Hingga saat ini, Indonesia tengah dilanda wabah virus Corona atau Covid 19 yang menghentikan beberapa kegiatan atau aktivitas keseharian kita. Masa pandemi ini tidak hanya berpengaruh terhadap dunia pendidikan tetapi berpengaruh terhadap perekonomian di Indonesia. Hal tersebut mengakibatkan macetnya bidang usaha atau bisnis baik berskala besar maupun kecil (UMKM). Macetnya suatu bisnis tersebut juga berpengaruh terhadap tingkat pengangguran di Indonesia, karena banyak pelaku bisnis yang gulung tikar dan menyebabkan terjadinya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) bagi karyawan yang bekerja. Hal tersebut berdasarkan pada data Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) menunjukkan jumlah karyawan yang terkena PHK karena pandemic Covid-19 per 20 April 2020 sebanyak 2.084.593.
Bagi para pelaku bisnis, masa ini menjadi tantangan tersendiri untuk tetap mempertahankan bisnis. Berikut adalah cara untuk mempertahankan bisnis kamu agar tetap berjalan! Markimak, mari kita simak!
- Cari peluang untuk menjalankan bisnis onlineSejak adanya kebijakan PSBB, kegiatan atau aktivitas sehari-hari menjadi terbatas. Namun, hal tersebut masih bisa dijalankan secara online rek!. Tidak ada salahnya bagi kalian pelaku usaha untuk melakukan perubahan dari bisnis offline menjadi bisnis online. Misalnya saja jika kalian memiliki usaha fashion secara offline store, kalian bisa melakukan usaha tersebut secara online store dengan memanfaatkan media sosial . So, kita harus cermat dalam mencari peluang untuk bisnis online rek!.Selama hal tersebut masih memungkinkan, tentu saja hal tersebut perlu dicoba!.
- Siapkan rencana bisnis baruBagi kalian para pelaku bisnis, persiapkan untuk membuat rencana bisnis yang baru untuk mengantisipasi risiko yang mungkin akan terjadi pada bisnis kalian kedepannya. Mulailah membuat rencana awal dan strategi baru sedetail mungkin agar bisnis kalian lebih terarah dan semakin mudah untuk berkembang sehingga roda bisnis kalian semakin lancar!. Dengan membuat rencana bisnis yang baru, kalian bisa meningkatkan kemampuan bisnis kalian saat berada di kondisi ekonomi ekstrem.
- Susun strategi marketing yang baru!Yapp,, saatnya move on dan mulai menyusun strategi marketing yang baru rek!. Strategi marketing memiliki peranan yang penting dalam dunia bisnis karena tujuannya untuk memasarkan produk atau jasa kalian kepada konsumen agar tepat sasaran. Menurut Tjiptono, strategi pemasaran adalah alat yang dirancang untuk mencapai tujuan perusahaan dengan mengembangkan keunggulan daya saing yang berkesinambungan melewati pasar yang dimasuki. Strategi pemasaran juga digunakan sebagai alat ukur hasil pemasaran berdasarkan standar prestasi yang telah ditentukan. Salah satu strategi marketing yang banyak digunakan oleh pelaku bisnis adalah digital marketing. Digital marketing adalah strategi pemasaran yang menggunakan media elektronik untuk mempromosikan produk bisnis. Digital marketing ini juga memiliki banyak keunggulan dari strategi marketing lainnya, salah satunya yaitu biayanya yang cukup ramah di kantong serta mampu menjangkau pasar yang lebih luas.Kepo mengenai strategi Digital Marketing? Skuyy, segera daftarkan diri kalian di Online Career Class Campuspedia dengan tema “Strategi Digital Marketing di Kala Pandemi” yang akan disampaikan oleh Irfan Prabowo (Senior Marketing Manager di Lemonilo) pada hari Jumat, 29 Mei 2020. Jangan lupa juga untuk follow Instagram campuspedia untuk info terbaru seputar pendidikan!