IPK vs Skill, Manakah yang Lebih Penting?

1469284745802[1]

 

Bagi sebagian mahasiswa masih banyak yang meributkan masalah ini. Apa sih yang lebih penting? IPK atau Skill? Tidak pernah ada jawaban yang pasti tentang hal ini, semua menjadi perdebatan. Mungkin saya bisa menjelaskan seideal mungkin untuk kalian yang masih bingung.

Secara singkat IPK itu penting, tapi bukan segalanya. Tapi skill itu mutlak penting. Kenapa? Kehidupanmu didunia kerja tidak akan berjalan sehari atau dua hari saja, dan pekerjaanmu (yang kamu inginkan) biasanya tidak monoton menghadapi satu masalah saja. Dalam hal ini maka skill berperan penting untuk kelangsungan pekerjaanmu. Dan yang harus kamu ingat adalah kuliah tidak sama dengan kerja.

Didalam suatu sistem perkuliahan, kemalasanmu akan berdampak hanya padamu saja, sementara didalam perusahaan kemalasanmu bisa saja berdampak pada terhambatnya perkembangan perusahaan tersebut. Jadi usahakan jangan jadi parasit.

Balik ke persoalan IPK, kenapa saya mengatakan IPK penting tapi bukan segalanya?. Ibarat tiket, IPK bisa dianalogikan seperti duit yang membeli tiket tersebut. Ketika kamu kedalam tempat hiburan misalnya. Ketika kamu memasuki wahana rumah hantu. Kamu perlu tiket masuk untuk ke tempat itu. Ketika kamu punya duit untuk membelinya, maka gampang bagimu untuk masuk dan menikmati wahana tersebut. Setelah kamu didalam baru skill yang akan menentukan bisa atau tidak kamu bertahan didalamnya, dalam hal ini mungkin mengendalikan rasa takutmu. Berbeda dengan seseorang yang tidak memiliki IPK bagus, dia tidak punya duit yang cukup untuk membeli tiket tersebut. Walaupun mungkin ada wahana yang mencari siapa yang berani (memiliki skill) untuk masuk ke tempat tersebut. Tetapi hal ini jarang. Jadi, perdebatan pentingnya IPK atau Skill disini bisa dibilang diperuntukkan bagi kamu yang ingin melamar pekerjaan nantinya. Dan kenapa sekali lagi saya tegaskan skill yang mutlak harus dipenuhi? Itu karena ketika kamu melamar pekerjaan saja itu sangat penting, apalagi ketika kamu akan membuka usaha sendiri.

[Rubrik Opini]

@Campuspedia – Indonesia Student Platform !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *