aku kelewatan nih…
Tenang aja, friends! Kamu bisa beli GENIUS PACKAGE kok! Genius Package menyediakan fasilitas berupa video playback sehingga kamu tetap bisa mengikuti kelas walaupun pelaksanaannya sudah selesai. Yuk, segera daftar DI SINI!