Halo Sobat Campuspedia! Di jaman serba digital sekarang ini, para pebisnis yang mempunyai usaha offline berlomba-lomba untuk beralih menjadi usaha online. Proses pembelian yang praktis merupakan salah satu keunggulan dari online shop. Akan tetapi, tingkat persaingan pun semakin hari semakin sulit. Oleh karena itu, pebisnis harus mengetahui dan menggunakan strategi marketing yang tepat.
Bagaimana strategi yang tepat untuk meningkatkan penjualan? Simak trik berikut ini :
Mengaplikasikan efek kontras pada penjualan
Ketika melihat gambar di atas, bisa dipastikan bahwa yang pertama kali kamu lihat ialah titik berwarna hitam. Hal ini wajar karena pada dasarnya manusia lebih tertarik pada segalal sesuatu yang secara visual menonjol dari posisi sekitarnya.
Efek kontras seperti ini dapat diaplikasikan dalam strategi penjualan. Misalnya menggunakan warna hitam untuk harga normal suatu barang dengan warna merah untuk harga discount barang tersebut. Adanya perbedaan warna tersebut menunjukkan fungsi dari kontras sebagai penegasan terhadap perbedaan harga tersebut.
Selain perbedaan warna, efek kontras juga dapat digunakan dengan cara menggunakan ukuran font yang lebih kecil untuk harga discount dan menggunakan ukuran font yang lebih besar untuk harga normal. Trik ini membuat para pembeli tertarik dengan barang yang dijual, karena adanya persepsi bahwa font ukuran kecil menunjukkan harga yang lebih murah.
Menggunakan istilah yang menarik pembeli
Penggunaan kata seperti best seller atau terlaris memancing orang-orang untuk membeli barang tersebut karena ingin menjadi bagian dari tren. Mereka beranggapan bahwa adanya istilah-istilah tersebut berarti barang yang dijual sedang popular dan tentunya mereka tidak ingin tertinggal. Hindari penggunaan kata umum seperti recommended, dan diganti dengan kata “paling banyak dicari” dan “orang yang membeli barang ini juga membeli …” Peran dari kalimat ini, yaitu membangkitkan rasa percaya pada penjual karena mereka berpikir bahwa tokomu terjamin kualitasnya.
Mencantumkan jumlah stok
Secara psikologis, pembeli takut kehabisan barang yang diincarnya. Pencantuman jumlah stok yang tersedia akan membuat konsumen segera membeli dan membayar barang yang masih tersedia. Pencantuman ini juga memperjelas bahwa apabila konsumen tidak segera membeli barang tersebut, maka kemungkinan mereka akan menyesal karena barang tersebut tidak diproduksi lagi.
Nah, itu tadi trik marketing yang dapat kamu terapkan dalam online shop. Selain membaca trik di atas, kamu juga dapat menambah ilmu untuk meningkatkan penjualanmu dengan mengikuti kelas yang telah disediakan oleh Campuspedia loh, sobat. Mau tahu caranya? Gampang banget loh! Kamu hanya perlu ikutan kelas Online Career Class (OCC) Campuspedia edisi “Marketing Tips for Online Shop Business”
Siapa mentornya?
Julian Roelivansati, Content Creator & Social Media Marketer
Pelaksanaan:
Kelas ini akan diadakan pada tanggal 29 Oktober 2020 pukul 19.15 Via Zoom
Di kelas ini bakal bahas apa aja? Nih, cuplikannya :
- Jenis-jenis marketing di sosial media
- Langkah-langkah pembuatan timeline publikasi dan rencana campaign
- Tools yang bisa digunakan
- Fun Fact tentang publikasi di sosial media
- Praktik study case sederhana
Dapat fasilitas apa aja sih?
- Video playback yang bisa ditonton berulang dengan gratis.
- E-Certificate berskala nasional
- Modul materi yang langsung disusun oleh mentor
- Telegram grup yang dapat digunakan untuk ruang diskusi
Kamu bisa daftar kelas Online Career Class edisi “Marketing Tips for Online Shop Business” bersama Julian Roelivansati di sini.
Tertarik di bidang lain ? Jangan cemas! Campuspedia sebagai platform pendidikan siap membantu kamu lewat program Online Career Class yang aktif diadakan tiap bulannya untuk membantu kamu mengenali potensi dan karier yang menjanjikan di masa depan. Dengan mengikuti program Online Career Class, secara tidak langsung kamu juga sedang berinvestasi ilmu loh! Metode pembelajaran online pastinya akan membuat kamu lebih nyaman untuk memperdalam ilmu.
Media Informasi
Whatsapp : +6282131977070
Instagram : @campuspedia.academy