Jabar Future Leaders Scholarship 2020: Beasiswa Pendidikan Untuk Warga Jawa Barat

Apakah kamu warga Jawa Barat? Yuk simak beasiswa berikut!

Share on

Halo Sobat Campuspedia! Apa kabar kalian semua? Masih semangatkan untuk berburu beasiswa pada pandemi seperti saat ini? Ayo ikuti Beasiswa Jabar Future Leaders!

Jabar Future Leaders Scholarship merupakan program bantuan biaya pendidikan tinggi oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat kepada warga Jawa Barat yang sedang menempuh pendidikan jenjang D3, D4, S1, S2, dan S3 yang berprestasi baik dalam bidang akademik maupun non-akademik. Program ini memfasilitasi masyarakat Jawa Barat yang berkuliah di pendidikan tinggi dan berada di wilayah Jawa Barat. Pemberian beasiswa tersebut bertujuan menyiapkan generasi muda Jawa Barat sebagai calon pemimpin di masa depan. Setiap mahasiswa nantinya menerima manfaat bantuan biaya pendidikan serta program pembinaan dan pendampingan.

KATEGORI BEASISWA

Secara umum, beasiswa pendidikan JBF Scholarship dibagi menjadi dua kategori, yaitu beasiswa Prestasi Akademik dan beasiswa Prestasi Non-akademik.

A. Jalur Prestasi Akademik

https://beasiswa-jfl.disdik.jabarprov.go.id/uploads/Banner/Left.jpg
Pada program Jabar Future Leaders Scholarship – Prestasi Akademik memiliki 6 skema pembiayaan, yaitu:

  1. Beasiswa Pendidikan S1 Penuh (4 Tahun): berupa bantuan biaya kuliah. Besaran biaya kuliah tergantung UKT dari kampus bersangkutan dengan batas maksimal dari Pemprov Jabar.
  2. Beasiswa Pendidikan S2 (2 Tahun): berupa bantuan biaya kuliah sesuai persyaratan biaya dari kampus yang bersangkutan dengan batas maksimal dari Pemprov Jabar.
  3. Beasiswa Pendidikan S3 (4 Tahun): berupa bantuan biaya kuliah sesuai persyaratan biaya dari kampus yang bersangkutan dengan batas maksimal dari Pemprov Jabar.
  4. Beasiswa Pendidikan D3 PSDKU (3 Tahun): berupa bantuan biaya kuliah tergantung UKT dari kampus bersangkutan dengan batas maksimal dari Pemprov Jabar.
  5. Beasiswa Pendidikan D4/S1 PSDKU (4 Tahun): berupa bantuan biaya kuliah tergantung UKT dari kampus bersangkutan dengan batas maksimal dari Pemprov Jabar.
  6. Beasiswa Pendidikan D3/D4/S1 Percepatan Akses Pendidikan Tinggi (1 Tahun): berupa dana penunjang pendidikan diberikan satu kali.

Baca juga: HSE Global Scholarship Competition dan Dapatkan Beasiswa S1 di Rusia

Panjabaran Masing-masing Program

1. Bantuan Biaya Pendidikan Jenjang S1, D3 PSDKU, dan D4/S1 PSDKU

Ketiga jenis bantuan biaya pendidikan tersebut mempunyai persyaratan yang sama yaitu:

  1. Maksimal batas tahun kelulusan dari SMA/SMK/Pondok Pesantren/Sederajat adalah 3 tahun terakhir (merupakan lulusan 2017, 2018, 2019, dan 2020).
  2. Melampirkan nilai USBN dan jika ada UTBK. Batas rata-rata nilai adalah 6.0 skala 10 atau 60.0 skala 100.

2. Bantuan Biaya Pendidikan S2

Persyaratan:

  1. Berusia maksimal 35 tahun.
  2. Melampirkan transkrip nilai dengan IPK S1 minimal 3.0 skala 4.
  3. Skor TOEFL ITP minimal 500 atau iBT min. 61 atau TOEIC min. 600 atau IELTS min. 5.

3. Bantuan Biaya Pendidikan S3

Persyaratan:

  1. Berusia maksimal 40 tahun.
  2. Melampirkan transkrip nilai dengan IPK S2 minimal 3.0 skala 4.
  3. Skor TOEFL ITP minimal 500 atau iBT min. 61 atau TOEIC min. 600 atau IELTS min. 5.

4. Percepatan Akses Pendidikan Tinggi

Persyaratan untuk Mahasiswa Baru:

  1. Maksimal batas tahun kelulusan dari SMA/SMK/Pondok Pesantren/Sederajat adalah 3 tahun terakhir (merupakan lulusan 2017, 2018, 2019, dan 2020).
  2. Melampirkan nilai USBN dan jika ada UTBK. Batas rata-rata nilai adalah 6.0 skala 10 atau 60.0 skala 100.

