Halo Sobat Campuspedia! Siapa disini yang pernah kirim CV dan lamaran kerja via email ke HR? Coba tunjuk tangan? Siapa yang lagi nungguin respon email dari HR nih? Udah kirim email min, tapi kok ga di respon sama sekali ya? Okehh tenang-tenang. Minca punya solusinya! Simak tips berikut supaya HR notice email kamu!
Kalau dulu mengirim surat lamaran kerja harus ke kantor pos. Saat ini akibat kemajuan teknologi yang sangat pesat mengirim lamaran kerja tidak perlu melalui pos, tapi bisa via email. Dengan segala kemudahan yang ada terkadang kita lalai akan etika. Nah bisa jadi lamaran kamu tidak kunjung di respon alasannya terletak pada cara kamu mengirim email. Simak tips mengirim email berikut!
Baca Juga :Ingin Negosiasi Gaji Saat Lamaran Kerja? Pahami Tips dan Etikanya!
Perhatikan Jam Kirim Email
Kapan jam kirim email yang baik? Sebaiknya kamu mengirim email lamaran kerja jam 8-9 A.M atau jam 3-4 P.M karena jam segitu biasanya recruiter lagi screening kandidat. Di luar jam itu biasanya HR akan mengurusi hal lain. HR juga punya banyak kewajiban yang harus ditangani kawan! So, perhatikan baik-baik jam mengirim email. Jangan sampai kamu mengirim email jam 12 malem, bisa-bisa yang baca buka HR tapi makhluk halus *hiiiiii
Baca Juga : Jangan Salah Langkah, Ketahuilah Kesalahan Terbesar Fresh Graduate dari Sekarang!
Isi Subject Email
Jika subject kamu kosongi, email lamaran kerja kamu akan terlihat tidak jelas. Maka HR akan nge-skip email yang kamu kirim. Biasanya ada juga perusahaan yang memiliki subject email. Namun ada juga yang tidak. Kamu bisa menggunakan penulisan subject seperti:
(Nama) – (Posisi yang dilamar)
Don’t Forget Buat Nulis Body Email
Body email akan memperjelas maksud dan tujuan kamu mengirim email. Tulis body email dengan perkenalan diri singkat. Selanjutnya kamu bisa menambahkan dengan mempromosikan diri agar tecruiter tertarik untuk mewawancarai kamu. Dengan cara ini pasti lamaran kerjamu bakal di notice HR
Baca Juga : Psikologi: Info Jurusan yang Selalu Ramai Peminat
CV dan Berkas Lain Sebaiknya Dijadikan Satu Atau terpisah?
Untuk mempermudah HR sebaiknya CV dan berkas lainnya dijadikan dalam satu file PDF dengan CV di halaman pertama. Hal ini sangat memudahkan HR dalam menyeleksi karena tinggal klik satu kali buat mendownload semua file pelamar. Fyi aja nih guys, HR itu tiap hari menyeleksi banyak banget kandidat. So, mari kita permudah pekerjaanya. Oh iya, kalau perusahaan sudah ada ketentuan file-file nya dipisah. Ya tinggal follow their rule!
Gimana nih sobat Campuspedia? Sudah tercerahkan belum? Sudah tau letak kesalahan kamu pas ngirim lamaran kerja via email? Yuk segera diperbaiki. Good Luck buat kamu yang sedang berjuang melamar pekerjaan. Semoaga segera mendapat kabar baik buat panggilan interview.
Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, jangan lupa kepoin sosial media Campuspedia ya!
Instagram: @campuspedia
Youtube: Campuspedia
Twitter: @campuspedia_id
OA Line: @dbh9820y
Facebook: Campuspedia
LinkedIn: Campuspedia