Global Korea Scholarship, Beasiswa Penuh S1 di Korea Selatan Lewat Jalur Kedutaan

Share on

Halo Sobat Campuspedia! Ada kabar baik nih bagi kamu yang ingin melanjutkan kuliah di Korea Selatan! Pemerintah Korea Selatan kembali menawarkan Beasiswa Global Korea Scholarship (GKS) bagi lulusan SMA/SMK/Sederajat yang ingin melanjutkan kuliah S1 di Korea Selatan! Beasiswa untuk berkuliah S1 di Korea ini rutin ditawarkan setiap tahunnya loh. Penasaran? Simak infonya di bawah ini ya!

Global Korea Scholarship (GKS)

Beasiswa yang disediakan oleh Global Korea Scholarship itu beasiswa penuh ya guys atau menanggung kebutuhan selama studi di Korea. Pendidikan berlangsung sekitar dua hingga tiga tahun untuk diploma (associate degree)  dan empat tahun untuk sarjana (undergraduate degrees). Plus akan menjalani kursus bahasa Korea sekitar setahun sebelum perkuliahan. Sehingga durasi total sekitar 3 atau 4 tahun untuk diploma dan 5 tahun untuk S1. Khusus bagi pelamar Indonesia, ada tiga jenis beasiswa GKS 2021 yang bisa dilamar. Yakni beasiswa diploma (setara D2), beasiswa S1 khusus jurusan natural science dan engineering via Universitas regional di Korea, dan beasiswa S1 via Kedubes Korea di Jakarta.

Beasiswa diploma (associate degree) menyediakan kuota sebanyak 35 beasiswa dan terbuka bagi 17 negara anggota ODA. Dari total kuota beasiswa diploma tersebut, Indonesia mendapat 2 kursi beasiswa. Selanjutnya, beasiswa S1 khusus jurusan natural science dan engineering via universitas regional Korea tersedia 60 kursi beasiswa keseluruhan untuk 72 negara. Di kategori beasiswa S1 via universitas ini, Indonesia memperoleh jatah 3 kursi beasiswa. Pendaftaran untuk kedua jenis beasiswa tersebut diajukan langsung ke universitas yang ada di Korea.

Terakhir beasiswa S1 via Kedubes Korea. Total beasiswa disediakan sebanyak 115 kursi yang dibagi untuk 67 negara. Khusus Indonesia, tersedia 5 kursi beasiswa melalui Kedubes Korea ini. Pendaftarannya melalui Kedubes Korea di Jakarta. Jadi, secara keseluruhan kuota beasiswa GKS 2021 untuk pelamar Indonesia dari tiga kategori di atas sebanyak 10 kursi beasiswa.

Baca Juga: Begini 5 Langkah Tepat Merencanakan Masa Depan Sejak Muda

Cakupan Beasiswa

  1. Gratis biaya perkuliahan (uang pendaftaran + tuition fee)
  2. Tunjangan hidup sejumlah 900,000 KRW (± Rp 11,2juta) per bulan
  3. Tunjangan kedatangan 200,000 KRW (± Rp 2,4juta) yang diberikan satu kali saat kedatangan di Korea
  4. Gratis kursus bahasa Korea selama 1 tahun sebelum perkuliahan dimulai (dilaksanakan di institusi bahasa di Korea)
  5. Asuransi kesehatan 60,000 KRW per bulan
  6. Tiket pesawat PP Indonesia-Korea pada awal dan akhir masa studi
  7. Tunjangan penyelesaian beasiswa senilai 100,000 KRW (± Rp 1,1juta) bagi yang berhasil menyelesaikan perkuliahan dan akan kembali ke Indonesia
  8. Tambahan Tunjangan Kemampuan Bahasa Korea senilai 100,000 KRW per bulan apabila pelamar memiliki skor TOPIK (Test of Proficiency in Korean) level 5 atau 6
Baca juga:  Fast Track UB: Semester 6 Lanjut Program Magister

Program Studi dan Universitas yang Tersedia

  • Universitas Tujuan Associate degree (diploma):

Chejuhalla University, Dong-Ah Institute of Media and Arts, nha Technical College, Kyungbok University, Yeungjin University dan Yeungnam University College.

  • Universitas Tujuan S1 Jurusan Natural Science dan Engineering:

Busan University of Foreign Studies, Chungnam National University. Chonnam National University, Daegu University, Daejeon University, Dongseo University, Handong Global University, Hannam University, Inje University, Jeju National University, Kangwon National University, Keimyung University, Kongju National University, Konyang University, Kyungpook National University. National Korea Maritime & Ocean University. Pai Chai University, Pukyong National University, Pusan National University, Semyung University, Silla University, Soonchunhyang University, Sun Moon University dan Sunchon National University.

  • Universitas Tujuan S1 (Via Kedubes):
    Tipe A: Ajou University, Duksung Women’s University, Ewha Womans University, Hanyang University, Konkuk University, Kookmin University, Korea Polytechnic University, Korea University, Kyung Hee University, Seoul National University, Seoul National University of Science and Technology, Sookmyung Women’s University, Sungkyunkwan University dan Yonsei University.
Tipe B: Busan University of Foreign Studies, Chungnam National University, Chonnam National University, Daegu University, Daejeon University, Dongseo University, Handong Global University, Hannam University, Inje University, Jeju National University, Kangwon National University, Keimyung University, Kongju National University, Konyang University, Kyungpook National University, National Korea Maritime & Ocean University, Pai Chai University, Pukyong National University, Pusan National University, Semyung University, Silla University, Soonchunhyang University, Sun Moon University dan Sunchon National University.