Persyaratan untuk Mahasiswa Aktif:

  1. Melampirkan transkrip nilai dengan IPK minimal 3.0 skala 4.0.

Dokumen Pendukung Untuk Jalur Prestasi Akademik:

  1. Merupakan warga Jabar, dibuktikan dengan Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Jika saat ini belum mempunyai KTP bisa menggunakan Kartu Pelajar (SMA/SMK/Sederajat).
  2. Pas Photo ukuran 3 x 4.
  3. Surat keterangan diterima dari perguruan tinggi yang telah ditentukan (LoA Unconditional).
  4. a. Untuk pelamar Bantuan Biaya Pendidikan Jenjang S1, D3 PSDKU, D4/S1 PSDKU dan Percepatan Akses Pendidikan Tinggi yang merupakan mahasiswa baru: melampirkan SKHUN (bagi pendaftar lulusan 2017/2018/2019), Ijazah, dan surat hasil UTBK (jika ada). Serta Sertifikat TOEFL/IELTS (tidak diwajibkan/tambahan).
    b. Untuk pelamar Percepatan Akses Pendidikan Tinggi yang sedang berkuliah: melampirkan Kartu Tanda Mahasiswa serta Kartu Hasil Studi (KHS). Serta Sertifikat TOEFL/IELTS (tidak diwajibkan/tambahan).
  5. Untuk pelamar Bantuan Biaya Pendidikan S2 dan Bantuan Biaya Pendidikan S3: melampirkan Ijazah dan Transkrip Nilai sebelumnya. Selain itu peserta juga wajib melampirkan Sertifikat TOEFL/IELTS.
  6. Curriculum vitae.
  7. Essay menggunakan Bahasa Indonesia berkaitan dengan Statement of purposes ditulis minimal 400 kata.
  8. Surat pernyataan tidak menerima beasiswa dari sumber lain (download format disini).
  9. Menandatangani pakta integritas (download format disini).
  10. Melampirkan salinan PBB rumah dan penggunaan listrik di rumah. Apabila menggunakan token, bisa mengunggah bukti pembelian token yang menunjukkan keseluruhan penggunaan listrik selama satu bulan terakhir.
  11. Proposal penelitian sejalan dengan sembilan pembangunan Jabar (khusus bagi pelamar Bantuan Biaya Pendidikan S2 dan Bantuan Biaya Pendidikan S3).

Baca juga: Kartu Indonesia Pintar Kuliah PTS, Simak Informasinya!

B. Jalur Prestasi Non-Akademik

https://beasiswa-jfl.disdik.jabarprov.go.id/uploads/Banner/Center.jpg

Pada program Beasiswa Jabar Future Leaders Scholarship – Prestasi Non-Akademik, penerima akan diberikan dana penunjang pendidikan yang diberikan satu kali. Program beasiswa ini terbagi kedalam 4 bentuk prestasi, yaitu:

  1. Beasiswa Pendidikan D3/D4/S1 Prestasi Keagamaan (1 Tahun)
  2. Beasiswa Pendidikan D3/D4/S1 Prestasi Olahraga (1 Tahun)
  3. Beasiswa Pendidikan D3/D4/S1 Prestasi Seni dan Budaya (1 Tahun)
  4. Beasiswa Pendidikan D3/D4/S1 Prestasi Aktivis (1 Tahun)

Persyaratan Beasiswa Prestasi Non-Akademik:

  1. Maksimal tiga tahun terakhir dari batas tahun kelulusan SMA/SMK/Pondok Pesantren/Sederajat (Mahasiswa Baru Jenjang D3/D4/S1).
  2. Melampirkan nilai UN (bagi pendaftar lulusan 2017/2018/2019), USBN, dan jika ada UTBK, batas rata-rata nilai adalah 6,0 skala 10 atau 60,0 skala 100 (Mahasiswa Baru Jenjang D3/D4/S1).
  3. Memiliki surat keterangan diterima dari perguruan tinggi yang telah ditentukan (D3/D4/S1).
  4. Usia Maksimal 25 tahun (Untuk Mahasiswa Berjalan).
  5. Melampirkan transkrip nilai dengan IPK minimal 3,0 skala 4,0 (Untuk Mahasiswa Berjalan.
  6. Memenuhi persyaratan khusus berikut:
    a. Untuk pelamar yang mendaftar Jalur Prestasi Keagamaan: Hafal Al-Quran minimal 5 Juz (ditandai dengan sertifikat yang berlaku).
    b. Untuk pelamar yang mendaftar Jalur Prestasi Olahraga: Menjuarai Kejuaraan minimal tingkat Provinsi yang diselenggarakan oleh pemerintah dan/atau masyarakat (dibuktikan dengan sertifikat yang berlaku maksimal 3 tahun terakhir).
    c. Untuk pelamar yang mendaftar Jalur Prestasi Seni dan Budaya: Mengikuti dan mendapatkan apresiasi Karya Seni/Festival/Kegiatan minimal tingkat Nasional (Tim) dan tingkat Provinsi (Individu). Dibuktikan sertifikat yang berlaku maksimal 3 tahun terakhir.
    d. Untuk pelamar yang mendaftar Jalur Prestasi Aktivis: Berkontribusi aktif di Organisasi Kesiswaan, Kemahasiswaan dan/atau Kemasyarakatan (karang taruna) minimal dalam 3 tahun terakhir. Ditandai dengan rekomendasi organisasi terkait.

