Mencari kerja pada masa pandemi seperti saat ini bukan perkara mudah. Terjadi kenaikan jumlah pengangguran yang signifikan sementara jumlah lowongan malah mengalami penurunan.
SMERU Research Institute, lembaga independen yang melakukan penelitian dan kajian publik, pada Agustus 2020 merilis catatan kebijakan mereka yang berjudul “Mengantisipasi Potensi Dampak Krisis Akibat Pandemi COVID-19 terhadap Sektor Ketenagakerjaan”. Dalam catatan itu, tim riset SMERU menggarisbawahi setidaknya ada dua implikasi krisis ekonomi yang dialami Indonesia pada sektor ketenagakerjaan. Pertama, peningkatan jumlah pengangguran, dan kedua, perubahan lanskap pasar tenaga kerja pasca-krisis.
Penuhi Kualifikasi dengan Benar!
Tips mencari kerja yang paling utama adalah pemenuhan seluruh poin yang disyaratkan. Tentu saja hal ini sangat penting karena persyaratan masing-masing perusahaan akan sangat berbeda. Nah biasanya persyaratan ini terdiri dari jurusan untuk jabatan yang dibuka, semester saat melamar, pengalaman kerja, hingga beberapa kualifikasi lainnya. Jangan memaksakan kehendak untuk melamar suatu posisi jika kualifikasimu memang tidak sesuai dengan yang diminta karena hasilnya akan sia-sia! Akan lebih baik lagi jika kamu memilih tempat kerja yang memang sesuai dengan kualifikasi dirimu ya!
Nah setelah kamu memenuhi syarat yang diminta, pastinya ada berbagai dokumen pendukung lainnya nih. Dokumen umum yang biasa disyaratkan saat melamar pekerjaan seperti curriculum vitae, portofolio, dan kartu identitas diri. Pastikan semua persyaratan dan dokumen pendukung terkirim tanpa ada yang kelupaan ya!
Pahami Latar Belakang Perusahaan dan Posisi yang Diincar
Tips mencari kerja yang kedua adalah kamu wajib memahami seluk beluk hingga akar perusahaan dan posisi yang kamu incar. Hal ini dilakukan demi menunjukkan ketertarikanmu yang mendalam kepada para HRD. Pertanyaan-pertanyaan seputar perusahaan dan posisi ini sudah pasti ditanyakan oleh para HRD. Walau memiliki pengalaman yang menunjang, kamu tetap bisa tereliminasi lo jika tidak mampu mengetahui latar belakang perusahaan secara pasti.
Sementara untuk posisi pekerjaan yang kamu lamar, setidaknya kamu wajib mengetahui tugas-tugasnya secara umum. Jangan sampai memaksakan kehendak jika memang kamu tidak sanggup memenuhi ekspektasi posisi tersebut ya! Kenyamanan dan kesehatan mental juga tetap penting lo untuk diperhatikan.
Uji Kelayakan Diri
Jika kamu memang sudah memenuhi kualifikasi dan telah memahami latar belakang perusahaan dengan baik, sekarang coba uji kelayakan dirimu! Buatlah berbagai pertanyaan yang kiranya terpikirkan dibenakmu. Catat dan kemudian jawab dengan hati nurani yang terdalam!
Uji kelayakan diri akan membantumu memantaskan diri di bidang tersebut! Jika kamu memang merasa memiliki kelayakan pada posisi yang kamu cari, maka satu tips di bawah ini akan menjadi kunci utamanya!
Siapkan Versi Terbaik dari Dirimu
Kemudian tips mencari pekerjaan selanjutnya adalah menyiapkan diri sebaik mungkin! Hal ini sehubungan dengan berbagai tahapan seleksi yang harus kamu lalui. Seleksi tersebut umumnya meliputi administrasi, psikotes dan tes ujian tertulis, hingga tes wawancara. Tenangkan diri dan lakukan yang terbaik dalam menjawab soal tersebut. Atau bahkan perhatikan penampilan kamu dan tunjukkan kelayakanmu.
Jika sudah memasuki tahap wawancara, biasanya HRD telah melihat bahwa kamu memiliki nilai jual dalam diri. Jangan sia-siakan kesempatan wawancara tersebut ya!
Namun…
Dibalik itu semua, cara kerja HRD menjadi sangat penting untuk kamu ketahui lebih dahulu! HRD di masing-masing perusahaan tentu memiliki cara kerja dengan ciri khasnya masing-masing. Jika kamu telah mengetahui hal tersebut, tentunya akan memudahkanmu masuk ke perusahaan yang kamu tuju lo!
Melalui Online Career Class yang diadakan oleh Campuspedia, kamu akan mengetahui itu semua!
Human Research Development adalah salah satu divisi yang wajib ada diberbagai perusahaan. Bertujuan untuk memaksimalkan sumber daya manusia yang dimiliki oleh perusahaan tersebut, HRD bertugas untuk mencari pekerja baru. Setiap orang yang menjadi bagian HRD memiliki sifat yang berbeda-beda. Sifat tersebut sedikit banyak mempengaruhi gaya kerja HRD dan proses rekrutmen. Bagaimana cara menghadapinya? Cari tahu selengkapnya di kelas online Campuspedia. Simak di Career Class edisi “Mengenal Gaya Kerja HRD dan Bagaimana Menghadapinya?”. Yuk daftar !
Cuplikan materi yang akan kamu pelajari di kelas ini:
- Menjelaskan tentang HRD dan perannya dalam sebuah perusahaan
- Memberikan informasi seputar gaya dan tipe kerja seorang HRD
- Membagikan strategi jitu mengembangkan personal branding agar dilirik seorang HRD
- Memberikan tips dan trik agar bisa menghadapi seorang HRD dengan berbagai tipe
Mentor kelas ini:
- Nanda Maulana, HR Employee Relations and HR Policy Maker Expert – Banking and Property Industry. Ia merupakan lulusan Sarjana Hukum dari Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya pada tahun 2012. Pekerjaannya berfokus pada hubungan pekerja sekaligus pembuat kebijakan perusahaan di salah satu Industri properti terbesar di Indonesia. Di kelas ini, Nanda akan berbagi ilmu terkait gaya kerja HRD dan bagaimana kita menghadapinya.
Kelas Ini Direkomendasikan Untuk:
- Mahasiswa
- Fresh graduate
- Job seekers
- Freelancer
- Kamu yang tertarik dengan materi kelas ini
Media Informasi
Whatsapp : +6282131977070
Instagram : @campuspedia.academy
Info lain : daftar kelas online edisi Agustus
Biar ga ketinggalan info seputar kampus, yuk follow official Instagram, facebook, twitter, dan LINE Campuspedia!
- Instagram : https://www.instagram.com/campuspedia
- Facebook : https://www.facebook.com/campuspedia
- Twitter : https://twitter.com/campuspediaid?lang=en
- Line : http://line.me/ti/p/~@dbh9820y
- YouTube : https://www.youtube.com/channel/UCPGrmZDHa5W4lCEudr8yYk
Comments 1