Program studi yang ditawarkan ada berbagai macam, seperti Teknik Mesin, Teknik Sipil, Teknik Lingkungan, Ekonomi, Psikologi, Administrasi Bisnis, Sosiologi, Desain, Musik, Biologi, Komunikasi, Arsitektur, Akuntansi, Teknik Informatika, dan masih banyak lagi. Informasi program studi yang tersedia bisa dilihat selengkapnya pada link berikut: http://www.studyinkorea.go.kr/JobBoard. Kemudian download file GKS-U Available Department.

Baca Juga: Mahasiswa Baru Fakultas Hukum 2020, Wajib Baca 3 Hal Ini!

Persyaratan Beasiswa

  1. Berusia di bawah 25 tahun per 1 Maret 2021 (Lahir setelah 1 Maret 1996) dan merupakan warga negara Indonesia
  2. Memiliki kesehatan yang baik, jasmani maupun rohani
  3. Telah lulus atau akan lulus SMA/sederajat per 1 Maret 2021 (tidak memenuhi syarat bagi mereka yang telah bergelar sarjana atau lulusan SMA di Korea)
  4. Memiliki nilai rata-rata komulatif di atas 75% (dari 100%) atau berada dalam peringkat 25% terbaik selama SMA/sedarajat (untuk pelamar diploma)
  5. Memiliki nilai rata-rata komulatif 80% (dari 100%) atau berada dalam peringkat 20% terbaik selama SMA/sederajat (untuk pelamar sarjana)
  6. Belum pernah menerima beasiswa dari pemerintah Korea sebelumnya
  7. Bagi yang lulus SMA di Korea (termasuk sekolah internasiona di Korea) atau memiliki gelar sarjana tidak dapat mendaftar ke program ini
  8. Lebih diutamakan bagi pelamar yang memiliki kemampuan bahasa Korea atau Inggris
  9. Pelamar dari keluarga berpenghasilan rendah atau latar belakang kurang mampu diutamakan.
  10. Untuk dokumen yang dibutuhkan, dan formulir aplikasi bisa download di sini (DOWNLOAD FORM). 

Baca Juga: Kupas Tuntas Jurusan Oseanografi, Program Studi Kelautan dengan Peluang Kerja Tinggi

Prosedur Pendaftaran

A. Pendaftaran melalui Jalur Kedubes Korea 

Untuk mendaftar Beasiswa S1 Korea GKS Jalur Kedubes Korea, pelamar dapat mengirimkan berkas dokumen yang disebutkan di atas, ditujukan kepada:

  • Kedutaan Besar Korea
    Jl. Gatot Subroto Kav. 57
    Jakarta – 12950
    Telp. 021 – 2967 2555
Baca juga:  Segera Daftar! Beasiswa Jardine Foundation, Kesempatan Kuliah di Universitas Oxford dan Universitas Cambridge

Batas waktu pendaftaran Beasiswa S1 Korea GKS Jalur Kedubes Korea sampai dengan OKTOBER 2020 (batas waktu pendaftaran masih menunggu pengumuman resmi dari pihak Kedubes Korea). Seleksi awal akan dilaksanakan oleh Kedubes Korea dilanjutkan seleksi tahapan kedua oleh pihak NIIED. Masing-masing universitas nantinya akan mengadakan seleksi akhir dilanjutkan konfirmasi dari pihak kandidat pada pihak NIIED. Pengumuman hasil akhir para penerima beasiswa melalui website www.studyinkorea.go.kr. Para penerima beasiswa berangkat ke Korea pada 23 Februari 2021.

Apabila ada yang ingin ditanyakan tentang pendaftaran Beasiswa S1 GKS Jalur Kedubes Korea, dapat langsung menghubungi kontak Kedubes Korea di Jakarta, dengan nomer Telp. 021 – 2967 2555 (08:30 – 16:00) atau email: [email protected].

B. Pendaftaran melalui Jalur Universitas

Pendaftaran Beasiswa S1 Korea GKS Jalur Universitas dilakukan pada masing-masing universitas di Korea (September – Oktober). Pelamar harus mengecek langsung tata cara pendaftaran beasiswa pada website universitas yang diminati termasuk mengajukan dokumen aplikasi di atas. Batas waktu pendaftaran ditentukan oleh masing-masing universitas. Silakan hubungi PIC dari masing-masing universitas pada kontak yang tersedia (Lihat pada Bagian Appendix C Formulir Pendaftaran)

Seleksi pertama berupa wawancara dilanjutkan seleksi kedua pada awal November 2020. Pengumuman akhir para penerima beasiswa dilaksanakan pada 8 Januari 2021 melalui website www.studyinkorea.go.kr. Para penerima beasiswa berangkat ke Korea pada 23 Februari 2021.

Baca Juga: 6 Kampus dengan Jurusan Psikologi Terbaik di Indonesia!

Nah itu tadi info tentang beasiswa dari Global Korea Scholarship! untuk kalian para pejuang beasiswa! Catat tanggalnya dan siapkan diri sebaik-baiknya. Semangat raih mimpimu ya Sobat Campuspedia! Sebelum mendaftar, pastikan telah membaca seluruh ketentuan pendaftaran dan informasi mengenai beasiswa ini pada website: http://www.studyinkorea.go.kr Biar kamu ga ketinggalan info seputar beasiswa dan dunia pendidikan, pastikan untuk follow official InstagramLinked In, FacebookTwitterYoutube dan Official Account LINE Campuspedia!

Baca juga:  Beasiswa S1 Lester B. Pearson Ke Universitas Terbaik di Kanada, University of Toronto!
Mitha Sinayang

Mitha Sinayang

I am a second year Communication Science Student at Universitas Sebelas Maret with practiced communication skills. I am creative, reliable, and dedicated. Passionate about music, book, movie and love to meet new people!

Recent News

Login to your account below

Fill the forms bellow to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.