Halo Sobat Campuspedia! Kamu pernah gak sih ngeliat produk yang dipasarkan suatu perusahaan (contoh: Pocari Sweat) tuh lakuuu bangetttt dan bisa jadi trending topic. Trus akhirnya kamu jadi penasaran deh kira-kira gimana ya cara marketing mereka biar laku kayak gitu?
Nah, jawabannya adalah …
Mereka menggunakan teknik Digital Marketing!
Baca Juga: Cek 7 Posisi Ini untuk Kamu yang Berminat Kerja di Bank
Hmmm.. Kayak sering denger ya..
Digital marketing merupakan suatu upaya pemasaran dengan menggunakan perangkat elektronik atau internet yang bertujuan untuk mendapatkan traffic, data, dan customer.
Upaya marketing tersebut sudah mulai diterapkan oleh banyak orang, salah satunya yaitu perusahaan Pocari Sweat.
Ternyata, ada banyak banget loh taktik dan media yang terlibat dalam digital marketing yang bisa kamu coba pelajari, antara lain:
- Search Engine Optimization (SEO)
- Konten Marketing
- Sosial Media Marketing
- Pay–Per–Click (PPC)
- Affilliate Marketing
- Native Ads
- Otomatisasi Pemasaran
- Email Marketing
Supaya kamu semakin paham, yuk intip contoh strategi pemasaran digital yang sukses diterapkan perusahaan Pocari Sweat!
1. Merombak tampilan website
Tampilan website www.pocarisweat.id dibuat lebih menarik dan interaktif supaya enak dilihat dan nyaman digunakan. Beberapa aspek yang dirombak, antara lain layout, informasi menarik seputar perusahaan, hingga beberapa games yang bisa dimainkan pengunjung saat menggunakan website tersebut.
2. Melakukan Digital Campaign
Campaign bernama EXPLORION yang dihadirkan Pocari Sweat mampu mengajak hingga 100 ribu partisipan dari seluruh penjuru nusantara dan berhasil mengumpulkan sekitar 500 ribu visit ke website-nya.
- Pocari Sweat menggunakan idol group JKT 48 dan AKB 48 sebagai brand ambassador.
- Penggunaan hashtag #deg2an juga berhasil menjadi trending topic di Twitter dan menghasilkan pertambahan followers sampai 5x lipat.
- Menghadirkan karakter fiksi bernama POCARIMAN yang berhasil menambah mention ke akun @pocariID hingga 300%.
- Menggunakan social messenger Line dengan membuat sticker POCARIMAN dan berhasil mencapai 1 juta download dalam waktu 2 bulan.
3. Bekerja Sama dengan Digital Agency
Pocari Sweat bekerja sama dengan digital agency XM Gravity selama 4 tahun. Kesuksesan melalui digital campaign dan bekerja sama dengan digital agency sukses membuktikan keberhasilan peningkatan penjualan produk, brand awareness, dan brand image secara signifikan.
Sampai saat ini, digital marketing masih menjadi strategi andalan para pengusaha kecil, UMKM, interpreneur, maupun perusahaan besar karena teknik pemasaran ini dinilai cukup efektif untuk mendapatkan konsumen baru. Selain itu, ternyata proses belajarnya itu tidak sesulit yang dibayangkan kok!
Baca juga: Hindari 5 Hal Ini dalam Menggunakan LinkedIn
Untuk kamu yang tertarik mempelajarinya lebih lanjut dan ingin menjadi salah satu orang yang sukses menerapkan strategi pemasaran, yuk ikut kelas online Campuspedia edisi “Basic Knowledge of Digital Marketing You Should Learn Vol:1” pada 3 Desember pukul 19.15-21.00 WIB bersama kak Anastasia Yoan dari Digital Marketing Specialist of maukerja.id dan Founder of DMTalks. Yuk segera daftar!
Di akhir kelas, peserta diharapkan dapat memahami:
- Apa itu digital marketing
- Apa fungsi digital marketing terhadap sebuah bisnis
- Strategi digital marketing
Garis besar yang akan dipelajari:
- Pengertian, fungsi, dan jenis-jenis
- Alasan harus belajar digital marketing
- Langkah implementasi strategi pemasaran untuk bisnis
- Cara menyita perhatian traffic agar melihat postingan produk
- Menyeleksi pasar dengan digital marketing
Fasilitas yang akan didapat peserta:
- Link webinar
- Modul dari mentor
- Donasi Covid-19
- Exam
- E-Sertifikat
- Grup yang dapat digunakan sebagai ruang diskusi
Plus BONUS FREE VIDEO PLAYBACK yang dapat diakses secara bebas kapanpun dimanapun selama 10 hari
Yuk tunggu apa lagi! Daftarkan dirimu segera di sini.