Sebagai mahasiswa, kita selalu mendapat tugas dari Dosen. Mengerjakan tugas tentunya membutuhkan waktu dan niat dari kita untuk menyelesaikannya. Tetapi sering kali kita menemui hambatan ditengah perjalanan kita dalam mengerjakan tugas. Hal tersebut membuat kita menjadi tidak produktif dalam bekerja.
Berikut 4 hal yang perlu kamu perlu dihindari agar membuat kamu menjadi produktif saat bekerja.
1. Smartphone
Gangguan pertama yang sangat umum adalah smartphone. Gadget serba bisa yang satu ini saat ini menjadi kebutuhan primer bagi orang-orang. Smartphone tidak selalu merugikan kita, tetapi itu juga menjadi salah satu faktor yang mendorong kita untuk tidak produktif.
Sedikit distraksi saja, seperti bunyi nada dering, notifikasi yang muncul pada layar gadget kamu, dapat membuyarkan pikiran kamu seketika. Ketika kita sedang bosan, sebagian dari kita akan membuka aplikasi, entah itu social media, YouTube, atau game. Hal ini yang sedikit demi sedikit menghabiskan waktu kita. Dengan melihat aplikasi tersebut, kita juga lebih fokus untuk menonton daripada mengerjakan tugas kita.
Kita dapat mengatasi dampak buruk tersebut dengan menghiraukan gadget kita saat sedang bekerja. Fokus menyelesaikan pekerjaan sesuai deadline yang kamu tentukan menjadi kunci untuk melewati godaan yang satu ini.
2. Percakapan yang tidak penting
Mengobrol dengan teman atau rekan kerja dalam waktu yang lama dapat menghabiskan waktu kita. Akan sangat merugikan apabila hal yang dibicarakan tidak penting. Bukannya membatasi pembicaraan, tetapi kamu harus ingat dengan tujuan utama saat memutuskan untuk memulai pekerjaan.
Kamu dapat mengatur jadwal untuk berbicara dengan temanmu setelah pekerjaanmu selesai. Ini juga yang dapat membentuk jati diri kamu ketika sudah masuk dunia kerja.
3. Menunda
Menunda pekerjaan sering kali terlintas dalam benak kita bingung. Kita juga sering terjebak dalam situasi yang kerap kali mendorong kita untuk menunda pekerjaan. Satu masalah ini dapat kita atasi dengan mendisiplinkan diri.
Disiplin dapat dimulai dengan membagi pekerjaan menjadi beberapa bagian. Setelah dibagi, selesaikan dulu pekerjaan yang mudah dan memakan waktu yang relatif singkat. Pekerjaan yang sudah selesai akan memacu kamu untuk menyelesaikan pekerjaan lainnya.
4. Kedatangan teman yang tak terduga
Faktor ini jarang terjadi, tetapi akan membuat kepala pusing ketika kamu sudah membulatkan tekad untuk bekerja. Teman yang datang secara mendadak ke rumah/kost dapat mengalihkan perhatianmu. Yang dapat kamu lakukan untuk menghindari hal tersebut adalah katakan kepada temanmu, bahwa kamu sedang kewalahan mengerjakan tugas, sehingga perlu waktu lebih lama untuk menyelesaikan itu. Hal ini akan mendorong orang tersebut untuk bicara to the point tentang maksud kedatangannya menghampirimu. Ketegasan kamu menjadi kunci.
Kamu dapat mengatakan kepada temanmu untuk membicarakan hal ini saat makan malam atau esok hari. Hal ini akan membuat waktu temanmu tidak habis hanya menunggumu menyelesaikan tugas. Menghargai waktu orang lain juga menjadi poin penting.
Jadi, sudah tahu empat hal yang dapat mengganggu konsentrasi kita saat mengerjakan tugas, bukan? Semoga kamu dapat mendisiplinkan dirimu ketika sudah bertekad untuk mengerjakan tugas. Semangat!
Comments 2