UNTUKMU CALON MAHASISWA BARU, INILAH 10 TIPS SUKSES MENEMBUS UJIAN SBMPTN YANG Perlu Kamu LAKUKAN

SBMPTN adalah ajang pencarian mahasiswa baru yang mungkin bisa dikatakan pintar atau beruntung. Mungkin diantara kita, masih banyak yang bertanya-tanya “Kok masuk PTN itu susah banget ya??” atau.. “Pengen banget masuk PTN ‘A’ tapi kayaknya ketat banget.” atau “Aduuh aku kayaknya nggak bodoh-bodoh amat tapi kenapa mau kuliah di PTN ‘B’ susah banget sih..” dan masih banyak pertanyaan-pertanyaan lainnya..

Percaya dan bukalah matamu lebar-lebar bahwa bukan cuma kamu yang berpikiran demikian. Di luar sana mereka juga merasakan dan berpikiran yang sama denganmu. Hanya saja mereka memberikan usaha yang luar biasa untuk mencapai tujuannya.

Untuk memenangkan persaingan yang super ketat dalam SBMPTN, diperlukan kerja keras, konsistensi, dan strategi yang tepat. Tanpa ini semua, kesuksesan menembus SBMPTN akan sulit didapat. Nah berikut ini kami coba bagikan tips-tips menghadapi ujian SBMPTN yang bisa kamu lakukan. Semoga membantu..

1. Kenali Dirimu Sendiri
Seorang jendral militer dan ahli strategi perang Cina kuno Sun Tsu, menuliskan bagaimana memenangkan peperangan, “Kenali musuh dan kenali dirimu sendiri, dan dalam ratusan peperangan Kamu tidak akan terkalahkan; kalau Kamu hanya mengenali diri sendiri tanpa mengenali musuh , kemungkinan kalah dan menang seimbang; kalau Kamu tidak mengenal musuh dan juga dirimu sendiri, Kamu bisa dipastikan kalah”. Kamu dapat kenali diri sendiri dengan melakukan introspeksi kelebihan dan kekurangan Kamu. Kamu bisa melakukan psikotes untuk mengetahui bakat, minat , termasuk kepribadian kamu. Atau mungkin misalnya kamu ingin mengetahui berapa sih kemampuan akademik yang bisa ku capai ? Maka ikutilah berbagai macam Try Out yang diadakan oleh beberapa kampus, atau mungkin di jejaring sosial.

2. Siapkan Motivasi dan Mental Baja
Apa yang memotivasimu untuk melanjutkan kuliah di PTN? Kamu harus menemukan jawaban atas pertanyaan ini karena motivasi itu sangat penting untuk membakar semangatmu dalam pertarungan SBMPTN.

3. Buat Target!
Kalau misalnya sampai sekarang pun kamu jika diberikan pertanyaan : “Mau milih jurusan apa nanti ? Pada umumnya banyak sekali yang akan menjawab “masih bingung nih”. Padahal SBMPTN sudah menanti didepan mata, Oleh karena itu, buatlah target dengan membuat keputusan memilih jurusan di  PTN sejak dini, tentunya dalam hal memilih jurusan harus disesusaikan dengan bakat dan minat.

4. Membuat Timeline dan Tujuan yang akan Dicapai
Timeline disini bisa berbentuk jadwal belajar untuk mempersiapkan ujian SBMPTN atau hanya timeline tujuan yang harus kamu capai setiap hari/minggu/bulannya.
Misalnya: Hari Senin, tanggal 11 April 2016: Saya harus menguasai soal TPA minimal 60%. Hari Sabtu 16 April 2016: Passing Grade saya harus di atas 50%, dll

5. Berlatih soal-soal SBMPTN. Ya iyalah, kalau nggak latihan soal gimana belajarnya hehe

6. Jaga Kesehatan!
Selama berjuang mempersiapkan diri untuk menghadapi SBMPTN, jagalah kesehatan Kamu. Usahakan jangan tidur larut malam untuk membuat tubuh tetap sehat. Biasanya, sehari sebelum SBMPTN banyak peserta yang merasa galau, cemas, dan akhirnya membuat kondisi tubuhnya menjadi drop. Tentu hal ini akan merugikan diri kamu sendiri, dan para peserta yang lain justru akan berterimakasih atas hal itu.

Kamu tentunya tidak ingin hal tersebut terjadi bukan ?. Maka dari itu, mulailah mengonsumsi makanan yang bergizi, olaharaga teratur agar metabolisme tubuh Kamu semakin kuat dan lebih siap lagi dalam menghadapi ujian tulis nanti.

7. Tenang dan konsentrasi saat ujian berlangsung. Banyak loh kejadian orang tidak lolos SBMPTN karena terburu-buru dan panik dalam mengisi soal. Konsentrasi saat mengerjakan soal dan kerjakan soal yang dianggap mudah terlebih dahulu. Jangan buru-buru mengerjakan soal yang sulit dahulu, karena soal gampang atau sulit itu bobot nilainya sama. Jangan lupa pakailah jam tangan saat test agar kamu bisa mengatur waktu saat mengisi soal SBMPTN.

8. Hindari Kesalahan Teknis !

Memang sih kelihatannya sepele, kita hanya perlu menghitamkan lembar jawaban. Tapi disini saya ingin menekankan bahwa banyak juga peserta SBMPTN yang gagal hanya karena kesalahan kecil. Hal-hal yang perlu diperhatikan untuk menghindari kesalahan seperti ini. Pilihlah pensil 2B, serutan pensil penghapus yang berkualitas. Sedapat mungkin hindari menghapus karena proses menghapus yang tidak bersih betul dapat terbaca oleh scanner dan akibatnya fatal.

Ketika menerima lembar jawaban kerja (LJK), perhatikan apakah LJK tersebut kualitasnya baik seperti cetakan jelas, tanpa coretan dan tidak terlipat.
Jangan menghitamkan LJK kalau belum yakin itu sebagai pilihan jawaban yang  tepat. Setiap kali mengisi usahakan periksa kembali data yang kamu isikan, apakah sudah hitam benar , tidak berada dalam satu kolom dengan data lain dan sebagainya.

9. Lupakan dan Tinggalkan. Sesudah mengerjakan test SBMPTN, jangan menanyakan soal-soal yang kamu kerjakan kepada teman atau siapapun agar kamu nggak stress atau terlalu percaya diri sam apa yang sudah kamu kerjakan. Lebih baik diam, tinggalkan, dan lupakan. Go move on 

10. Berdoa. Tips terakhir ini paling penting. Usaha tanpa diiringi doa akan jadi sia-sia.

Kalau persiapanmu sudah matang, artinya kamu sudah siap untuk ujian dan tinggal menunggu pengumuman keluar saja.

Source: InspiraID dan diteruskan oleh Line@ Campuspedia

LINE : http://bit.ly/campuspedia
IG : https://www.instagram.com/campuspedia/
Ensiklopedia Campus !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *