Hidup di era revolusi industri 4.0 membuat kita tidak asing lagi mendengar kata digital dan digitalisasi. Digitalisasi merupakan proses di mana membuat arsip dokumen dengan format digital. Salah satu pekerjaan yang terdapat di bidang ini ialah Digital Marketer.
Digitalisasi berkembang sangat pesat, terutama di Indonesia. Hal ini dibuktikan melalui penelitian Digital 2020 yang dilakukan oleh HootSuite dan We Are Social, Indonesia memiliki 175,4 juta pengguna internet per Januari 2020. Sementara itu, tingkat penetrasinya mencapai 64 persen. Dilansir dari Kompas.
Di Indonesia juga telah mengadopsi teknologi informasi serta digital di hampir segala bidang. Digitalisasi juga memengaruhi sektor perekonomian, khususnya terkait perusahaan bisnis yang ingin memperkenalkan produknya kepada masyarakat. Misalnya strategi door to door yang dilakukan agar masyarakat dapat melihat produk secara langsung sudah diganti menjadi pemasangan iklan, baik melalui perangkat elektronik maupun internet, di mana cara ini dinilai lebih praktis dan efisien.
Untuk mengoptimalkan pengenalan produk dengan strategi baru tersebut diperlukan seorang yang ahli di bidang pemasaran digital yang disebut sebagai Digital Marketer. Digital Marketer merupakan seorang yang mengupayakan pemasaran dengan menggunakan perangkat elektronik atau internet. Seorang yang bekerja di bidang ini harus memiliki konsep serta gambaran yang tepat mengenai promosi yang akan dilakukannya demi menunjang tujuan pemasarannya.
Berikut beberapa hal yang harus dimiliki sebelum memutuskan untuk menjadi Digital Marketer :
-
-
Berpikir kreatif dan strategis
Para pelaku yang berkecimpung di bidang ini harus memikirkan cara bagaimana suatu produk dapat memikat banyak konsumen. Cara yang digunakan juga harus memiliki keunikan, agar produk tersebut lebih mudah diingat dan dikenali oleh konsumen.
-
Menerima kritik dan selalu belajar
Berbicara mengenai digitalisasi, maka Digital Marketer harus paham bahwa setiap hari akan ada perubahan dalam dunia pemasaran. Oleh karena itu, mereka diharapkan untuk selalu belajar akan perubahan tersebut dan bersikap professional saat menerima kritik.
-
Komunikatif dan teliti
Dalam menunjang pemasaran, dibutuhkan pekerja yang dapat membangun komunikasi yang baik dengan konsumen. Selain komunikatif, mereka harus teliti dalam menganalisa data yang berkaitan dengan promosi produk agar meminimalisir kegagalan dalam pemasaran.
-
Mampu mengolah data
Pada bidang ini, keterampilan mengolah data sangat dibutuhkan. Berdasarkan data yang diambil tersebut dapat dianalisis bagaimana cara untuk mempromosikan suatu produk yang tepat sasaran dan tentunya efisien.
-
So, sudah siapkah kamu menjadi Digital Marketer?
Sobat Campuspedia, jangan lupa untuk follow Campuspedia di Instagram, Facebook, OA LINE dan juga di Twitter.