MOONSHOT THINKING: MENYASAR 10 KALI LIPAT KESUKSESAN, BUKAN 10% PENINGKATAN

Semua orang pasti paham betul kalo sekarang ini eranya inovasi. Banyak barang dan penemuan baru yang dulunya kita sangka ngga akan ada. Sayangnya, kita juga jangan terlena hanya ingin menikmatinya.

Saya pernah baca kalo inovator teknologi di luar negeri sana aja lagi resah, karena di saat dunia menantikan mobil terbang, eh inovasi termutakhir malah 140 karakter (Twitter maksudnya). Jelas, ini bukan cuma salah mereka. Tapi juga salah kita! Kenapa kita masih duduk manis nunggu inovasi baru? Tanpa ada daya upaya untuk bikin perubahan besar.

Bener banget kalo kata Larry Page, CEO Google, “Not enough people are focused on big change!”. Rasanya, kita memang perlu mengubah mindset kita yang cenderung terkungkung oleh keadaan. Apalagi di tengah situasi dunia yang masalahnya bukan main banyaknya. Mulai dari pendidikan, kemiskinan, energi, sampai iklim.

Apa iya, setiap hari kita mau gini-gini aja dan menutup mata dari masalah-masalah global seperti itu? Kalo udah terlanjur pesimis, karena ngga tau caranya mencapai ke sana, at least coba rombak pola pikir kita dulu.

Kita coba deh pola pikir revolusioner, yang disebut moonshot thinking! Kita harus mulai tergerak memecahkan masalah besar yang bersifat global dengan pemecahan yang bukan hanya biasa-biasa saja. Kedengarannya gila dan ngga mungkin? Memang!

Larry Page pun pernah bilang, “If you’re not doing some things that are crazy, the you’re doing the wrong things,”. Nah loh.

Larry Page ngga cuma asal ngomong. Dia sampai bikin Google X yang berbasis mentalitas moonshots! Google X yang didirikan awal tahun 2010 ini berupaya mengidentifikasi dan menerapkan hal-hal yang sulit diwujudkan. Contohnya, barang-barang yang kita tonton dalam film fantasi science-fiction. Jadi deh, Google X mulai bikin mobil yang bisa nyetir sendiri, Google Glass, sampai otak buatan berupa sekelompok komputer yang menjalankan algoritma canggih selayaknya manusia.

Tentunya ngga sebatas itu, Google X pun punya Solve for X. Solve for X itu semacam platform untuk diskusi dan ngembangin project yang khas moonshot. Platform ini sudah punya pola yang jelas. Kalo ada masalah yang besar dan global, berarti perlu solusi yang radikal, serta terobosan teknologi atau sains untuk mewujudkan solusi itu. Kombinasi ketiga hal tersebut adalah esensi dari teknologi ala moonshot.

Moonshot thinking itu ibarat nargetin 10 kali lipat kesuksesan. Bukannya cuma ningkatin 10% keuntungan atau perbaikan. Terus, caranya gimana bisa 10 kali lipat? Pastinya kita bukan lagi jadi safe player, melainkan risk taker!

Yuk, buka pikiran dan tambah target yang kita punya. Jangan mau dibatasi patokan-patokan yang ada. Era inovasi kayak gini, cuma moonshot projects yang dinanti!

Sumber : http://intip.in/MoonshotZiliun

diteruskan oleh Line@ Campuspedia

LINE : http://bit.ly/campuspedia
IG : https://www.instagram.com/campuspedia/
Ensiklopedia Campus !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *