Teknik Sipil

Teknik

Deskripsi

Program studi Teknik Sipil mempelajari proses merancang, membangun, serta merenovasi, tidak hanya bangunan gedung, tapi juga infrastruktur jalan, jembatan, bendungan, dan infrastruktur lainnya. Mempelajari ilmu Teknik Sipil, kamu akan memahami unsur-unsur bangunan seperti beton, baja, aspal, dan lain-lain. Kamu juga akan memahami bagaimana perancangan struktur bangunan yang kuat, layak, dan efisien. Di jurusan Teknik Sipil kamu juga akan mempelajari dasar rancangan arsitektur. Teknik sipil punya peran yang sangat penting terhadap kehidupan manusia, ilmunya berkembang sejalan dengan kebutuhan dan pergerakan manusia. Kemajuan teknologi transportasi akan berpengaruh pada pembangunan infrastruktur, seperti perluasan jalan, pembangunan jalan toll, underpass, flyover, dan lain-lain. Perubahan lingkunganpun akan berpengaruh terhadap pembangunan. Unsur cuaca, iklim, struktur tanah, dan gempa bumi, menjadi pertimbangan penting dalam pembangunan gedung dan infrastruktur. Karena itu para profesional di bidang Teknik Sipil haruslah cermat dan teliti.

Keunggulan

Teknik sipil menjadi salah satu program studi yang punya peran penting dalam perkembangan suatu negara, terutama dalam pembangunan infrastruktur dan ekonomi. Sebagai negara berkembang, Indonesia sedang gencar melakukan pembangunan infrastruktur di mana-mana. Karenanya, para ahli di bidang Teknik Sipil akan sangat di butuhkan untuk menyukseskan pembangunan. Program studi ini menyediakan peluang untuk bekerja dan berkarya yang sangat besar. Syaratnya, kamu harus punya minat besar dalam bidang desain dan konstruki. Selain itu kamu harus menguasai matematika dan fisika dengan baik, sebab kedua bidang itu menjadi pondasi dalam pembelajaran Teknik Sipil.

Prospek

Perekonomian Indonesia masih berkembang, pembangunan masih akan berlangsung untuk jangka waktu yang cukup panjang. Jika kamu mengambil jurusan Teknik Sipil, kamu tidak perlu khawatir akan peluang kerja. Sejauh kamu memiliki kompetensi dan kualitas keahlianmu bisa diandalkan, maka kamu bisa bekerja di berbagai perusahaan properti, konstruksi, atau pengembang. Peluang kerja lulusan Teknik Sipil juga terbuka lebar di instansi pemerintah seperti di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Badan Perencanaan Nasional (BPN), dan BUMN yang bergerak di bidang konstruksi.

Mata Kuliah

1
Kalkulus
2
Fisika Dasar
3
Kimia Dasar
4
Pengantar Rekayasa dan Desain
5
Menggambar Teknik
6
Rekayasa Bahan Konstruksi Sipil
7
Matematika Rekayasa
8
Mekanika Fluida & Hidraulika
9
Mekanika Bahan
10
Mekanika Tanah
11
Rekayasa Hidrologi
12
Rekayasa Lalu Lintas
13
Analisis Struktur
14
Struktur Beton
15
Irigasi dan Drainase
16
Perancangan Geometrik Jalan
17
Manajemen Konstruksi
18
Struktur Baja
19
Utilitas Bangunan
20
Dasar- dasar Arsitektur
21
Teknik Pondasi
22
Konstruksi Jalan
23
Ekonomi Teknik
24
Rekayasa Lingkungan
25
Perancangan Perkerasan Jalan
26
Struktur Bangunan Tahan Gempa
27
Survei dan Pemetaan Lanjut
28
Manajemen Kualitas Konstruksi
29
Computer Aided Design (CAD)
30
Aspek Hukum Jasa Konstruksi

Karakter sesuai

Teliti
Tekun
Detil
Rasional
Observan
Terstruktur
Independen
Senang berhitung
Senang menganalisis
Senang melakukan riset
Bisa bekarjasama dengan team

Profesi Terkait

1

Analis Kontrol Kualitas

2

Manajer Arsitektur dan Insinyur

3

Drafter Arsitektur

4

Insinyur Sipil

5

Pengawas dan Penyelidik Properti Pemerintah

6

Manajer Kontrol Kualitas Sistem

7

Arsitek

8

Drafter Sipil

9

Teknisi Sipil

10

Pengawas Konstruksi dan Bangunan
Top