Dokumen Pendukung Untuk Jalur Prestasi Non-Akademik:

  1. Merupakan warga Jabar, dibuktikan dengan kartu keluarga (KK) dan kartu tanda penduduk (KTP). Jika saat ini belum mempunyai KTP bisa menggunakan Kartu Pelajar (SMA/SMK/Sederajat).
  2. Pas Photo ukuran 3 x 4.
  3. Kartu Tanda Mahasiswa untuk Mahasiswa Berjalan/On-Going.
  4. Surat keterangan diterima dari perguruan tinggi yang telah ditentukan (LoA Unconditional) atau Tanda aktif kuliah untuk mahasiswa berjalan/On-Going.
  5. SKHUN (bagi pendaftar lulusan 2017/2018/2019), Ijazah, dan surat hasil UTBK (jika ada).
  6. KHS (Kartu Hasil Studi) untuk Mahasiswa Berjalan/On-Going.
  7. Sertifikat TOEFL/IELTS (tidak diwajibkan/tambahan).
  8. Curriculum vitae.
  9. Essay menggunakan Bahasa Indonesia berkaitan dengan Statement of purposes ditulis minimal 400 kata.
  10. Surat pernyataan tidak menerima beasiswa dari sumber lain (download format disini).
  11. Menandatangani pakta integritas (download format disini).
  12. Melampirkan salinan PBB rumah dan penggunaan listrik di rumah. Apabila menggunakan token, bisa mengunggah bukti pembelian token yang menunjukkan keseluruhan penggunaan listrik selama satu bulan terakhir.

Cara Pendaftaran Program Jabar Future Leaders Scholarship:

Untuk mendaftar Beasiswa Jabar Future Leaders, peserta dapat membuat akun secara online pada link berikut: https://beasiswa-jfl.disdik.jabarprov.go.id:2019/. Klik tulisan DAFTAR. Apabila telah mendaftarkan diri, Login dengan menggunakan email dan password yang telah dibuat.

Selanjutnya siapkan berkas-berkas dokumen yang diminta. Isi formulir pendaftaran online dengan data-data yang diminta. Batas waktu pendaftaran sampai dengan 23 AGUSTUS 2020. Proses seleksi yang berlangsung berupa seleksi berkas oleh sistem, seleksi oleh pihak Perguruan Tinggi, selanjutnya seleksi oleh pihak Pemprov Jabar. Bagi peserta yang lolos seleksi akan diinformasikan melalui website dan Dinas Pendidikan Provinsi Jabar serta mendapatkan SK Penerimaan Beasiswa Jabar Future Leader Scholarship 2020.

Baca juga: Beasiswa AMINEF 2020, Belajar Gratis Satu Tahun Di USA

Timeline Pendaftaran dan Seleksi:

  1. 23 Juli s/d 23 Agustus 2020: Pendaftaran Beasiswa secara online
  2. 17 s/d 31 Agustus 2020: Seleksi Administrasi berdasarkan kelengkapan berkas dan persyaratan pendaftar
  3. 31 Agustus s/d 11 September 2020: Verifikasi oleh Perguruan Tinggi
  4. 9 – 18 September 2020: Seleksi oleh Tim Pemprov Jabar mengenai wawasan ke-Jawa Barat-an dan 9 Prioritas Pembangunan Jawa Barat.
  5. 21 s/d 28 September 2020: Penetapan SK penerima Beasiswa Jabar Future Leaders.
  6. 1 Oktober 2020: Pengumuman hasil seleksi penerima Beasiswa Jabar Future Leaders

Informasi lebih lanjut dapat diakses melalui laman resmi berikut beasiswa-jfl.disdik.jabarprov.go.id

Biar ga ketinggalan info seputar kampus, yuk follow official Instagram, facebook, twitter, dan LINE Campuspedia!

Baca juga:  Meraih Dua Emas di PIMNAS
Dwi Widyadnyana

Dwi Widyadnyana

A plan’s executor that learning law. Wandering as an advisor. Concerning charities and society welfare. Hi, everyone!

Recent News

Login to your account below

Fill the forms bellow to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.